Alasan Wasit Tetap Sahkan Gol Trevoh Chalobah meski Sempat Terkena Tangan Rudiger di Laga Chelsea vs Juventus

Quadiliba Al-Farabi, Jurnalis · Rabu 24 November 2021 09:58 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 24 261 2506549 alasan-wasit-tetap-sahkan-gol-trevoh-chalobah-meski-sempat-terkena-tangan-rudiger-di-laga-chelsea-vs-juventus-iZ6yWe1Ymk.JPG Pemain Juventus protes kepada wasit karena merasa gol Chalobah tidak sah lantaran sebelumnya bola sudah mengenai tangan Rudiger. (Foto: Reuters)

LONDON - Chelsea melibas Juventus 4-0 di matchday kelima Grup H Liga Champions 2021-2022 pada Rabu (24/11/2021) dini hari WIB. Pada kemenangan telak itu, ada satu gol kontroversi yang dicetak oleh penggawa The Blues, Trevoh Chalobah di babak pertama.

Gol yang tercipta pada menit 25 itu bermula dari tendangan sudut yang dilepaskan Hakim Ziyech. Bola yang dilambungkan terkena sedikit kepala dari Adrien Rabiot.

Namun setelah itu bola mengarah langsung kepada Antonio Rudiger yang juga telah melompat di belakangnya. Terlihat dalam tayangan ulang, bola mengenai tangan dari bek asal Jerman tersebut.

Baca Juga: Chelsea Bantai Juventus 4-0, Thomas Tuchel Teriak di Depan Massimiliano Allegri

Pemain Juventus protes gol Chalobah

Setelah itu bola mengarah langsung ke Chalobah yang berdiri bebas dan langsung dilanjutkan dengan tendangan keras. Gol ini pun menuai protes para pemain Juventus yang meminta wasit mengecek kembali di tayangan VAR.

Menariknya wasit memilih tak melihat VAR, wasit langsung memituskan itu sebagai gol. Ternyata berdasarkan laman Football London, itu semua ada alasan yang telah tertuang dalam aturan IFAB.

Musim lalu, peraturan menyatakan bahwa setiap sentuhan lengan dari pemain yang hendak mencetak gol secara otomatis dinyatakan handsball baik itu disengaja atau tidak.

Kendati begitu peraturan itu diubah oleh IFAB musim panas 2021 kemarin. Sekarang handsball hanya berlaku jika pemain benar-benar mencetak gol dengan menggunakan tangan.

Jika tidak, itu masih diberi toleransi selama tidak ada kesengajaan. Dalam hal ini, Adrien Rabiot menjentikkan bola ke lengan Rudiger dari jarak dekat.

Di sisi lain, mantan bek Roma itu juga menyilangkan tangannya di dada. Hal ini bisa dikatakan jika bola tidak mengenai tangannya, itu akan mengenai tubuhnya.

Chelsea vs Juventus (Reuters)

Terlepas dari insiden tersebut. Laga Chelsea vs Juventus pun berlangsung seru dengan The Blues mendominasi sepanjang pertandingan. Juventus sesekali menyerang dan juga menciptakan peluang-peluang yang berbahaya.

Pada akhirnya Chelsea keluar sebagai pemenang dengan kemenangan 4-0 atas Juventus. Hasil itu membuat Chelsea lolos ke 16 besar dan saat ini memimpin klasemen Grup H

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini