Share

Spanyol Lolos Piala Dunia 2022, Luis Enrique: Saya Melepas Ransel Seberat 100 Kg

Ilham Sigit Pratama, Jurnalis · Senin 15 November 2021 12:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 15 51 2501909 spanyol-lolos-piala-dunia-2022-luis-enrique-saya-melepas-ransel-seberat-100-kg-7JpR3nBsTa.jpg Luis Enrique merayakan Timnas Spanyol lolos ke Piala Dunia 2022. (Foto/Reuters)

SEVILLA - Luis Enrique merasa lega Tim Nasional (Timnas) Spanyol bisa mengalahkan Timnas Swedia meski dengan skor tipis 1-0. Dia mengungkapkan bahwa dirinya merasa tertekan karena takut timnya tak bisa lolos ke Piala Dunia 2022.

Kemenangan Spanyol atas Swedia membuat mereka dipastkan lolos ke Qatar usai menjadi juara Grup B Kualifikasi Piala Eropa Zona Eropa. Tim Matador meraih tiga poin penting di Estadio De La Cartuja, Sevilla, Senin (15/11/2021) dini hari WIB.

Foto/Reuters

Spanyol harus susah payah menundukkan tim tamu. Gol baru tunggal baru tercipa pada menit 86 lewat sepakan Alvaro Morata.

Baca juga: Spanyol Amankan Tiket ke Piala Dunia 2022, Sergio Busquets Lega

Spanyol pun finis sebagai juara Grup B dengan torehan 19 poin, hasil enam kemenangan satu hasil imbang dan satu kekalahan. Sementara Swedia harus rela mengadu nasib di babak playoff usai finis sebagai runner up grup, mengantongi lima kemenangan, dan tiga kekalahan.

Baca juga: Spanyol Pastikan Tempat di Piala Dunia 2022 Usai Hajar Swedia 1-0

Pernyataan Enrique yang menyebut bahwa dirinya bebas dari tekanan bukan tanpa sebab. Spanyol asuhan Enrique kerap dikritik karena tidak bermain efektif.

Spanyol selalu mendominasi penguasaan bola dan mengontrol jalannya laga, namun selalu kesulitan untuk meraih kemenangan. Pada laga semalam pun tim berjuluk La Furia Roja kesulitan dalam membobol lini belakang yang dikawal Victor Lindelof.

Dilansir Fotmob, Spanyol pada laga itu mencatat 669 operan, namun hanya bisa menghasilkan rataan harapan gol senilai 1,22. Alhasil, Sergio Busquets dan kolega pun hanya bisa melesakkan satu gol dari lima tembakan tepat sasaran.

Maka dari itu, Enrique mengaku merasa tertekan. Pelatih berusia 51 tahun itu mengatakan bahwa tekanan pada Kualifikasi Piala Dunia lebih berat dari pada Piala Eropa dan perempat final UEFA Nations League.

Foto/Reuters

“Saya telah melepas ransel seberat 100 kilogram. Saya merasakan lebih banyak tekanan pada fase kualifikasi ini dari pada di Piala Eropa atau perempat final UEFA Nations League. Saya telah menghilangkan beban berat dari bahu saya. Saya fokus untuk menjalani Piala Dunia yang bagus karena jika pelatih tidak menang, mereka dikritik,” kata Enrique dilansir Football Espana dari Mundo Deportivo, Senin (15/11/2021).

Enrique menilai bahwa perlawanan Swedia yang melepaskan delapan tembakan padahal hanya mendominasi 28 persen membuatnya tegang sepanjang laga. Dirinya pun mengibaratkan laga tersebut seperti pertunjukan sirkus.

“Beginilah sirkus sepak bola yang luar biasa, dan saya menerimanya,” tandasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini