Share

5 Kiper yang Bisa Main di Posisi Lain, Nomor 1 Paling Berani

Djanti Virantika, Jurnalis · Rabu 06 Oktober 2021 20:10 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 06 51 2482377 5-kiper-yang-bisa-main-di-posisi-lain-nomor-1-paling-berani-53p7tKajwh.jpg Alisson Becker dan David de Gea. (Foto: Twitter/@d_degea)

SEJUMLAH kiper hebat di dunia sepakbola kerap mendapat sorotan besar dari publik kala beraksi di atas lapangan. Sebab, mereka diketahui bisa tampil begitu apik hingga mengantar timnya meraih kemenangan. Sebut saja, nama-nama seperti Alisson Becker hingga David de Gea selalu menjadi sorotan.

Kemampuan sejumlah kiper di dunia pun ternyata tak hanya ditunjukkan kala menjaga mistar gawang. Mereka juga bisa bekerja ciamik kala ditempatkan di posisi lain dalam pertandingan.

BACA JUGA: 5 Calon Peraih Trofi Sepatu Emas Eropa 2021-2022, Nomor 1 Tak Diduga

Siapa saja kiper yang bisa mengalami hal tersebut? Sebagaimana dikutip dari Sportskeeda, Rabu (6/10/2021), berikut lima kiper yang bisa main di posisi lain.

BACA JUGA: 5 Perempuan Cantik yang Berpotensi Bikin Cristiano Ronaldo Lupakan Georgina Rodriguez, Nomor 1 Model Kenamaan

5. Keylor Navas

Di urutan kelima, ada nama Keylor Navas. Penjaga gawang PSG ini telah menjadi salah satu kiper top di Eropa selama beberapa tahun terakhir.

Keylor Navas

Pemain asal Kosta Rika itu terkenal karena menunjukkan penampilan luar biasa dalam banyak pertandingan. Namun, selain kehebatannya dalam menyelamatkan gawang, aspek lain yang membuat penjaga gawang PSG itu menonjol adalah kemampuannya dalam memainkan bola.

Navas tenang dan percaya diri dalam penguasaan bola. Umpannya tepat, dia jarang membuat kesalahan dengan bola di kakinya dan juga memiliki visi yang baik untuk melihat rekan satu timnya.

Meski tampil di bawah mistar gawang, mantan kiper Real Madrid itu tidak segan-segan memberikan assist untuk timnya. Dia tentu saja salah satu dari sedikit penjaga yang bisa berkembang sebagai pemain outfield.

4. Ederson Moraes

Berikutnya, ada nama Ederson Moraes. Ederson telah menjadi penjaga gawang yang tak terbantahkan di Manchester City yang diasuh Josep Guardiola.

Ederson Moraes

Ederson unggul dalam membangun permainan dari belakang. Lewat visi dan ketenangannya dalam penguasaan bola, Ederson kerap memainkan peran besar dalam kemenangan Man City dari musim ke musim.

Tetapi, keterampilan dalam menjaga gawang bukan satu-satunya yang dimiliki Ederson. Dia juga memiliki keterampilan menggiring bola dan dia tidak takut untuk ikut menyerang lawan ketika situasinya menuntut.

3. Marc-Andre ter Stegen

Kiper Barcelona, Marc-Andre ter Stegen, adalah penjaga lain yang bisa berkembang dalam peran outfield. Pemain asal asal Jerman itu telah membuktikan keefektifannya dengan bola selama beberapa tahun terakhir, membantu Barcelona menerapkan gaya permainan berbasis penguasaan bola mereka.

Marc-Andre ter Stegen

Ter Stegen memiliki kepercayaan diri yang luar biasa, gerakan yang cerdas, dan keterampilan. Visi dan kemampuan passing-nya membuat dia bisa berkembang saat dimainkan sebagai gelandang.

Penjaga gawang asal Jerman itu menjadi berita utama ketika dia memberi assist untuk gol Luis Suarez melawan Getafe selama pertandingan La Liga pada 28 September 2019. Dia mengulangi prestasi itu hanya tiga bulan kemudian, memberi umpan kepada Antoine Griezmann untuk mencetak gol dalam kemenangan 5-2 Barcelona atas Mallorca pada Desember 2019.

2. Alisson Becker

Berikutnya, ada nama Alisson Becker. Tidak banyak kiper yang bisa mencetak gol dalam pertandingan sepakbola profesional dalam kariernya, apalagi di Liga Inggris. Namun, kiper Liverpool, Alisson Becker, mencapai prestasi itu awal tahun ini.

Alisson Becker

Kiper asal Brasil itu mendominasi berita utama ketika mencetak gol sundulan pada menit ke-95 untuk membantu The Reds meraih kemenangan 2-1 atas West Brom pada 16 Mei. Dengan melakukan itu, Alisson menjadi penjaga gawang keenam yang mencetak gol di Liga Inggris. Dia juga menjadi penjaga gawang pertama Liverpool mencetak gol dalam pertandingan kompetitif.

1. Manuel Neuer

Terakhir, ada nama Manuel Neuer. Penjaga gawang Bayern Munich ini adalah salah satu dari sedikit penjaga gawang di sepakbola yang hebat kala bekerja di luar tugas aslinya.

Manuel Neuer

Kiper asal Jerman itu berada di kelasnya sendiri setelah menunjukkan keterampilan bermain bolanya yang luar biasa bersama Bayern. Neuer menggiring bola seperti seorang penyerang.

Dia telah meninggalkan banyak striker dalam mengejar bola. Kepercayaan dirinya, pergerakannya, visinya, passing, dan ketenangannya tidak ada duanya.

Neuer memiliki enam assist dalam kariernya untuk klub dan negara. Salah satunya dia berikan untuk gol pembuka Jerman melawan Inggris di Piala Dunia 2010.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini