5 Pemain Hebat Tidak Masuk Daftar Teratas Ballon dOr 2021, Nomor 1 Setim dengan Lionel Messi

Andhika Khoirul Huda, Jurnalis · Rabu 06 Oktober 2021 09:29 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 06 51 2481957 daftar-5-pemain-hebat-tidak-masuk-5-besar-ballon-dor-2021-nomor-1-setim-dengan-lionel-messi-oiuH7x5ixc.jpg Kylian Mbappe rekan setim Lionel Messi di PSG. (Foto/Reuters)

DAFTAR lima pemain hebat ini tidak masuk lima besar penghargaan Ballon d’Or, yang merupakan penghargaan individu paling bergengsi di dunia sepakbola. Gelar itu diberikan oleh majalah berita Prancis France Football untuk menghormati seorang pesepakbola yang tampil dengan performa terbaik dalam kurun waktu satu tahun kalender.

Dalam 12 tahun terakhir, Ballon d’Or didominasi oleh Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi. Namun, pada edisi 2018 lalu ada nama Luca Modric yang memecah dominasi dua mega bintang tersebut setelah tampil apik bersama Tim Nasional (Timnas) Kroasia, yang melaju ke partai final Piala Dunia 2018.

Tahun lalu, Ballon d’Or dibatalkan karena kompetisi yang sempat tertunda akibat pandemi covid-19. Sekarang, penghargaan tersebut akan kembali diberikan pada akhir tahun ini. Sejumlah nama besar seperti Jorginho, yang menang Liga Champions bersama Chelsea dan Piala Eropa 2020 dengan Italia, menjadi salah satu kandidat terkuat untuk mendapatkan itu.

Akan tetapi, ada juga sejumlah pemain top yang tampil apik musim lalu dan musim ini yang bisa meramaikan persaingan di lima peringkat teratas. Namun, di samping itu ada juga beberapa faktor yang membuat mereka kemungkinan tidak bisa masuk ke lima besar Ballon d’Or 2021.

Berikut adalah daftar 5 pemain top yang mungkin tidak akan masuk 5 besar Ballon d’Or 202:

5. Karim Benzema (Prancis/Real Madrid)

Karim Benzema tampil apik pada awal musim ini. Pemain asal Prancis itu telah mencetak 10 gol dan tujuh assist dari 10 penampilan di semua kompetisi bersama Real Madrid.

Foto/Reuters

Pada musim lalu, Benzema juga tidak kalah hebat. Dia mencetak 30 gol dan sembilan assist dari 46 penampilan bersama Los Blancos –julukan Real Madrid. Alhasil, dia dipanggil ke Timnas Prancis pada gelaran Piala Eropa 2020 lalu dan menorehkan empat gol dari empat pertandingan.

Baca juga: 5 Pemain Bintang yang Miliki Pendapatan Tertinggi pada 2021, Nomor 1 Raup Rp1,77 Triliun!

Namun, Madrid tidak mendapatkan trofi apapun untuk pertama kalinya dalam kurun waktu 11 tahun pada musim lalu. Selain itu, Prancis juga tersingkir lebih awal dari Piala Eropa 2020. Akibatnya, peluang Benzema untuk bisa masuk ke lima besar Ballon d’Or 2021 akan sangat kecil.

Baca juga: 5 Calon Peraih Trofi Ballon dOr 2022, Nomor 1 si Raja Gol

4. Erling Haaland (Borussia Dortmund/Norwegia)

Erling Haaland adalah salah satu striker muda yang paling produktif sejak bergabung dengan Borussia Dortmund pada Januari 2020 lalu. Pada musim 2020-2021, dia mencetak 41 gol dan 12 assist dari 41 penampilan di semua kompetisi dan memenangkan DFB Pokal bersama timnya musim lalu.

Foto/Reuters

Tak sampai di situ, striker asal Norwegia itu juga melanjutkan ketajamannya pada musim ini. Dia sudah menghasilkan 11 gol dan empat assist meskipun dia baru bermain selama delapan kali di semua kompetisi. 

Akan tetapi, Norwegia gagal lolos ke Piala Eropa 2020. Alhasil, Haaland akan kesulitan untuk bisa menembus lima besar Ballon d’Or 2021 karena dia hanya meraih trofi ‘sampingan’ saja dan gagal mendapatkan trofi utama.

3. Kevin De Bruyne (Manchester City/Belgia)

Kevin De Bruyne merupakan salah satu pemain kunci bagi Manchester City di setiap musim, tak terkecuali musim lalu. Dia mampu membawa timnya menjuarai Liga Inggris dan Piala Liga. Selain itu, pemain asal Belgia itu juga membawa The Citizens –julukan Man City- ke final Liga Champions 2020/2021 walaupun akhirnya dikalahkan Chelsea di partai puncak.

Foto/Reuters

Oleh karena itu, De Bruyne dianugerahi gelar pemain terbaik Liga Inggris 2020/2021 yang dipilih oleh para pemain lainnya. Sebagai seorang gelandang, dia mampu menorehkan 10 gol dan 18 assist di semua kompetisi musim lalu.

Akan tetapi, pemain berambut pirang itu tetap akan sulit untuk masuk ke lima besar Ballon d’Or 2021. Sebab, dia tidak mampu memberikan penampilan terbaiknya bersama Belgia di Piala Eropa 2020 setelah hanya bisa membawa negaranya sampai babak 16 besar. Dia menyumbang satu gol dan dua assist pada turnamen tersebut.

2. Romelu Lukaku

Romelu Lukaku berkembang pesat setelah pindah ke Inter Milan dari Manchester United pada musim panas 2019. Dia bisa beradaptasi dengan baik dan tampil tajam di bawah asuhan Antonio Conte selama dua musim.

Foto/Reuters

Pemain asal Belgia itu mencetak 30 gol dan 10 assist dari 44 penampilan bersama Nerazzurri –julukan Inter- musim lalu. Dia pun berhasil memutus dominasi Juventus di Liga Italia setelah mampu membawa Inter meraih Scudetto.

Selain itu, striker yang kini berseragam Chelsea itu juga berperan sebagai mesin gol untuk negaranya di Piala Eropa 2020. Dia tampil tajam dengan koleksi empat gol dari lima penampilan di kejuaraan antar negara-negara di Benua Biru itu.

Namun, Lukaku hanya memenangkan satu gelar, yakni Liga Italia 2020-2021. Sepertinya, dengan satu gelar itu akan sulit untuknya menyaingi pemain lain agar bisa merangsek masuk ke lima besar Ballon d’Or 2021.

1. Kylian Mbappe (PSG/Prancis)

Kylian Mbappe bermain dengan sangat bagus pada musim 2020-2021. Dia mencatatkan 42 gol dan 11 assist di semua kompetisi untuk Paris Saint-Germain (PSG).

Foto/Reuters

Pemain asal Prancis itu tampil apik di Liga Champions dan membawa Les Parisiens –julukan PSG- lolos ke semi final. Pemain yang menjadikan Cristiano Ronaldo ini mencetak hattrick melawan Barcelona di babak 16 besar dan menorehkan dua gol ke gawang Bayern Munich di perempat final meskipun akhirnya mereka kalah dari Manchester City di babak empat besar.

Namun, pemain berusia 22 tahun itu melempem saat bersama Timnas Prancis di Piala Eropa 2020. Dia hanya bisa menyumbang satu assist dari empat penampilan di kejuaraan tersebut.

Bersama PSG, Mbappe hanya mampu memenangkan trofi-trofi minor yakni Coupe de France & Trophee des Champions pada musim lalu. Lalu, dia juga gagal membawa timnya menjuarai Liga Prancis setelah kalah dari Lille. Untuk itu, akan sangat berat baginya untuk sekadar masuk ke lima besar Ballon d’Or 2021.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini