Laporan Keuangan Palsu, Juventus Terancam Degradasi dan Pencopotan Gelar Liga Italia

Ramdani Bur, Jurnalis · Selasa 30 November 2021 08:29 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 30 47 2509402 laporan-keuangan-palsu-juventus-terancam-degradasi-dan-pencopotan-gelar-liga-italia-0NGz08SU0H.jpg Juventus terancam degradasi dan pencopotan gelar Liga Italia 2019-2020. (Foto: REUTERS/Massimo Pinca)

JUVENTUS terancam degradasi dan pencopotan gelar Liga Italia 2019-2020 jika terbukti membuat laporan keuangan palsu dalam kurun 2018-2021. Menurut laporan Daily Mail, petinggi Juventus, yakni Andrea Agnelli (presiden Juventus), Pavel Nedved (wakil presiden Juventus) dan Fabio Paratici (eks direktur olahraga Juventus) telah diperiksa pihak berwajib.

Medio akhir pekan lalu, Guardia di Finanza (pihak atau otoritas hukum di Italia yang mengurus masalah kejahatan keuangan) sudah memeriksa kantor Juventus. Mereka mencari dokumen penting yang dimiliki Juventus di periode 2018-2021 untuk diselidiki lebih lanjut.

Juventus

Lembaga perlindungan konsumen dan lingkungan Italia (CODACONS), ikut menyoroti kasus ini bersama CONI (Komite Olimpiade Olahraga Italia) dan Asosiasi Olimpiade Italia. Bahkan presiden CODACONS, Marco Donzelli, tak segan menjebloskan Juventus ke kasta kedua sepakbola Italia, Serie B.

Kenapa CODACONS ngotot ingin menjebloskan Juventus ke Serie B? Alasannya jika terbukti membuat laporan keuangan palsu, Juventus telah merugikan banyak pihak.

Karena itu, CODACONS menilai kecurangan itulah yang pada akhirnya membuat Juventus mendominasi Liga Italia. Sekadar informasi, Juventus sempat menjuarai Liga Italia Sembilan musim beruntun, tepatnya dari 2012 hingga 2020.

BACA JUGA: Juventus Takluk dari Atalanta, Allegri Diamkan Pemain Bianconeri

“Sistem tuduhan ini sangat serius dan menyoroti kompetisi sepakbola di Italia dalam beberapa tahun terakhir. Juventus sempat mendominasi Liga Italia yang berakhir tahun lalu,” kata Marco Donzelli mengutip dari Daily Mail, Selasa (30/11/2021).

“Juventus secara tidak sah memperoleh keuntungan dari klub pesaing dengan operasi semacam ini. Karena itu, gelar juara terakhir mereka harus dicopot sebagai konsekuensinya,” lanjut Marco Donzelli.

Juventus

“Di luar hukuman yang dijatuhkan kepada individu, klub takkan dibebaskan dari hukuman. Untuk alasan ini dan untuk melindungi ribuan fans, kami akan mengajukan keluhan kepada Antitrust dan Kantor Kejaksaan Federal supaya mendegradasi Juventus ke Serie B dan pencabutan gelar Liga Italia terakhir yang berlangsung terjadi selama operasi illegal ini,” tegas Marco Donzelli.

Ini bukan yang pertama CODACONS meminta pihak berwenang menjatuhkan Juventus ke Serie B. Medio September 2020, CODACONS meminta supaya Juventus dihukum degradasi karena telah membantu Luis Suarez berbuat curang dalam pembuatan paspor Italia.

Saat itu, Luis Suarez memang kencang dikaitkan bakal gabung Juventus. Salah satu persyaratan supaya Luis Suarez gabung Juventus adalah memiliki paspor Italia. Namun, Luis Suarez batal gabung Juventus dan hengkang ke Atletico Madrid.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini