Share

Bendera Merah Putih Dilarang Berkibar di Piala AFF 2020, Timnas Indonesia Bakal Pakai Gambar Garuda

Muammar Yahya Herdana, Jurnalis · Kamis 09 Desember 2021 14:12 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 09 51 2514431 bendera-merah-putih-dilarang-berkibar-di-piala-aff-2020-timnas-indonesia-bakal-pakai-gambar-garuda-xMS6B5B7aJ.jpg Timnas Indonesia akan pakai gambar Garuda untuk gantikan bendera Merah Putih. (Foto: PSSI)

JAKARTA – Jangan kaget jika melihat Tim Nasional (Timnas) Indonesia tak mengibarkan bendera Merah Putih saat awal laga melawan Kamboja di pertandingan Piala AFF 2020 pada Kamis (9/12/2021) pukul 1930 WIB nanti. Itu semua buntut dari sanksi Badan Anti-Doping Dunia (WADA) yang membuat Indonesia tak bisa mengibarkan bendera Merah Putih.

Untuk menggantikan bendera Merah Putih yang tak bisa berkibar, PSSI memutuskan akan memakai bendera bergambar Garuda. Tentunya hal itu seperti yang terlihat di jersey Timnas Indonesia yang ada lambang Garuda di dada.

Seperti yang diketahui Indonesia masih mendapatkan sanksi dari Lembaga Anti-Doping Dunia (WADA). Hal serupa juga diterima oleh Thailand dan Korea Utara yang dianggap tidak patuh dalam menerapkan program pengujian yang efektif.

Baca Juga: Live Streaming Indonesia vs Kamboja dan Malaysia vs Laos Dapat Disaksikan di RCTI+

Timnas Indonesia

Alhasil, Indonesia pun tidak bisa mengibarkan bendera Merah Putih di turnamen besar bertaraf internasional. Sebagai gantinya, gambar Garuda akan menjadi pengganti lambang Indonesia di turnamen dua tahunan tersebut.

“Tidak (menggunakan bendera Merah Putih). (Sebagai gantinya Indonesia akan menggunakan) gambar Garuda,” ujar Yunus Nusi ketika dihubungi oleh MNC Portal Indonesia melalui pesan Whatsapp, Kamis (9/12/2021).

Indonesia pun akan menghadapi laga perdana di Piala AFF 2020 di babak penyisihan Grup B menghadapi Kamboja. Pertandingan tersebut akan dilangsungkan di Bishan Stadium, Kamis (9/12/2021) pukul 19.30 WIB.

Sebelumnya, Indonesia juga tidak bisa mengibarkan bendera Merah Putih pada kejuaraan beregu bulu tangkis putra, Thomas Cup. Meski Indonesia berhasil menjadi juara, lagu Indonesia Raya pun tidak dihiasi dengan bendera Merah Putih.

Namun pada saat itu, Indonesia tidak menggunakan gambar garuda sebagai pengganti bendera Merah Putih. Sebagai gantinya, bendera PBSI pun dipilih untuk berkibar di turnamen yang diselenggarakan di Denmark tersebut.

Timnas Indonesia

Meski mendapat sanksi dari WADA, Indonesia beserta Thailand dan Korea Utara tetap diperkenankan untuk mengikuti serangkaian kejuaraan dunia. Namun bendera, dari ketiga negara tersebut dilarang dikibarkan.

Kasus Indonesia tak bisa mengibarkan bendera Merah Putih sudah terjadi sebelumnya di ajang bulu tangkis. Kala itu Tim Indonesia menggantikan bendera Merah Putih dengan bendera berlambang PBSI saat berhasil menjuarai Piala Thomas 2020 pada Oktober 2021.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini