Edouard Mendy Legawa Tak Masuk Nominasi Ballon dOr 2021

Ilham Sigit Pratama, Jurnalis · Selasa 26 Oktober 2021 04:14 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 25 51 2491483 edouard-mendy-legawa-tak-masuk-nominasi-ballon-dor-2021-n8BXI1PlkK.jpg Edouard Mendy kala membela Chelsea. (Foto: Reuters)

LONDON – Kiper Chelsea, Edouard Mendy, jadi sorotan karena kinerja apik yang terus ditunjukkannya bersama The Blues -julukan Chelsea. Saking apik aksinya, dia pun dinilai sangat pantas masuk kandidat peraih Ballon dOr 2021.

Pandangan itu kembali muncul usai Mendy membantu Chelsea menang besar atas Norwich City di pekan kesembilan Liga Inggris 2021-2022. Dia mencatatkan clean sheet saat Chelsea menghajar Norwich City tujuh gol tanpa balas pada Minggu 24 Oktober 2021 malam WIB.

Edouard Mendy

Usai laga yang digelar di Stamford Bridge, London tersebut, kiper asal Senegal itu angkat suara mengenai tidak terpilihnya dia ke dalam nominasi peraih Ballon dOr.

Sebagai informasi, Mendy masuk ke daftar 20 besar sebagai pemain dengan nirbobol terbanyak sepanjang sejarah Chelsea. Padahal, dirinya belum genap dua musim berada di Stamford Bridge.

BACA JUGA: Ketimbang Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi, Klopp Nilai Mo Salah Lebih Layak Raih Ballon dOr 2021

Usai laga tadi malam, Mendy mencatatkan clean sheet ke-32 selama berseragam The Blues. Catatan ini bisa bertambah mengingat pemain tersebut jarang mengalami cedera.

Namun, hal mengagetkan publik terjadi ketika nama Mendy tidak terlihat di daftar nominasi peraih Ballon dOr. Kiper yang masuk daftar tersebut hanyalah kiper Paris Saint Germain, Gianluigi Donnarumma.

BACA JUGA: 5 Kandidat Pemenang Trofi Ballon dOr 2021 per Oktober, Nomor 1 Andalan Baru PSG

Memang, Donnarumma membawa Italia menjuarai Piala Eropa 2020. Namun, Mendy juga membawa Chelsea menjuara Liga Champions 2020-2021.

Rekan setimnya di Tim Nasional Senegal, Kalidou Koulibaly dan Sadio Mane, pun kompak menyatakan ketidaksetujuannya terhadap absennya Mendy dari nominasi pemain terbaik sejagat raya. Namun begitu, Mendy tetap rendah hati.

Dirinya berpendapat bahwa publik harus menghargai pilihan wartawan yang sudah menyusun daftar tersebut. Mendy pun merasa tidak memiliki hak untuk membicarakan daftar itu.

“Daftar Ballon dOr mereka yang memilih, wartawan yang memilih. Apa yang bisa saya lakukan?” ujar Mendy sebagaimana dilansir Mirror, Selasa (26/10/2021).

Edouard Mendy

Selain itu, Mendy juga berpendapat bahwa gelar individu bukanlah prioritasnya. Pemain berusia 29 tahun tersebut mengungkapkan bahwa memenangi gelar bersama rekan setim lebih penting daripada sekadar prestasi individu.

“Anda hanya harus menghormati pilihan mereka dan terus bergerak maju untuk memenangi gelar bersama klub dan tim nasional,” pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini