Share

Kalahkan Taiwan, Perjalanan Timnas Indonesia Masih Panjang untuk Lolos ke Piala Asia 2023

Quadiliba Al-Farabi, Jurnalis · Jum'at 08 Oktober 2021 06:51 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 08 51 2483046 kalahkan-taiwan-perjalanan-timnas-indonesia-masih-panjang-untuk-lolos-ke-piala-asia-2023-XDTQWTrJI0.jpg Para pemain Timnas Indonesia saat berlaga di playoff kualifikasi Piala Asia 2023. (Foto: PSSI)

BURIRAM – Tim Nasional (Timnas) Indonesia baru saja meraih kemenangan atas Taiwan di leg I playoff kualifikasi Piala Asia 2023. Meski menang dengan skor 2-1, perjalanan Timnas Indonesia masih sangat panjang untuk akhirnya bisa lolos ke putaran final Piala Asia 2023.

Sebagaimana diketahui, Timnas Indonesia membuka harapan dalam laga yang digelar di Stadion Buriram, Thailand, pada Kamis 7 September 2021 malam WIB. Indonesia meraih kemenangan perdana di bawah asuhan pelatih Shin Tae-yong dengan skor 2-1.

Timnas Indonesia vs Timnas Taiwan. Foto: PSSI

Gol Indonesia dicetak oleh pemain asal Persipura Jayapura, Ramai Rumakiek (20’), dan digandakan oleh sang kapten Evan Dimas (51’). Di penghujung babak, mereka harus kebobolan dari pemain lawan yakni Heng Pin Hsu (78’).

Kemenangan Indonesia ini tentu menjadi modal baik di leg kedua yang akan digelar di stadion yang sama pada 11 Oktober 2021. Namun, Taiwan memiliki modal gol tandang.

BACA JUGA: Timnas Indonesia Hajar Taiwan 2-1, Shin Tae-yong Nilai Masih Ada Kelemahan di Skuad Garuda

Indonesia tentu setidaknya harus mempertahankan kedudukan 0-0 ketika di leg kedua nanti. Sebab, kebobolan satu gol saja sementara Indonesia tanpa gol, sudah tentu Taiwan yang akan melaju ke fase berikutnya.

BACA JUGA: Timnas Indonesia Taklukkan Taiwan 2-1, Shin Tae-yong Apresiasi Kerja Keras Evan Dimas Dkk

Lalu, seandainya Indonesia menang, mereka akan mendapat slot ke kualifikasi tahap 3. Indonesia akan ditemani pemenang dari laga lain di playoff kualifikasi Piala Asia 2023 yang mempertemukan Guam vs Kamboja.

Di kualifikasi tahap ketiga, sebenarnya sudah ada 22 tim yang menunggu. Namun, khusus Indonesia, Taiwan, Guam, dan Kamboja, mereka harus ikut playoff terlebih dahulu karena keempat tim itu paling buruk di kualifikasi tahap 2.

Kemudian di tahap 3, sebanyak 24 tim akan bersaing. Mereka terbagi menjadi 6 grup yang setiap grupnya berisi empat tim yang akan saling bertemu.

Selanjutnya, dari 24 tim itu, hanya akan ada 11 tim yang mendapat slot menuju Piala Asia 2023. Mereka yang berhak adalah enam juara dan lima runner-up terbaik masing-masing grup.

Timnas Indonesia vs Timnas Taiwan. Foto: PSSI

Kesebelas tim tersebut akan terkumpul di Piala Asia 2023 bersama 13 tim yang telah lebih dulu lolos melalui kualifikasi tahap kedua (Kualifikasi Piala Dunia Zona Asia). Dengan begitu, ada 24 tim yang akan bersaing menjadi juara Piala Asia 2023.

Jadi, perjalanan Timnas Indonesia masih panjang untuk bisa lolos ke putaran final Piala Asia 2023. Tetapi, kans untuk melangkah ke sana tentunya tetap terbuka lebar bagi skuad Garuda.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini