5 Pemain Keturunan yang Diabaikan Shin Tae-yong, Nomor 1 Cetak Banyak Gol

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Kamis 14 Oktober 2021 12:59 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 14 51 2486177 5-pemain-keturunan-yang-diabaikan-shin-tae-yong-nomor-1-cetak-banyak-gol-lJ8SawEUkS.JPG Kevin Diks kini memperkuat FC Copenhagen. (Foto/Instagram Kevin Diks)

LIMA pemain keturunan dalam daftar ini diabaikan pelatih Tim Nasional (Timnas) Indonesia, Shin Tae-yong. Padahal, secara kualitas beberapa pesepakbola ini cukup mumpuni dengan membela klub luar negeri.

Tmnas Indonesia baru saja lolos ke Kualifikasi Piala Asia 2023. Skuad Garud menuju fase berikutnya setelah mengalahkan Taiwan dengan agregat 5-1.

Pada leg pertama, Timnas Indonesia menang 2-1. Sedangkan pada pertemuan kedua, pasukan Shin Ta-yong menang telak 3-0. Namun, di antara para pemain yang membela Timnas Indonesia itu, ada yang luput. Setidaknya ada lima pemain keturunan yang tak dipanggil Shin Tae-yong. Berikut daftarnya:

5. Elkan Baggott

Pemain berusia 18 tahun berdarah Inggris ini aktif bermain. Elkan Baggott kini membela klub asal Inggris, Ipswich Town, yang berlaga di League One (kasta ketiga liga Inggris).

Foto/Ipswich Town

Elkan Baggott dikenal bek yang tenang saat mengawal pertahahan. Tubuhnya juga ideal sebagai defender dengan tinggi 196 sentimeter. Dia juga sering menjadi langganan Timnas Indonesia asuhan Shin Tae-yong. Namun, namanya tak ada dalam skuad Timnas Indonesia di playoff Piala Asia 2023.

Baca juga: 5 Pesepakbola Aktif yang Pindah Warga Negara, Nomor 1 Mengejutkan

4. Ragnar Oratmangoen

Ragnar Oratmangoen merupakan satu dari sedikit pemain keturunan Indonesia yang memiliki karier di Eropa. Pemain yang berposisi sebagai penyerang itu memperkuat Go Ahead Eagles, yang berlaga di kasta tertinggi Liga Belanda.

Baca juga: 5 Pemain Bintang yang Diizinkan Jurgen Klop Pindah Klub, Nomor 1 si Raja Gol

Oratmangoen memiliki darah Indonesia dari garis sang ayahnya, yang berasal dari Maluku. Dia sebenarnya tertarik membela Timnas Indonesia, namun mengajukan syarat. Dia akan masuk ke Skuad Garuda, jika level Timnas Indonesia, dianggapnya telah naik kelas dengan dihuni sejumlah pemain yang bermain di Eropa.

Foto/EIst

3. Sandy Walsh

Sandy Walsh adalah pemain berdarah Indonesia yang lahir di Brussels, Belgia. Pemain yang biasa menempati posisi bek kanan itu, mengalir darah Jawa dari sang kakek.

Foto/Ist

Dalam beberapa kesempatan, Sandy Walsh terang-terangan menyebut ingin membela Timnas Indonesia jika diberi kesempatan. Hingga saat ini, belum ada rencana dari PSSI untuk melakukan proses naturalisasi.

Sandy Walsh kini memperkuat KV Mechelen. Klub tersebut bermain di Liga utama Belgia 2021-2022.

2. Shayne Pattynama

Shayne memiliki darah Indonesia dari sang ayah. Diketahui, ayahnya berasal dari Semarang, Jawa Tengah, namun Pattynama adalah marga orang Maluku.

Foto/Instagram

Shayne merupakan seorang bek kiri. Ia pernah menimba ilmu di SV Lelystad 67, akademi Ajax Amsterdam, dan ke akademi FC Utrecht (2010-2017).

Pada April 2021, Shayne menandatangangi kontrak dengan klub Norwegia, Viking FK Stavanger. Dia melakukan debutnya sebagai pemain pada Mei 2021 silam.

1. Kevin Diks

Kevin Diks adalah pemain Belanda keturunan Indonesia (Maluku). Diks memiliki darah Indonesia yang berasal dari kakek dan neneknya. Dia pernah menyatakan sangat ingin bermain untuk Timnas Indonesia.

Foto/Instagram

Namun, keinginannya itu terkendala. Kevin Diks ternyata pernah bermain untuk timnas Belanda saat berumur 21 tahun, yang membuat PSSI dengan membawa aturan FIFA, bahwa seorang pemain yang pernah membela sebuah negara pada kompetisi resmi FIFA tidak berhak untuk membela asosiasi lain pada pertandingan internasional.

Kevin Diks merupakan pemain yang berposisi sebagai bek kanan di FC Copenhagen, klub yang bermain di kasta tertinggi Liga Denmark. Meski demikian, nalurinya untuk mencetak gol tak bisa dianggap remeh.

Pada musim ini, Diks sudah mencetak 2 gol di Liga Denmark, sementara Liga Konferensi UEFA, dia mampu mencetak satu gol. Secara total, Kecin Dick telah mencetak tujuh gol dalam 20 penampilannya di semua kompetisi bersama FC Copenhagen.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini