Share

Ibaratkan seperti Perang, Park Hang-seo Siapkan Strategi Terbaik untuk Kalahkan Thailand

Ilham Sigit Pratama, MNC Portal · Minggu 26 Desember 2021 16:44 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 26 51 2522867 ibaratkan-seperti-perang-park-hang-seo-siapkan-strategi-terbaik-untuk-kalahkan-thailand-xwshRvwVLN.jpg Pelatih Timnas Vietnam, Park Hang-seo. (Foto: Instagram/park.hangseo)

KALLANG - Tim Nasional (Timnas) Vietnam membutuhkan kemenangan 3-0 atas Thailand di leg kedua semifinal jika mau langsung lolos ke final Piala AFF 2020. Untuk meraih hasil itu, pelatih Vietnam, Park Hang-seo yang merasa laga tersebut seperti sebuah perang mengaku sudah menyiapkan strategi terbaik agar bisa keluar sebagai pemenang.

Hang-seo menyebut laga yang dihelat pada Minggu (26/12/2021) bak perang buka tak berdasar, pasalnya Vietnam menyambut leg kedua dengan kondisi yang kurang menguntungkan. Tim berjuluk Golden Star Warriors tengah kalah agregat 0-2 dari Thailand.

Itu artinya Vietnam harus mencetak tiga gol untuk membuka asa lolos ke partai final Piala AFF 2020. Sebab itu, Park Hang Seo tidak ingin timnya mengulangi kesalahan yang sama seperti kala ditekuk 0-2 di leg pertama.

Baca Juga: Media Korea Selatan Sanjung Shin Tae-yong yang Bawa Timnas Indonesia ke Final Piala AFF 2020

Thailand vs Vietnam (Instagram/changsuek)

“Setelah kami kalah pada leg pertama, pertandingan ini tidak akan menjadi mudah. Kami tidak boleh terburu-buru dan memaksakan sesuatu,” kata Park Hang-seo dilansir laman resmi Piala AFF, Minggu (26/12/2021).

Bukan tanpa dasar, Vietnam pada leg pertama terlalu bermain ke depan dan sembrono sehingga melupakan lini pertahanan. Vietnam terlalu fokus menyerang sehingga meninggalkan ruang kosong yang dieskploitasi Thailand menjadi gol.

Lebih lanjut, Park Hang Seo juga tidak ingin terlalu memaksakan sistem permainannya dan lebih ingin menggunakan pendekatan pragmatis. Hal itu bertujuan untuk mengantisipasi strategi tak terduga dari pelatih Thailand, Alexandre ‘Mano’ Polking yang tentunya sudah banyak mempelajari timnya pada leg pertama.

Follow Berita Okezone di Google News

“Sulit memprediksi bagaimana Thailand akan bermain. Mungkin mereka akan mengganti beberapa pemain, mungkin akan bermain bertahan. Kami harus siap mempersiapkan diri dengan baik,” sambungnya.

“Kami harus menyiapkan skenario apapun yang muncul dan menyesuaikan,” katanya.

Timnas Vietnam (AFF)

Selain dari segi taktikal, Park Hang Seo juga melancarkan perang psikologi dengan menggertak Thailand. Pelatih berusia 64 tahun itu menganggap laga leg kedua nanti sama halnya dengan perang antar negara.

“Ini akan menjadi pertandingan yang menarik, seperti perang. Tetapi perang yang bagus,” tambahnya.

Nantinya siapa pun yang menang di laga Thailand vs Vietnam tersebut akan ditunggu Timnas Indonesia yang terlebih dahulu sudah merebut tiket ke final. Tiket itu didapatkan skuad Garuda usai menumbangkan Singapura dengan skor agregat 5-3.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini