Gara-Gara Sewa Pilot Abal-Abal, Pebisnis Ini Jadi Tersangka Tewasnya Emiliano Sala

Cikal Bintang, Jurnalis · Jum'at 12 November 2021 22:06 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 12 51 2501026 gara-gara-sewa-pilot-abal-abal-pebisnis-ini-jadi-tersangka-tewasnya-emiliano-sala-eR3P74f4D1.jpg Emiliano Sala tewas karena kecelakaan pesawat. (Foto: Ist)

CARDIFF โ€“ Emiliano Sala adalah pesepakbola yang tewas karena kecelakaan pesawat. Namun, setelah diusut, ternyata ada kelalaian dari sisi manusia, tepatnya disebabkan oleh seorang pebisnis bernama, David Henderson.

Henderson kini sudah menjadi tersangka atas tewasnya Sala karena ia menyewa pilot abal-abal untuk membawa pesawat yang ditumpangi Sala. Akibat kelalaiannya itu, hakim menghukum Henderson 18 bulan penjara.

Sebelumnya, Henderson memang sudah mengakui bersalah atas tragedi tersebut. Namun, baru-baru ini ia baru dijatuhi hukuman oleh pengadilan Cardiff, Inggris. Hakim memvonisnya hukuman 18 bulan penjara.

Baca Juga: Anjing Peliharaan Emiliano Sala Kawal Pemiliknya hingga ke Pemakaman

Emiliano Sala

Seperti diketahui, Sala tewas dalam penerbangan dalam proses transfer dari Nantes ke Cardiff City. Pesawat yang ditumpangi Sala hilang dari radar di Selat Inggris, tepatnya di sekitar Mercusuar Casquets, Kepulauan Channel pada 21 Januari 2019 silam.

Tewasnya Sala langsung menimbulkan banyak kontroversi. Mulai dari proses transfer yang diduga bermasalah, pesawat yang kurang layak hingga tidak ditemukannya jenazah dari pilot pesawat naas itu.

Akhirnya, terungkap sudah teka-teki kecelakaan pesawat yang menyebabkan tewasnya Sala. Menurut laporan Daily Mail, Jumat (12/11/2021), Henderson dinyatakan bersalah usai menyewa pilot โ€˜abal-abalโ€™ dan tidak berlisensi, sementara ia sedang pergi berlibur bersama sang istri di Prancis.

Diketahui, Ibbotson tidak memiliki lisensi pilot komersial dan tidak diizinkan untuk terbang pada malam hari. Selain itu, ia juga tidak diperbolehkan menerbangkan pesawat Piper Malibu bermesin tunggal.

Karena itu, Hakim menyatakan Henderson bersalah atas tragedi yang menimpa Sala. Bahkan, menurut hakim, Henderson bisa saja mendapatkan hukuman tambahan hingga lima tahun penjara.

Emiliano Sala

Keluarga Sala sudah mengetahui kabar tersebut, dan menyambut baik hukuman yang dijatuhkan kepada Henderson. Sementara, dihukumnya Henderson juga mendapat sambutan baik dari Cardiff City, serta mendorong otoritas setempat untuk menindak penerbangan illegal.

Tentunya kejadian serupa diharapkan tidak terjadi di masa depan. Hanya karena meremehkan satu hal, nyawa nyatanya bisa melayang begitu saja.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini