5 Pesepakbola Aktif yang Pindah Warga Negara, Nomor 1 Mengejutkan

Ramdani Bur, Jurnalis · Kamis 14 Oktober 2021 10:59 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 14 51 2486089 5-pesepakbola-aktif-yang-pindah-warga-negara-nomor-1-mengejutkan-wy9ZaNY1Vp.jpg Pierre-Emerick Aubameyang pindah warga negara dari Prancis ke Gabon. (Foto: REUTERS/Dylan Martinez)

SEJUMLAH pesepakbola aktif memilih pindah warga negara. Ada sejumlah alasan yang melatarbelakanginya. Pertama, dengan pindah warga negara si pemain berpotensi lebih berprestasi.

Kedua, dengan pindah negara, kesempatannya untuk membela tim nasional praktis membesar. Lantas, siapa saja pemain yang dimaksud?

Berikut 5 pesepakbola aktif yang pindah warga negara:

5. Riyad Mahrez (Prancis ke Aljazair)

Riyad Mahrez

Riyad Mahrez lahir dan besar di Prancis. Karena itu, Riyad Mahrez berpeluang membela Timnas Prancis. Namun, karena melihat peluang membela Timnas Prancis agak kecil, pada 2013 atau di usia 22 tahun Riyad Mahrez memilih membela sang negara leluhur, Aljazair.

Sejauh ini, Riyad Mahrez mengoleksi 25 gol dari 68 penampilan bersama Aljazair. Hanya saja, jika bersabar lebih sedikit, Riyad Mahrez berpotensi dipanggil Timnas Prancis dan memenangkan trofi Piala Dunia 2018. Sebab, baru pada 2015, nama Riyad Mahrez mencuat bersama Leicester City.

4. Pierre-Emerick Aubameyang (Prancis ke Gabon)

Pierre-Emerick Aubameyang

Pierre-Emerick Aubameyang sempat membela Timnas Prancis U-21 di medio 2009. Sama seperti Riyad Mahrez, Pierre-Emerick Aubameyang juga melihat peluangnya agak sulit untuk membela Tim senior Prancis.

Karena itu, pada 2012 Pierre-Emerick Aubameyang memilih membela negara leluhurnya, Gabon. Padahal, jika Pierre-Emerick Aubameyang lebih sabar, penyerang lincah ini memiliki kesempatan menjadi personel andalan Timnas Prancis. Sebab, baru pada 2013 nama Pierre-Emerick Aubameyang mencuat.

3. Gonzalo Higuain (Prancis ke Argentina)

Gonzalo Higuain

Gonzalo Higuain memiliki kesempatan membela Timnas Prancis. Sebab, Gonzalo Higuain lahir di Kota Brest, Prancis. Ia lahir di Prancis karena saat itu sang ayah, Jorge Higuain, sedang berkarier di Prancis.

Namun, Gonzalo Higuain enggan membela Prancis. Ia memilih membela Timnas Argentina yang notabene negara asal kedua orangtuanya. Terhitung sejak 2009 Gonzalo Higuain mengemas 31 gol dari 75 penampilan bersama Timnas Argentina.

2. Declan Rice (Republik Irlandia ke Inggris)

Declan Rice

Declan Rice sempat membela tim muda hingga tim senior Republik Irlandia. Hanya saja, karena belum turun di laga resmi, Declan Rice masih berkesempatan membela Timnas Inggris.

Karena itu, sejak 2019 Declan Rice membela Timnas Inggris. Turun dalam 27 pertandingan, Declan Rice mengemas dua gol. Ia bahkan berperan penting saat Inggris lolos ke final Piala Eropa 2020.

1. Jack Grealish (Republik Irlandia ke Inggris)

Jack Grealish

Tak ada yang menduga bahwa Jack Grealish sempat membela tim kelompok umur Republik Irlandia. Namun, sejak 2016 Jack Grealish membelot dengan membela tim kelompok umur Timnas Inggris.

Karena itu, sejak 8 September 2020, Jack Grealish berstatus sebagai personel Tim senior Inggris. Sejauh ini, Jack Grealish mengemas satu gol dari 17 penampilan bersama Timnas Inggris.

Saat ini Jack Grealish bahkan berstatus pemain andalan Timnas Inggris. Jadi dari sekian nama di atas, perpindahan mana yang paling mengejutkan?

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini