5 Aksi Terpuji Pesepakbola Muslim Sadio Mane, Nomor 1 Bikin Kagum

Djanti Virantika, Jurnalis · Sabtu 11 September 2021 08:05 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 10 51 2469603 5-aksi-terpuji-pesepakbola-muslim-sadio-mane-nomor-1-bikin-kagum-kvTlDncG94.jpg Sadio Mane selalu mengundang decak kagum. (Foto: Instagram/@sadiomaneofficiel)

SADIO Mane kerap kali jadi sorotan. Hal ini terjadi karena winger asal Liverpool itu sering melakukan aksi terpuji yang mengundang decak kagum khalayak ramai.

Aksi terpuji pemain asal Senegal itu tak hanya terlihat kal dirinya beraksi di atas lapangan. Mane juga terlihat melakukan beragam aksi terpuji kala beraktivitas di luar pertandingan. Sebagai Muslim yang taat, Mane juga kerap menunjukkan sikap tersanjungnya itu kala berada di masjid.

BACA JUGA: Jadwal Liga Inggris 2021-2022 Pekan Ini: Cristiano Ronaldo Berpeluang Debut hingga Leicester vs Manchester City

Lalu, apa saja sikap terpuji Sadio Mane? Sebagaimana dikutip dari berbagai sumber, berikut lima sikap terpuji dari pemain Muslim Sadio Mane.

BACA JUGA: 5 Klub yang Tak Disangka-sangka Juara Liga Champions, Nomor 2 Bikin Heboh

5. Bersihkan Toilet Masjid

Salah satu aksi terpuji Sane dilakukannya kala berada di masjid. Penggawa Liverpool itu terlihat membersihkan toilet masjid. Ia benar-benar menunjukkan sikap rendah hatinya dengan melakukan pekerjaan tersebut.

Sadio Mane

Tepatnya pada September 2018, Mane terekam kamera sedang membersihkan area kamar mandi dan wudu di sebuah masjid di Liverpool bernama Al-Rahma. Aksi Mane pun menjadi viral setelah terekam oleh salah seorang jamaah masjid dan mengunggahnya di media sosial. Tetapi, Mane justru tak ingin hal itu dibesar-besarkan.

4. Bantu Staf Timnas Senegal Beri Air kepada Para Pemain

Sikap terpuji lainnya yang dilakukan Mane adalah membawakan air minum kepada rekan setimnya. Pemandangan ini terlihat kala Mane memperkuat Tim Nasional (Timnas) Senegal di laga kontra Kongo di kualifikasi Piala Afrika pada November 2019.

Sadio Mane

Meski berstatus pemain bintang, Mane tetap tak merasa dirinya begitu hebat. Ia pun tetap ringan tangan dan membantu para staf Timnas Senegal untuk memberi minum kepada para pemain kala itu. Ia terlihat membawakan botol air untuk rekan-rekannya.

3. Tak Menyukai Barang Mewah

Dengan karier gemilang di dunia sepakbola, Mane tentu saja bisa meraih banyak uang. Meski hidup bergelimang harta, ia nyatanya tak suka hidup dengan barang-barang yang mewah.

Sadio Mane

Hal ini diutarakan sendiri oleh Mane yang mengaku tidak tertarik membeli barang-barang mewah karena hal tersebut dinilai tidak memberi dampak baik dalam kehidupannya. Ia mengatakan,

“Mengapa saya harus menginginkan 10 Ferrari, 20 jam tangan berlian, atau dua pesawat? Apa yang akan dilakukan benda-benda ini bagi saya dan bagi dunia?”

2. Sumbang 300 Jersey Liverpool di Senegal

Selanjutnya, Mane yang sukses meniti karier apik di kancah internasional diketahui tak pernah melupakan kampung halamannya. Ia selalu berusaha memberi dampak positif ke negara asalnya, yakni Senegal, dengan berbagai cara.

Sadio Mane

Salah satunya adalah dengan menyumbangkan 300 jersey Liverpool ke orang-orang di negaranya. Tepatnya, hal itu dilakukan ke sebuah desa kecil, yakni Bambali, yang terletak di Senegal. Desa tersebut merupakan kampung halaman Mane.

1. Donasi Rp3,6 Miliar untuk Dirikan Sekolah, Masjid, dan Rumah Sakit

Terakhir, Mane diketahui tanpa ragu menggolontorkan dana besar untuk membangun fasilitas umum di negara kelahirannya. Ia berusaha membangun sekolah, masjid, dan rumah sakit yang tentu saja akan berguna untuk banyak orang.

Sadio Mane

Hal tersebut dilakukan Mane tepatnya pada Juli 2019. Tanpa ragu, dia menggolontorkan dana hingga 200 ribu poundsterling atau sekira Rp3,6 miliar untuk membangun sekolah, masjid, dan rumah sakit

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini