Ralf Rangnick Ubah Permainan Man United, Carrick Tak Masalah

Ilham Sigit Pratama, Jurnalis · Senin 29 November 2021 21:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 29 45 2509246 ralf-rangnick-ubah-permainan-man-united-carrick-tak-masalah-JewCLuTo3g.jpg Ralf Rangnick resmi menjadi pelatih sementara Manchester United. (Foto/Man United)

MANCHESTER - Ralf Rangnick telah resmi diumumkan menjadi pelatih Manchester United, Senin (29/11/2021). Juru taktik asal Jerman itu dipastikan akan mengubah gaya permainan Setan Merah.

Rangnick yang dijuluki The Professor merupakan pencetus gegenpressing atau counter pressing. Sistem itu menitikberatkan pada sistem merebut bola secepat mungkin dan segera melakukan serangan.

Foto/Reuters

Taktik Rangnick kemudian diadopsi oleh pelatih Liverpool, Jurgen Klopp. Sementara anak didiknya, Thomas Tuchel juga menerapkan skema serupa di Chelsea.

Baca juga: Ralf Rangnick Resmi Menjadi Pelatih Manchester United

Akan tetapi, pressing ketat ala Rangnick dinilai tidak sesuai dengan gaya bermain Man United. Apalagi, Rangnick dikenal sebagai sosok yang selalu ingin mengendalikan segala keputusan yang hendak diambil oleh klub yang menaunginya.

Baca juga: Ralf Rangnick Diperingatkan Bisa Kalah Perang dengan Cristiano Ronaldo

Namun, Carrick membantah anggapan tersebut. Dirinya meyakini bahwa Man United akan tetap pada jati dirinya meski ditangani oleh pelatih dengan gaya bermain berbeda-beda.

Carrick pun mencontohkan bahwa pernah ada mantan pelatih Man United bernama Louis Van Gaal dan Jose Mourinho yang gaya bermainnya berbeda dengan Sir Alex Ferguson, tetapi masih bisa memenangi trofi. Oleh sebab itu, pria asal Inggris itu tidak khawatir kultur klub akan hilang dengan datangnya Rangnick.

Foto/Reuters

“Klub tidak akan berubah, klub ini masih Manchester United. Jika Anda melihat sejarah, ada banyak pelatihdan pemain berbeda, dengan sistem dan gaya berbeda di klub ini,” kata Carrick dilansir Daily Mail, Senin (29/11/2021).

“Sebagai klub, kami menyadari hal itu (perubahan karakter bermain), dan di situ jelas perlu kami tekankan. Saya yakin kami akan berada di sana (sistem baru),” tandasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini