Tolak PSG, Lionel Messi Diharapkan Jadi Pemain Gratisan di Barcelona

Ramdani Bur, Jurnalis · Kamis 14 Oktober 2021 16:20 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 14 51 2486346 tolak-psg-lionel-messi-diharapkan-jadi-pemain-gratisan-di-barcelona-MPZRkQAoan.jpg Lionel Messi akhirnya meninggalkan Barcelona demi gabung PSG. (Foto: REUTERS/Gonzalo Fuentes)

PRESIDEN Barcelona, Joan Laporta, sempat berharap banyak kepada Lionel Messi. Ia berharap Lionel Messi menolak tawaran Paris Saint-Germain (PSG) dan bertahan bersama Barcelona sebagai pemain gratisan alias tak dibayar.

Musim panas 2021 bak drama bagi Barcelona dan Lionel Messi. Hingga 5 Agustus 2021, Lionel Messi belum memperpanjang kontrak bersama Barcelona yang berakhir pada 30 Juni 2021.

Lionel Messi

Namun, Lionel Messi masih memiliki iktikad untuk memperpanjang kontrak bersama Barcelona. Karena itu, pada 5 Agustus 2021 Lionel Messi tiba di Barcelona. Tujuannya jelas, La Pulga –julukan Lionel Messi– ingin memperpanjang kontrak bersama Barcelona.

Akan tetapi, Lionel Messi gagal memperpanjang kontrak bersama Barcelona. Sebab, Barcelona sudah melewati batasan aturan gaji yang diterapkan otoritas Liga Spanyol, LFP.

Jika ingin mengontrak Lionel Messi, Barcelona harus menjual pemain-pemain top seperti Ousmane Dembele, Antoine Griezmann dan Philippe Coutinho dalam waktu singkat. Tentu, hal yang mustahil di masa pandemi seperti ini untuk melakukan hal di atas.

BACA JUGA: Minta Maaf ke Lionel Messi, Cristiano Ronaldo Kunjungi Markas Latihan Timnas Argentina

Karena itu, Lionel Messi kecewa berat gagal melanjutkan karier bersama Barcelona. Bahkan, Lionel Messi rela gajinya dipotong 50 persen untuk bertahan bersama Blaugrana –julukan Barcelona.

Lantas, kenapa Lionel Messi tidak bertahan di Barcelona dengan status pemain tanpa bayaran? Regulasi mengatur, seorang pemain tak boleh menerima pemotongan gaji lebih dari 50 persen.

Lionel Messi

Meski begitu, Joan Laporta percaya LFP bakal mengubah regulasi supaya Lionel Messi bertahan di Barcelona. Sayangnya, pada akhirnya Lionel Messi hengkang ke PSG dan menerima 35 juta ruro atau sekira 575 miliar per tahun dari Les Parisiens –julukan PSG.

BACA JUGA: Kembali Melatih, Arsene Wenger Langsung Lawan Lionel Messi, Dibantai Lagi?

“Saya tidak marah kepada Messi karena saya menghargainya. Saya tahu ia memiliki keinginan besar untuk bertahan, tetapi juga banyak tekanan karena tawaran yang datang,” kata Laporta mengutip dari RAC1, Kamis (14/10/2021).

“Saya sempat berharap di menit-menit terakhir Messi mengatakan bahwa ia akan bermain secara gratis untuk Barcelona. Saya mengerti liga akan menerimanya. Tapi, kami tak bisa meminta pemain dengan level setinggi Messi untuk melakukannya,” lanjut Laporta.

Musim ini, Lionel Messi sudah melakoni lima pertandingan bersama PSG. Total dari lima pertandingan, ayah tiga anak mengemas satu gol. Sementara itu, Barcelona yang tak diperkuat Lionel Messi terpuruk di Liga Spanyol dan Liga Champions.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini