Share

Bukan Vietnam, Timnas Indonesia yang Bikin Thailand Menggila di Piala AFF 2020

Quadiliba Al-Farabi, Jurnalis · Selasa 11 Januari 2022 11:14 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 11 51 2530377 bukan-vietnam-timnas-indonesia-yang-bikin-thailand-menggila-di-piala-aff-2020-2CpNIv2wk6.jpg Alexandre Polking bawa Thailand juara Piala AFF 2020. (Foto: Twitter/Changsuek_TH)

PELATIH Thailand, Alexandre Polking, menyebut Timnas Indonesia telah membuat timnya tampil menggila di Piala AFF 2020. Juru taktik asal Brasil itu mengatakan, performa terbaik Thailand di Piala AFF 2020 adalah saat menang 4-0 atas Timnas Indonesia di leg I final.

Thailand keluar sebagai juara Piala AFF 2020 setelah di final menang agregat 6-2 atas Timnas Indonesia. Setelah menang 4-0 di leg I, skuad Gajah Perang bermain 2-2 kontra skuad Garuda di pertemuan kedua.

Timnas Thailand

Sebelumnya, Thailand lebih dulu mengandaskan sang juara bertahan Vietnam di babak semifinal. Tim Gajah Perang menang agregat 2-0. Meski begitu, bukan lawan Vietnam yang disebut Alexandre Polking sebagai performa terbaik Thailand.

“Kami sangat menghormati Indonesia. Saya tahu mereka menjalani turnamen secara bagus. Mereka juga tampil sangat baik di babak penyisihan grup. Mereka hampir hanya bertahan saat bermain imbang 0-0 dengan Vietnam, namun di 3 pertandingan lain, mereka bermain cukup baik dan mencetak banyak gol,” kata Alexandre Polking mengutip dari Zing News, Selasa (11/1/2022).

“Mereka memiliki skuad yang muda dan fisik yang bagus. Anda dapat melihat mereka selalu bekerja keras, banyak berlari, banyak berlari dan bekerja sangat keras untuk memberi tekanan pada lawan,” lanjut Polking.

BACA JUGA: Resmi, Chanathip Songkrasin Perkuat Kawasaki Frontale

Kemudian, Alexandre Polking mengklarifikasi bahwa tim yang ia pasang di leg pertama bukan bentuk tak menghormati Indonesia. Sekadar informasi, banyak pemain pelapis yang diturunkan di leg I, salah satunya Phillip Roller.

Namun, para pemain pelapis itu justru tampil trengginas. Philip Roller bahkan mengemas dua assist dalam laga tersebut.

Timnas Thailand

“Kami sangat menghormati mereka yang melaju ke final. Tentu saja, kami memenangkan leg pertama final. Itu adalah penampilan terbaik tim sepanjang turnamen. Thailand bermain bagus dan menciptakan banyak peluang, mencetak 4 gol,” tegas Polking.

“Saat itu, Thailand sangat yakin kami akan menang. Kami tahu kami hanya perlu bermain sangat keras di leg kedua. Tentunya tidak akan ada kejutan meski Indonesia menyerang dengan tajam,” lanjut pelatih 45 tahun tersebut.

Berkat keberhasilan membawa Thailand juara Piala AFF 2020, kontrak Alexandre Polking pun diperpanjang Federasi Sepakbola Thailand (FAT). Kabarnya, Polking mendapat perpanjangan kontrak satu tahun.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini