Profil Persib Bandung: Sejarah Berdiri, Prestasi dan Stadion Kebanggaan

Andika Pratama, Jurnalis · Jum'at 15 Oktober 2021 20:57 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 15 49 2487083 profil-persib-bandung-sejarah-berdiri-prestasi-dan-stadion-kebanggaan-fIAV5rbJC5.JPG Ini profil Persib Bandung (Foto: Liga Indonesia Baru)

PROFIL Persib Bandung akan Okezone bahas di artikel ini. Sebagaimana diketahui, Persib merupakan salah satu klub besar di Indonesia yang memiliki banyak suporter fanatik.

Kebesaran Persib berjalan lurus dengan prestasinya di kancah sepakbola nasional. Sekarang, Okezone akan mengajak Anda untuk mengenal Persib lebih dekat melalui artikel ini.

Persikabo 1973 vs Persib Bandung (Foto: Twitter/@persib)

1. Sejarah Berdirinya Persib Bandung

Melansir dari laman resmi Persib, Pangeran Biru berdiri pada 14 Maret 1933 silam. Akan tetapi, sejarah berdirinya Persib dimulai 10 tahun sebelum itu. Awalnya, Kota Bandung memiliki klub sepakbola bernama Bandoeng Inlandsche Voetbal Bond (BIVB) yang berdiri pada 1923.

Sekadar informasi, BIVB merupakan salah satu organisasi perjuangan kaum nasionalis pada masa itu. BIVB diketuai oleh Syamsudin. Tongkat kepemimpinan lalu diteruskan kepada yakn i R. Atot yang merupakan putra pejuang wanita Dewi Sartika.

Namun, BIVB menghilang dari Kota Bandung. Selepas itu, dua klub baru, Persatuan Sepak bola Indonesia Bandung (PSIB) dan National Voetball Bond (NVB), pun muncul. Kedua klub itu pun melebur menjadi Persib pada 14 Maret 1933.

Anwar St. Pamoentjak pun terpilih sebagai ketua umum Persib yang pertama. Persib makin besar karena bergabungnya klub- klub lain, yaitu SIAP, Soenda, Singgalang, Diana, Matahari, OVU, RAN, HBOM, JOP, MALTA, dan Merapi.

2. Prestasi Persib Bandung

Persib kini dikenal sebagai klub yang sarat prestasi. Akan tetapi, semua berawal dari 1937 saat Maung Bandung menjadi juara era perserikatan untuk pertama kalinya. Setelah itu, Persib kembali menjadi tim terbaik era perserikatan pada 1959-1961, 1986, 1989-1990, dan 1993-1994.

Ketika Liga Indonesia bergulir, Persib mampu meraih gelar juara pada musim 1994-1995. Akan tetapi, Persib harus puasa gelar juara cukup lama setelah itu. Persib baru membuka puasa gelar juara mereka pada musim 2014 saat bisa menjuarai Liga Indonesia lagi. Selain juara liga, Persib juga pernah menjuarai Piala Presiden 2015 dan Hassanah Bolkiah pada 1986.

Stadion Si Jalak Harupat (Foto: Okezone)

3. Markas Persib Bandung

Ada dua stadion yang kerap menjadi kandang Persib saat berlaga, yaitu Stadion Si Jalak Harupat. Stadion Si Jalak Harupat terletak di desa Kopo dan Cibodas, Kecamatan Kutawaringin, Kabupaten Bandung. Nama Si Jalak Harupat merupakan apresiasi kepada salah seorang pahlawan nasional dari Bojongsoang, Bandung, yaitu Otto Iskandardinata.

Stadion Si Jalak Harupat mulai dikerjakan sejak Januari 2003. Stadion ini pun resmi dibuka pada 26 April 2005 oleh Ketua Umum KONI saat itu, Agum Gumelar. Sekadar informasi, stadion ini dapat menampung 27.000 penonton.

Selain itu, Persib juga pernah berkandang di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) pada 2016 hingga 2018. Karena kondisi GBLA memburuk, Persib lebih memilih untuk menggunakan Stadion Si Jalak Harupat.

4. Daftar Legenda Persib Bandung

Berikut daftar legenda Persib:

- Witarsa

- Robi Darwis

- Yusuf Bachtiar

- Adjat Sudrajat

- Yaris Riyadi

- Sutiono Lamso

- Dadang Hidayat

- Anwar Sanusi

- Asep Sumantri

- Djadjang Nurdjaman, dll.

Persib Bandung (Foto: Liga Indonesia Baru)

5. Profil Persib Bandung

Nama lengkap: Persatuan Sepak Bola Indonesia Bandung

Julukan: Maung Bandung dan Pangeran Biru

Berdiri: 14 Maret 1933

Stadion: Stadion Si Jalak Harupat (Kapasitas: 27.000)

Direktur Utama: Glenn Sugita

Manajer: Umuh Muchtar

Pelatih: Robert Rene Alberts

Asisten Pelatih: Budiman

Liga: Liga 1

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini