Satu Grup dengan Timnas Indonesia di Piala AFF 2020, Pelatih Malaysia: Mereka Musuh yang Harus Diwaspadai

Rivan Nasri Rachman, Jurnalis · Rabu 22 September 2021 00:35 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 22 51 2474917 satu-grup-dengan-timnas-indonesia-di-piala-aff-2020-pelatih-malaysia-mereka-musuh-yang-harus-diwaspadai-G0l7iNq1Be.jpg Pelatih Timnas Malaysia, Tan Cheng Hoe. (Foto: Laman resmi FAM)

KUALA LUMPUR – Pelatih Tim Nasional (Timnas) Malaysia, Tan Cheng Hoe, merasa perjalanan timnya akan terasa sulit di ajang Piala AFF 2020. Pasalnya selain bersua tim kuat seperti Vietnam, Malaysia juga akan berjumpa musuh bebuyutan, yakni Timnas Indonesia.

Cheng Hoe mengaku sejatinya tak terlalu dipusingkan dengan hasil undian grup Piala AFF 2020, di mana Malaysia tergabung di Grup B bersama Vietnam, Indonesia, Kamboja, dan Laos. Cheng Hoe berkata seperti itu karena ia merasa sudah cukup sering bertanding melawan keempat negara tersebut.

Bisa dikatakan Cheng Hoe sudah tahu gaya permainan dari empat tim yang akan dihadapinya di fase grup Piala AFF 2020. Namun, ia tetap tak bisa meremehkan lawan-lawannya itu, terutama Vietnam yang merupakan unggulan di kompetisi tersebut.

Baca Juga: Indonesia Segrup dengan Malaysia dan Vietnam di Piala AFF 2020, Shin Tae-yong: Ini Sangat Menarik

Tan Cheng Hoe

Selain Vietnam, Cheng Hoe juga mewaspadai skuad Garuda lantaran dia sadar betul bahwa Timnas Indonesia adalah musuh tradisi dari Timnas Malaysia. Dalam sejarahnya, setiap kali Indonesia dan Malaysia bertemu, maka pertandingan akan berjalan menarik dan keras.

Untuk itulah Cheng Hoe juga menjadikan skuad asuhan Shin Tae-yong tersebut ke dalam tim yang harus diwaspadai. Untuk masalah Kamboja dan Laos, Cheng Hoe juga merasa Malaysia perlu berhati-hati karena kedua tim tersebut bisa saja membuat kejutan.

Apalagi Cheng Hoe juga tahu Kamboja yang sekarang memiliki sejumlah pemain yang berbakat. Sementara Laos yang berada di pot kelima pada undian grup Piala AFF 2020, menurutnya tetap bisa memberikan kesulitan. Jadi, ia sangat berharap para pemain Malaysia tetap fokus menghadapi siapa pun lawannya nanti.

“Saya kira undian kali ini tidak terlihat jauh berbeda, karena kami sering berjumpa, bahkan di tim tingkat di bawah umur. Jadi, saya rasa semua biasa menghadapi tim-tim tersebut,” terang Cheng Hoe, mengutip dari laman resmi Federasi Sepakbola Malaysia (FAM), Selasa (21/9/2021).

“Tentu saja kami tahu Vietnam adalah tim yang dijagokan di Grup B ini dan yang terpenting, kami harus fokus dari satu pertandingan ke pertandingan lainnya. Pada saat yang sama, kami juga perlu fokus tidak hanya pada Vietnam, kami tahu Indonesia adalah musuh tradisi kami,” lanjutnya.

Timnas Malaysia

“Kami juga tidak bisa menganggap enteng Kamboja karena mereka memiliki pemain berbakat. Sementara Laos meski berada di pot kelima tapi kami harus selalu fokus di setiap pertandingan," imbuh pelatih berusia 53 tahun tersebut.

Nantinya pertandingan fase grup Piala AFF 2020 direncanakan akan mulai bergulir pada 5 Desember 2021 sampai 1 Januari 2022.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini