6 Teknik Menendang Bola dalam Permainan Sepakbola, Wajib Diketahui

Djanti Virantika, Jurnalis · Senin 20 September 2021 14:59 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 20 51 2474093 6-teknik-menendang-bola-dalam-permainan-sepakbola-wajib-diketahui-u5AehvEerk.jpg Cristiano Ronaldo menerapkan 6 teknik menendang bola dalam permainan sepakbola. (Foto: REUTERS)

6 teknik menendang bola dalam permainan sepakbola penting untuk diketahui setiap individu yang akan bermain olahraga ini. Dengan menerapkan teknik-teknik ini, pertandingan sepakbola tentunya bisa berjalan lebih seru dan menarik.

Olahraga sepakbola sendiri punya banyak sekali peminat di Indonesia ataupun dunia. Tak ayal, serba-serbi dalam olahraga ini selalu menarik untuk diketahui lebih dalam.

BACA JUGA: Sukses Operasi Tumor Besar, Pele Kembali Masuk Rumah Sakit karena Masalah Pernapasan

Okezone pun sudah merangkum 6 teknik menendang bola dalam permainan sepakbola yang penting diketahui ini. Apa saja? Berikut penjelasannya.

BACA JUGA: 5 Nama Pemain Bola Paling Sulit Disebut, Nomor 1 Bikin Lidah Keseleo

6.Teknik Tendangan dengan Kaki Bagian Dalam

Di urutan keenam, ada teknik menendang dengan kaki bagian dalam. Teknik ini diterapkan dengan memanfaatkan kaki bagian dalam dari si penendang.

6 Teknik Menendang Bola dalam Permainan Sepakbola

(Ronald Koeman saat masih bermain di Barcelona)

Untuk melakukannya, pertama-tama pemain harus memosisikan tubuh menghadap bola. Kemudian, menekuk sedikit lutut agar kaki berada di samping kiri bola dan codongkan tubuh sedikit ke belakang.

Tekuk kedua tangan agar tetap seimbang dan bidik bola di bagian depan dengan bagian dalam kaku. Lalu, ayunkan kaki kanan ke depan dan kemudian bola bisa ditendang ke arah target.

5. Teknik Tendangan dengan Kaki Bagian Luar

Jika sebelumnya ada kaki bagian dalam, kini pemain juga harus mempelajarai teknik menendang dengan kaki bagian luar. Pada teknik ini, fokus tendangan dilakukan menggunakan sisi luar kaki pemain. Biasanya, tendangan ini dilakukan untuk jarak dekat.

Untuk melakukannya, pemain harus memastikan kaki kiri berada tepat di samping bola. Kemudian, ayunkan kaki yang akan digunakan menendang bola ke arah depan. Pastikan, kaki bagian luarlah yang menyentuh area bola.

4. Teknik Tendangan dengan Punggung Kaki

Selain dua teknik di atas, pemain juga bisa menendang bola dengan punggung kaki. Biasanya, teknik ini digunakan untuk melakukan tendangan jarak jauh.

6 Teknik Menendang Bola dalam Permainan Sepakbola

(Pesepakbola top dunia, Lionel Messi, saat berlatih)

Caranya dengan menekuk pergelangan kaki yang akan dipakai menendang bola ke bagian bawah. Kemudian, ayunkan kaki ke arah bola sebelum menyentuh kaki ke belakang bola.  

3. Teknik Tendangan dengan Punggung Kaki Bagian Dalam

Sama seperti teknik sebelumnya, menendang dengan punggung kaki juga terdapat dua jenis. Salah satunya adalah menendang dengan punggung kaki bagian dalam.

Untuk melakukannya, pemain harus menggunakan kaki kiri untuk menumpu dan meletakkannya di samping bola dengan sediki menekuk lutut. Kemudian, pergelangan kaki yang akan digunakan menendang bola ditekuk ke bawah dan saat menendnag ayunkan kaki ke belakang ke arah bola dengan memberikan sentuhan kaki pada belakang bola.

2. Teknik Tendangan dengan Tumit

Tumit juga bisa digunakan untuk menendang bola, lho. Caranya bagimana? Pemain cukup menekuk sedikit bagian lutut, lalu mengayunkan kaki dari depan ke belakang, dan lakukanlah tendangan dengan satu hentakan. Bagian kaki yang bersentuhan dengan bola tentunya adalah tumit.

6 Teknik Menendang Bola dalam Permainan Sepakbola

(Cristiano Ronaldo saat beraksi)

1. Teknik Tendangan dengan Ujung Jari Kaki

Terakhir, ada teknik menendang dengan ujung jari kaki. Teknik ini bisa diandalkan jika target yang ingin diberikan bola berada agak jauh.

Cara melakukannya adalah dengan menekuk sedikit kaki yang akan digunakan untuk menumpu. Sementara itu, ujung jari kaki tetap menghadap ke depan. Lalu, kaki yang akan digunakan untuk menendang diangkat dan ditekuk membentuk sudut runcing. Ayunkan kaku dan lakukan tendangan dengan ujung jari kaki atau sepatu.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini