Ternyata, Ini Negara yang Pertama Kali Memperkenalkan Permainan Sepak Bola

Quadiliba Al-Farabi, Jurnalis · Selasa 21 September 2021 18:14 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 21 51 2474808 ternyata-ini-negara-yang-pertama-kali-memperkenalkan-permainan-sepak-bola-283GDIGthb.jpg Ini negara yang pertama kali memperkenalkan permainan sepak bola. (Foto: Reuters)

NEGARA yang pertama kali memperkenalkan permainan sepak bola adalah China. Permainan sepak bola ini tepatnya pertama kali muncul pada masa pemerintahan Dinasti Han sekira abad ke-2 dan ke-3 sebelum Masehi.

Kendati demikian, ada juga negara-negara yang dengan versinya sendiri menobatkan sebagai yang pertama memperkenalkan olahraga ini. Katakanlah seperti Inggris, Yunani, Mesir, dan Jepang, mereka juga punya sejarah dalam permainan si kulit bundar ini.

Negara yang pertama kali memperkenalkan permainan sepak bola

(Permainan sepak bola)

Di China, awalnya para prajurit perang menggunakan kulit binatang yang digulung-gulung menyerupai bola. Kala itu, penyebutannya dikenal dengan nama Tsu Chu yang digunakan untuk melatih militer.

BACA JUGA: 6 Teknik Menendang Bola dalam Permainan Sepakbola, Wajib Diketahui

Perlahan-lahan, permainan itu populer di antara keluarga kerajaan. Kemudian, permainan yang disinyalir sebagai sepak bola ini akhirnya dimainkan juga oleh masyarakat.

BACA JUGA: Cara Menahan Bola dalam Permainan Sepak Bola

Tsu chu itu terdiri dari enam pemain. Mereka merebut bola tadi untuk dimasukkan ke jaring dengan diameter 40 cm serta tinggi 10,5 meter.

Peraturan dalam permainan ini sederhana, di mana bola tidak boleh dipegang dengan tangan. Kemudian, pemenang ditentukan dari banyaknya jumlah bola yang berhasil masuk ke dalam jaring.

Permainan Sepak Bola di Negara-Negara Lain

Ada juga permainan sepak bola dari Yunani. Sejak 800 sebelum Masehi, permainan tersebut dikenal dengan nama episkyro serta harpastum.

Negara yang pertama kali memperkenalkan permainan sepak bola

(Para pesepakbola tengah berlatih)

Layaknya tsu chu, episkyro juga bertujuan melatih kekuatan fisik prajurit kerajaan. Bukti-bukti itu terlihat dari relief yang tergambar di dinding museum yang menunjukkan anak muda memainkan bola dengan paha.

Ada juga sepak bola versi Jepang. Di negara ini, permainannya diberi nama Kamari. Bola terbuat dari kulit kijang yang digulung menjadi bulat. Permainan ini sangat digemari masyarakat sampai-sampai banyak yang bermain di jalanan kosong.

Sementara di Inggris, permainan ini memiliki sejarah kelam sampai-sampai Raja Edward pertama melarang permainan olahraga tersebut. Pasalnya saat itu, peraturan permainan belum jelas sehingga kerap mengarah ke aksi brutal.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini