5 Calon Kuat Pelatih Pengganti Jurgen Klopp di Liverpool, Nomor 1 Jaminan Juara

Ramdani Bur, Jurnalis · Minggu 24 Oktober 2021 07:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 24 45 2490779 5-calon-kuat-pelatih-pengganti-jurgen-klopp-di-liverpool-nomor-1-jaminan-juara-tqUcLY6MTu.jpg Berikut 5 calon kuat pelatih pengganti Jurgen Klopp di Liverpool. (Foto: REUTERS/Sergio Perez)

KONTRAK Jurgen Klopp bersama Liverpool berakhir pada 30 Juni 2024. Namun, tak ada jaminan Jurgen Klopp bertahan di Liverpool hingga kontraknya berakhir.

Sebab, Jurgen Klopp kabarnya masuk radar Barcelona untuk dijadikan pelatih mereka per musim 2022-2023. Setelah sukses besar di Liverpool, Jurgen Klopp diprediksi takkan membuang kesempatan menjajal kompetisi lain bersama Barcelona.

Karena itu, manajemen Liverpool langsung menyiapkan sejumlah nama untuk dijadikan suksesor Jurgen Klopp. Siapa saja mereka?

Berikut 5 calon kuat pelatih pengganti Jurgen Klopp di Liverpool:

5. Erik Ten Hag

Erik Ten Hag

Gaya sepakbola menyerang yang diperagakan Jurgen Klopp, dapat dilanjutkan Erik Ten Hag. Pelatih asal Belanda ini dikenal menganut gaya sepakbola menyerang dan hasilnya positif bagi skuad asuhannya.

Mengandalkan pemain-pemain muda, Erik Ten Hag sempat meloloskan Ajax Amsterdam ke semifinal Liga Champions 2018-2019. Dalam tiga musim terakhir pun, Ajax Amsterdam mendominasi Liga Belanda. Apakah ini waktunya Erik Ten Hag naik pangkat?

4. Ralf Rangnick

Ralf Rangnick

Jika Liverpool mencari pelatih Jerman lain sebagai pengganti Jurgen Klopp, nama Ralf Rangnick dapat dikedepankan. Kualitas pelatih 63 tahun ini tak perlu diragukan lagi.

Ralf Rangnick dikenal jago mengorbitkan tim-tim biasa saja menjadi luar biasa. Sebut saja Schalke 04, Hoffenheim hingga RB Leipzig. Bayangkan betapa tangguhnya jika Ralf Rangnick menangani Liverpool yang memiliki skuad mentereng.

3. Xabi Alonso

Xabi Alonso

Xabi Alonso merupakan gelandang andalan Liverpool dalam kurun 2004-2009. Kini, Xabi Alonso menangani Real Sociedad B dan awal musim lalu membawa sang tim promosi ke Divisi Segunda, atau kasta kedua sepakbola Spanyol.

Baru-baru ini, Xabi Alonso secara tersirat siap jika diangkat menjadi pelatih Liverpool. Akankah Xabi Alonso sosok tepat menggantikan posisi Jurgen Klopp?

"Saya di sini, di San Sebastian, dan penggemar Liverpool, mereka masih memberi hormat kepada saya dan saya masih merasakan dukungan itu. Saat ini, Jurgen (Klopp) membuat pekerjaannya dengan baik, jadi saya pikir pekerjaan itu sudah tercapai,” kata Xabi Alonso.

2. Steven Gerrard

Steven Gerrard

Berstatus sebagai legenda Liverpool, karier kepelatihan Steven Gerrard dimulai dengan menangani skuad muda The Reds. Sejak 2018, Steven Gerrard menangani klub asal Skotlandia, Glasgow Rangers.

Steven Gerrard pun membawa Glasgow Rangers juara Liga Skotlandia 2020-2021, sekaligus menghentikan dominasi Glasgow Celtic yang berlangsung selama sembilan musim. Jadi, ini waktu yang tepat bagi Steven Gerrard untuk kembali ke Liverpool?

1. Ernesto Valverde

Ernesto Valverde

Di posisi puncak ada Ernesto Valverde. Bisa dibilang Ernesto Valverde sebagai pelatih spesialis juara. Sebab, menangani klub mana pun, pelatih asal Spanyol ini selalu mengantarkan sang tim menjadi kampiun.

Ernesto Valverde pernah membawa Olympiakos juara Liga Yunani, mengantarkan Athletic Bilbao kampiun Piala Super Spanyol dan membawa Barcelona jawara Liga Spanyol dan Copa del Rey.

Berstatus tanpa klub sejak Januari 2020, Liverpool dapat dengan mudah menggamit Ernesto Valverde. Jadi dari lima nama di atas, siapa yang akan menjadi suksesor Jurgen Klopp di Liverpool?

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini