5 Pelatih yang Pernah Menjadi Musuh Shin Tae-yong, Nomor 1 dari Indonesia

Tim Okezone, Jurnalis · Jum'at 14 Januari 2022 17:34 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 14 51 2532386 5-pelatih-yang-pernah-menjadi-musuh-shin-tae-yong-nomor-1-dari-indonesia-4FbB8FjX5M.jpg Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. (Foto: PSSI)

PELATIH Tim Nasional (Timnas) Indonesia, Shin Tae-yong memiliki segudang pengalaman dalam hal melatih. Ia pun sempat berjumpa pelatih-pelatih hebat sebelum pada akhirnya memilih menangani Timnas Indonesia.

Tak jarang ada beberapa pelatih yang layak disebut musuh Shin Tae-yong karena pernah saling berjumpa dan mampu merepotkannya. Lantas siapa saja pelatih yang layak disebut musuh Shin Tae-yong tersebut?

Berikut 5 Pelatih yang Pernah Menjadi Musuh Shin Tae-yong:

5. Vahid Halilhodzic

Vahid Halilhodzic adalah mantan pelatih Paris Saint-Germain (PSG) era 2003-2005 dan pernah dipermalukan oleh Shin Tae-yong. Hal itu terjadi ketika Halilhodzic menangani Timnas Jepang pada 2017 silam.

Kala itu pelatih sekelas Halilhodzic dibuat tak berdaya oleh Shin Tae-yong karena Jepang tumbang 1-4 dari Korea Selatan di fase grup Piala Asia Timur 2017. Korea Selatan yang pada saat itu ditangani Shin Tae-yong memang mampu bermain luar biasa.

4. Marcello Lippi

Marcello Lippi bersama Gennaro Gattuso

Shin Tae-yong pernah berjumpa dan bersaing dengan pelatih kelas dunia Marcello Lippi. Kedua pelatih hebat itu berjumpa di ajang EAFF E-1 Champhionsip 2017. Kala itu Lippi menangani Timnas China dan Shin Tae-yong melatih Korea Selatan.

Hebatnya Shin Tae-yong kala itu sukses menahan China asuhan Lippi dengan skor 2-2. Shin Tae-yong mampu mengimbangi taktik Lippi yang juga terkenal karena pernah menangani Juventus.

3. Park Hang-seo

Park Hang-seo

Ketika Timnas Indonesia berjumpa Vietnam di fase grup Piala AFF 2020, hal yang paling disorot adalah pertemuan antara kedua pelatih, yakni Shin Tae-yong vs Park Hang-seo. Pasalnya kedua pelatih sama-sama berasal dari Korea Selatan.

Tak ayal banyak yang membandingkan siapa pelatih asal Korea Selatan yang jauh lebih baik di antara kedua pelatih tersebut. Hebatnya Shin Tae-yong berhasil mencuri perhatian karena mampu menahan Vietnam 0-0, yang mana bisa dikatakan tim berjuluk The Golden Stars tersebut memiliki skuad yang jauh lebih baik dari Timnas Indonesia.

2. Joachim Low

Joachim Low

Low pernah dipermalukan oleh Shin Tae-yong di Piala Dunia 2018. Bagaimana tidak, gara-gara dikalahkan 0-2 di fase grup oleh Korea Selatan asuhan Shin Tae-yong, Jerman yang masih ditangani oleh Joachim Low itu harus gugur dari Piala Dunia 2018.

Melalui permainan bertahan total dan serangan balik, Korea Selatan memberikan kejutan dengan menghabisi Jerman dua gol tanpa balas. Sejak saat itu, nama Shin Tae-yong pun semakin terkenal.

1. Aji Santoso

Aji Santoso

Shin Tae-yong pernah menghadapi Timnas Indonesia U-23. Kala itu itu Shin Tae-yong yang dipercaya menangani Korea Selatan U-23 beradu strategi dengan Timnas Indonesia U-23 yang ditangani Aji Santoso.

Kedua pelatih berjumpa di ajang Kualifikasi Piala Asia U-23 2016. Tergabung di Grup H, selain Timnas Indonesia, Shin Tae-yong juga menghadapi Timor Leste dan Brunei Darussalam.

Kala itu, Korea Selatan keluar sebagai juara Grup H dan berhak lolos ke putaran final. Timnas Indonesia sendiri hanya bisa berada di urutan kedua.

Skuad asuhan Aji Santoso sejatinya sanggup merebut kemenangan saat melawan Brunei dan Timor Leste. Namun, saat berjumpa Shin Tae-yong, Timnas Indonesia justru tumbang 0-4 dari Korea Selatan.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini