5 Pemain Bintang yang Diizinkan Jurgen Klop Pindah Klub, Nomor 1 si Raja Gol

Rivan Nasri Rachman, Jurnalis · Kamis 14 Oktober 2021 06:05 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 14 51 2485942 5-pemain-bintang-yang-diizinkan-jurgen-klop-pindah-klub-nomor-1-si-raja-gol-y7ILrAu4xv.JPG Pelatih Liverpool, Jurgen Klopp. (Foto: Reuters)

JURGEN Klopp adalah salah satu pelatih terbaik saat ini. Ia berhasil mengantarkan Liverpool menjuarai Liga Inggris dan Liga Champions, dua trofi yang sudah sejak lama tak dirasakan lagi oleh klub The Reds tersebut.

Keberhasilan Klopp tentu tak terlepas dari para pemain bintangnya. Tapi tahukah Anda bahwa Klopp ternyata adalah pelatih yang cukup sering melepaskan pemain bintang timnya. Setidaknya ada beberapa pesepakbola bintang yang pernah diizinkan klub untuk pindah klub. Siapa saja?

Berikut 5 Pemain Bintang yang Diizinkan Jurgen Klop Pindah Klub, Mengutip dari Sportskeeda:

5. Nuri Sahin (Borussia Dortmund ke Real Madrid)

Nuri Sahin

Nuri Sahin namanya bersinar saat membela Dortmund dan bahkan membantu tim tersebut menjuarai Liga Jerman 2010-2011. Pada momen itu terjadi, Klopp sedang berada di balik kursi kepelatihan Dortmund.

Sahin bisa dikatakan memiliki peranan yang amat penting dalam kesuksesan Dortmund kala itu. Namun, nyatanya Klopp justru melepasnya ke Madrid di musim panas 2011.

Sahin pindah karena Madrid mengaktifkan klausul lepas pemain asal Turki tersebut. Sayangnya di Madrid Sahin gagal total. Ia sempat disekolahkan ke Liverpool, lalu dipinjamkan lagi ke Dortmund, hingga pada akhirnya Die Borussen membelinya lagi pada 2014.

Kala itu Klopp masih di Dortmund dan bersama Sahin tim tersebut mampu mencapai final Liga Champions 2012-2013. Kini Sahin bermain untuk klub Turki, Antalyaspor.

4. Georginio Wijnaldum (Liverpool ke PSG)

Georginio Wijnaldum

Wijnaldum adalah salah satu pemain penting di Liverpool sejak 2016. Namun, ia pergi dengan status bebas transfer pada musim panas 2021 kemarin.

Klopp gagal membuat Wijnaldum memperpanjangkan kontraknya di Liverpool. Gara-gara itulah Wijnaldum yang kontraknya memang habis langsung beralih ke PSG yang tertarik kepadanya.

3. Mario Gotze (Borussia Dortmund ke Bayern Munich)

Klopp bersama Gotze di Dortmund

Mario Gotze adalah pemain jebolan akademi Dortmund. Namun, ia justru berkhianat pindah ke Bayern Munich pada 2013.

Klopp pada saat itu membiarkan Gotze pindah ke rival abadi klubnya. Gotze sendiri memang menjadi pihak yang mau pindah karena ingin dilatih oleh Josep Guardiola di Bayern Munich.

Senasib seperti Sahin, Gotze gagal di klub barunya dan akhirnay kembali ke Dortmund. Kini ia justru terdampar ke PSV Eindhoven di usianya yang masih 29 tahun.

2. Phillipe Coutinho (Liverpool ke Barcelona)

Philippe Coutinho

Klopp membuat banyak fans Liverpool kecewa saat melepaskan Coutinho ke Barcelona pada 2018 silam. Meski dijual dengan harga yang sangat mahal, yakni 140 juta pounds (Rp2,7 triliun), kehilangan Coutinho jelas menjadi hal yang sangat mengagetkan.

Pasalnya saat dijua, Coutinho sedang dalam performa terbaiknya di Liverpool. Namun, dari penjualan Coutinho, Klopp sukses mendatangkan Virgil van Dijk dan sejumlah nama lainnya yang membuat Liverpool menjadi lebih kuat.

Penjualan Coutinho pun dinilai cerdas. Apalagi melihat Coutinho kini justru meredup di Barcelona.

1. Robert Lewandowski (Borussia Dortmund ke Bayern Munich)

Robert Lewandowski

Dijualnya Lewandowski ke Bayern adalah kesalahan terbesar Klopp untuk Dortmund. Pasalnya striker asal Polandia itu kini menjelma menjadi salah satu penyerang terbaik di dunia.

Selama membela Dortmund, Lewandowski memang sudah terlihat sangat hebat, jadi tak heran jika Bayern tertarik kepadanya. Klopp sendiri melepas Lewandowski pada musim panas 2014.

Lewandowski kini menikmati kesuksesan luar biasa di Allianz Arena bersama Bayern, memenangkan beberapa trofi sekaligus mencetak 307 gol untuk klub. Dia masih kuat di depan gawang dan bisa dibilang striker paling mematikan di Eropa saat ini.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini