5 Pesepakbola Indonesia yang Namanya Terdengar di Level Internasional, Nomor 1 Siap Tembus Liga Inggris

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Jum'at 08 Oktober 2021 06:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 07 51 2482745 5-pesepakbola-indonesia-yang-namanya-terdengar-di-level-internasional-nomor-1-siap-tembus-liga-inggris-EzveldgsmU.jpg Elkan Baggott dikontrak Ipswich Town hingga 2023. (Foto/Instagram Elkan Baggott)

LIMA persepakbola Indonesia dalam daftar ini namanya terdengar hingga ke level internasional. Semua pencapaian tersebut bisa dihasilkan berkat bakat dan disiplin sang pemain saat masih berkarier sebagai pemain sepakbola.

Sepakbola merupakan olahraga paling populer di Indonesia dengan dukungan fanatisme dan antusias yang meriah dari para penggemarnya. Bakat para pemain tanah air juga banyak bermunculan silih berganti. Namun, hanya segintir pemain Indonesia yang mampu menembus kancah internasional dan diakui kehebatannya.

Berikut lima pesepakbola Indonesia yang namanya mengaum di level internasional:

5. Rochi Putiray

Nama eks pemain Timnas Indonesia yang satu ini terkenal dengan gaya rambutnya yang eksentrik. Namun, penampilan Rochi Putiray yang tidak biasa, diimbangi dengan penampilannya yang apik ketika merumput.

Foto/PSSI

Pemain kelahiran Maluku ini memulai karier profesionalnya bersama Arseto Solo pada 1987. Setelah tiga tahun, Rochi Putiray hijrah ke klub asal Ceko, Dukla dengan status pemain pinjaman. Meski hanya bermain delapan kali, Rochi Putiray berhasil mencetak satu gol.

Baca juga: 5 Kiper yang Bisa Main di Posisi Lain, Nomor 1 Paling Berani

Dia kemudian membela Arseto Solo dan Persija Jakarta. Rochi terus berpetualang ke Hong Kong dengan dengan Instant-Dict FC dan Kitchee SC.

Saat itulan nama Rochi makin melambung. Rochy berhasil mencetak dua gol ke gawang AC Milan dalam sebuah laga persahabatan pada Mei 2004. Kitchee SC pun menang dengan skor 2-1.

AC Milan ketika itu masih diperkuat Andriy Shevchenko, Serginho hingga sang kapten, Paolo Maldini.

Di level Timnas, Ia telah 41 kali membela Timnas Indonesia. Raihan golnya cukup apik dengan torehan 17 gol.

4. Widodo C. Putro

Ketika mendengar nama Widodo Cahyono Putro, sejumlah penggemar, khusus era 90-2000-an pasti akan mengingat gol indah salto eks pemain Persija Jakarta ini. Widodo C Putro memang sudah ikonik dengan gol indahnya tersebut saat Timnas Indonesia melawan Kuwait pada Piala Asia 1996.

Baca juga: 5 Pemain Hebat Tidak Masuk Daftar Teratas Ballon dOr 2021, Nomor 1 Setim dengan Lionel Messi

Bahkan gol tersebut dinobatkan sebagai gol terbaik Piala Asia dalam voting yang diadakan AFC pada tahun lalu. Gol salto Widodo C Putro mengalahkan mengalahkan gol pemain Lebanon Abbas Chahrour ke gawang Irak di Piala Asia 2000.

Foto/Persita Tangerang

3. Bambang Pamungkas

Bambang Pamungkas adalah seorang ikon sepakbola Indonesia era 2000-an. Pemain yang akrab disapa Bepe ini akrab dengan gelar top skor.

Dia masih memegang gelar top skor sepanjang masa Timnas Indonesia dengan 35 gol. Meski demikian. Sedangkan di Persija Jakarta, klub yang dibelanya selama 20 tahun, Bepe sudah mencetak 200 gol di semua kompetisi.

Foto/Persija Jakarta

Pemain ikonik dengan nomor punggung 20 itu tak hanya apik di kompetisi lokal. Bepe melakukan hal yang lebih hebat saat berkarier di Malaysia saat berseragam Selangor FA.

Pada musim debutnya tahun 2005, Bepe berhasil mengantarkan Selangor FA meraih treble winners dengan memenangi Malaysia Premier League, Piala Malaysia, dan Piala FA Malaysia.

Pada musim yang sama, Bambang juga meraih gelar top skor Malaysia Premier League dengan torehan 23 gol. Dia juga dinobatkan sebagai pemain terbaik Piala Malaysia.

2. Kurniawan Dwi Yulianto

Namanya Kurniawan Dwi Yulianto mencuat ketika menjadi salah satu pemain yang masuk ke tim Primavera Sampdoria. Dia pun masuk dalam skuad Sven Goran Eriksson, yang dihuni pemain-pemain top seperti Roberto Mancini dan Attilio Lombardo, saat tur Asia pada tahun 1994.

Kurniawan kemudian hijrah ke klub divisi utama Liga Swiss, FC Luzen pada musim 1994-1995. Dia mencetak tiga gol dari 12 kali bermain.

Foto/Instagram

Sampdoria sebenarnya kepincut dengan bakat Kurniawan dan mau mengontraknya untik musim 1995-1996. Namun, Kurniawan memilih bergabung dengan klub Pelita Jaya.

Pemain yang dikenal dengan perawakan kurus ini juga pernah membela klus asal Malaysia, Sarawak FA. Pada musim debutnya di tahun 2005-2006 kurniawan mencetak 29 gol dari 31 penampilan dan mengantarkan Sarawak FA promosi ke Divisi Utama Liga Malaysia.

1. Elkan Baggott 

Pemain berusia 18 tahun berdarah Inggris ini masih aktif bermain. Elkan Baggott kini membela klub asal Inggris, Ipswich Town, yang berlaga di League One (kasta ketiga liga Inggris).

Foto/Ipswich Town

Elkan Baggott dikenal bek yang tenang saat mengawal pertahahan. Tubuhnya juga ideal sebagai defender dengan tinggi 196 sentimeter. Dia juga sering mnejadi langganan Timnas Indonesia asuhan Shin Tae-yong.

Kabarnya, Elkan Baggott mendapat sejumlah tawaran dari klub besar West Ham United, Everton hingga Leeds United. Bahkan, laporan lainnya menyebutkan dia masuk daftar pemain yang diincar Manchester United.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini