Share

5 Fakta Kemenangan Timnas Indonesia atas Taiwan, Nomor 1 Bikin Percaya Diri

Ramdani Bur, Jurnalis · Jum'at 08 Oktober 2021 08:53 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 08 51 2483094 5-fakta-kemenangan-timnas-indonesia-atas-taiwan-nomor-1-bikin-percaya-diri-L4X0pdGwmp.jpg Ramai Rumakiek, debutan yang cetak gol pembuka Timnas Indonesia ke gawang Taiwan. (Foto: PSSI)

TIM Nasional (Timnas) Indonesia mengalahkan Taiwan 2-1 dalam leg I playoff Kualifikasi Piala Asia 2023 yang dilangsungkan di Stadion Chang Arena Buriram, Thailand, Kamis 7 Oktober 2021 malam WIB. Dalam laga ini, gol-gol Timnas Indonesia dilesakkan Ramai Rumakiek pada menit 19 dan Evan Dimas (51’).

Berkat kemenangan ini, Timnas Indonesia hanya membutuhkan hasil imbang saat kembali bertenu Taiwan di laga leg kedua pada Senin, 11 Oktober 2021 pukul 20.00 WIB untuk lolos ke babak ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023. Kelar laga semalam, sejumlah fakta pun tersaji. Apa saja?

Berikut 5 fakta kemenangan Timnas Indonesia atas Taiwan:

5. Memukaunya Para Debutan

Ramai Rumakiek

(Ramai Rumakiek, cetak gol pembuka Timnas Indonesia atas Taiwan)

Setidaknya ada tiga pemain yang menjalani debut di laga Timnas Indonesia vs Taiwan. Mereka ialah Miftah Sani (fullback kiri), Ricky Kambuaya (gelandang) dan Ramai Rumakiek (winger).

BACA JUGA: Kalahkan Taiwan, Perjalanan Timnas Indonesia Masih Panjang untuk Lolos ke Piala Asia 2023

Miftah Sani kukuh mengawal lini pertahanan Timnas Indonesia. Ricky Kambuaya yang memiliki posisi asli sebagai gelandang serang, tak segan membantu pertahanan. Sementara Ramai Rumakiek lebih keren lagi, sepakan kaki kirinya membuka keunggulan Timnas Indonesia atas Taiwan.

4. Kukuhnya Lini Pertahanan

Victor Igbonefo

(Victor Igbonefo, tampil tanggul di laga semalam. (Foto: Persib.co.id)

Ketika turun di tiga laga sisa babak kedua Kualifikasi Piala Asia 2023, pertahanan Timnas Indonesia menjadi sorotan. Kolaborasi Arief Satria dan Rizky Ridho tak cukup kukuh, sehingga Timnas Indonesia dihancurkan Vietnam 0-4 dan dihajar UEA 0-5.

Namun, semalam kombinasi baru diturunkan pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. Juru taktik asal Korea Selatan itu menduetkan duet bek jangkung, Fachrudin Aryanto dan Victor Igbonefo di jantung pertahanan. Keberadaan mereka membuat pemain-pemain depan Taiwan tak berkutik.

3. Belum Punya Penyerang Jempolan

Kushedya Yudo

(Kushedya Yudo kurang bersinar)

Shin Tae-yong menurunkan Kushedya Yudo sebagai ujung tombak dalam laga Timnas Indonesia vs Taiwan. Sayangnya, penyerang milik Arema FC ini belum menunjukkan kelasnya.

Penyerang Bali United, Ilija Spasojevic, yang sudah mengemas lima gol di Liga 1 2021-2022, dapat dipertimbangkan Shin Tae-yong untuk dipanggil ke Timnas Indonesia, khususnya saat turun di Piala AFF 2020 akhir tahun ini.

2. Selangkah Lagi Lolos

Timnas Indonesia

Timnas Indonesia selangkah lagi lolos ke babak ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023. Sebab, saat kembali bertemu Taiwan pada Senin, 11 Oktober 2021 malam WIB, Timnas Indonesia hanya butuh hasil imbang untuk melaju ke babak berikutnya.

Jika Taiwan masih menerapkan gaya permainan yang sama, peluang Timnas Indonesia kembali meraih kemenangan sangat terbuka.

1. Kemenangan Pertama Shin Tae-yong

Shin Tae-yong

Shin Tae-yong sudah memimpin tiga laga Timnas Indonesia sebelum laga semalam. Sebut saja saat Timnas Indonesia tumbang 1-3 dari Oman dan dihancurkan Vietnam 0-4, serta imbang 2-2 kontra Thailand. Ketika Timnas Indonesia kalah 0-5 dari UEA, Shin Tae-yong tidak mendampingi Evan Dimas dan kawan-kawan.

Karena itu, kemenangan kontra Taiwan merupakan hasil positif perdana Shin Tae-yong bersama Timnas Indonesia. Diharapkan, hasil ini dapat meningkatkan kepercayaan diri juru taktik asal Korea Selatan saat memoles Timnas Indonesia di laga-laga ke depan.

Terlebih jika kembali mengalahkan Taiwan, Timnas Indonesia akan lolos ke babak ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023. Di sana, Timnas Indonesia akan berhadapan dengan lawan-lawan yang jauh lebih kuat ketimbang Taiwan.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini