5 Stadion yang Miliki Atmosfer Paling Ganas saat Ini, Nomor 1 Bukan di Eropa

Rivan Nasri Rachman, Jurnalis · Rabu 13 Oktober 2021 06:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 13 51 2485395 5-stadion-yang-miliki-atmosfer-paling-ganas-saat-ini-nomor-1-bukan-di-eropa-qfcM6UTwYZ.jpg Markas Boca Juniors, La Bombonera. (Foto: GolazoArgentino)

SEPAKBOLA tidak berarti tanpa adanya fans. Dukungan fans di stadion terkadang bisa mempengaruhi permainan tim yang sedang berada di lapangan.

Jadi, tak heran jika para penonton yang berada di stadion kerap disebut pemain ke-12. Sebab memang terkadang dukungan luar biasa yang ditunjukkan penonton di stadion bisa membuat para pemain lawan ketar-ketir.

Lantas kira-kira stadion mana saja yang memiliki atmosfer paling menakutkan?

Berikut 5 Stadion yang Miliki Atmosfer Paling Ganas saat Ini, Mengutip dari Sportskeeda:

5. Celtic Park (Celtic FC/Skotlandia)

Celtic Park

Fans sepakbola Skotlandia sudah terkenal akan dukungan luar biasa yang bisa mereka berikan. Hampden Park, Ibrox dan Tynecastle adalah beberapa stadion dengan suasana yang sangat layak untuk dinikmati saat ada pertandingan di sana.

Namun, Celtic Park tetaplah jadi yang terbaik. Pendukung Celtic selalu meramaikan markas mereka ketika tim tersebut bermain di kandang.

4. Stadion Rajko Mitic (Red Star Belgrade/Serbia)

Stadion Rajko Mitic

Jika Anda berada di Serbia dan berniat merasakan atmosfer stadion yang luar biasa, maka Anda harus ke Stadion Rajki Mitic, markas dari klub Red Star Belgrade. Stadion tersebut terkenal akan penontonnya yang benar-benar menunjukkan dukungan yang luar biasa disaat tim kesayangan mereka bermain.

Markas klub Red Star Belgrade, stadion ini sebelumnya dikenal sebagai Stadion Red Star tetapi diganti namanya untuk menghormati legenda klub Rajko Mitic pada tahun 2014. Stadion ini memiliki kapasitas lebih dari 50.000 pendukung dan merupakan lapangan sepakbola terbesar di Serbia.

Suporter Red Star dikenal karena menciptakan atmosfer yang menakjubkan di lapangan, terutama dalam pertandingan besar dan derby. Pendukung dengan sebutan 'Delije' dikenal mampu membuat pemain lawan tertekan karena nyanyian dan lagu mereka. Fans klub itu menjadi bagian penting dari keberhasilan Red Star memenangkan SuperLiga Serbia pada 2018, 2019, 2020, dan 2021.

3. Signal Iduna Park (Borussia Dortmund/Jerman)

Yellow Wall di Signal Iduna Park

Pendukung sepakbola Jerman bisa dikatakan salah satu yang terbaik di dunia. Mereka tak pernah berhenti bernyanyi dan memberikan dukungan kepada para pemain mereka yang sedang berjuang di lapangan.

Jika fans-fans di negara lain terkadang heboh saat momen tertentu saja, maka di Jerman hampir sejak kick-off sampai laga berakhir mereka sangat berisik. Terutama di markas Borussia Dortmund, yakni di Signal Iduna Park.

Penggemar Dortmund sangatlah luar biasa, mereka selalu mengisi stadion sampai terisi penuh. Dengan warna kuning khas, pendukung Dortmund kerap disebut Yellow Wall atau tembok kuning karena sakit megahnya sisi tribun bak melihat tembok kuning yang besar.

2. Anfield (Liverpool/Inggris)

Stadion Anfield

Liverpool adalah klub dengan pendukung yang luar biasa. Hal itu membuat Anfield dikenal sebagai salah satu stadion terangker karena sulit bagi tim lawan untuk menang di sana.

Hal itu bisa terjadi karena tekanan dukungan fans Liverpool terkadang bisa membuat mental tim lawan berjatuhan. Saking angkernya, Liverpool beberapa waktu yang lalu sukses mencatatkan catatn apik lantaran tak terkalahkan saat bermain di Anfield.

Tepatnya Liverpool membukukaan rekor 68 pertandingan kandang tak terkalahkan di Liga Inggris, yang akhirnya terhenti pada musim lalu ketika para penggemar absen lantaran pandemi. Hal ini menunjukkan pengaruh suporter The Reds terhadap performa tim mereka, menjadikan Anfield sebagai salah satu stadion terbaik di dunia.

1. La Bombonera (Boca Juniors/Argentina)

La Bombonera

Pendukung Boca Juniors adalah salah satu suporter terbaik di dunia. Stadion Alberto J. Armando atau yang lebih dikenal dengan sebutan La Bombonera karena bentuknya yang membuatnya terlihat seperti kotak cokelat ini memiliki tiga tribun yang curam.

Hal itu membuat tempat tersebut menjadi tempat yang menakutkan baik bagi pemain maupun suporter yang menghadiri pertandingan di sana. Bentuk stadion adalah bagian dari alasan atmosfernya, yang ideal tidak hanya untuk penggemar sepak bola yang menonton pertandingan di sana, tetapi juga untuk musisi yang tampil di sana.

La Bombonera dibuka untuk umum pada tahun 1940 dan sejak itu telah mengalami banyak renovasi. Mengingat mampu menyambut lebih dari 57.000 penonton, tak heran jika mampu menciptakan suasana yang membuat iri sebagian besar tim sepakbola lainnya. Tapi jangan salah, para penggemar Boca Juniors melakukan yang terbaik untuk menciptakan lingkungan seperti itu, menjadikannya stadion dengan atmosfer terbaik di dunia.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini