9 Pemain Timnas Brasil di Liga Inggris Tak Dipanggil, Argentina Justru Bikin Masalah

Ramdani Bur, Jurnalis · Senin 06 September 2021 09:47 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 06 51 2466715 9-pemain-timnas-brasil-di-liga-inggris-tak-dipanggil-argentina-justru-bikin-masalah-lJUTpj6bGp.jpg Lionel Messi (kanan) saat mengajukan protes soal insiden di laga Brasil vs Argentina. (Foto: REUTERS/Amanda Perobelli)

FEDERASI Sepakbola Brasil (CBF) paham aturan di negaranya yang mengharuskan siapa saja yang datang dari Inggris ke negaranya, wajib menjalani karantina 14 hari. Karena itu, pelatih Tim Nasional (Timnas) Brasil, Tite, tak bisa menyertakan sembilan pemain andalan mereka yang merumput di Liga Inggris untuk mengarungi tiga laga lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Amerika Selatan awal bulan ini.

Sebanyak sembilan pemain Brasil itu adalah Alisson Becker, Fabinho dan Roberto Firmino (Liverpool); Ederson dan Gabriel Jesus (Manchester City); Thiago Silva (Chelsea), Fred (Manchester United), Raphinha (Leeds United) dan Richarlison (Everton).

Roberto Firmino

(Roberto Firmino tak dipanggil Timnas Brasil karena terbentur aturan)

Jika nama-nama ini disertakan dalam tiga laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Amerika Selatan, mereka takkan bisa tampil karena harus menjalani karantina selama 14 hari. Ditambah lagi, sebanyak enam klub Liga Inggris yang menaungi nama-nama di atas juga tak rela melepaskan sang pemain.

Sebab, Brasil masuk negara zona merah. Bagi siapa saja orang yang baru datang dari Brasil, mesti menjalani karantina selama 10 hari setibanya di Inggris. Jelas jika harus melangsungkan karantina, Richarlison dan kawan-kawan harus absen di satu hingga dua pekan Liga Inggris 2021-2022.

Namun, hal berbeda dilakukan Timnas Argentina. Argentina sebenarnya paham soal kewajiban karantina 14 hari bagi siapa saja yang dalam dua minggu terakhir sempat bepergian atau tinggal di Inggris. Namun, mereka tetap membawa empat pemain mereka yang merumput di Liga Inggris, yakni Emiliano Martinez, Giovanni Lo Celso, Emiliano Buendia dan Cristian Romero saat bertandang ke Brasil.

Menurut Presiden Badan Pengawas Kesehatan Nasional (Anvisa), Antonio Barra Torres, Federasi Sepakbola Argentina (AFA) memalsukan dokumen keempat nama di atas. AFA menyebut Emiliano Martinez, Giovanni Lo Celso, Emiliano Buendia dan Cristian Romero tidak pernah melewati atau bahkan tinggal di Inggris dalam dua minggu terakhir. Jelas, dokumen yang dimunculkan AFA tidak mendasar. Sebab, sebelum gabung skuad Argentina pekan lalu, nama-nama di atas masih membela klub masing-masing di pekan ketiga Liga Inggris 2021-2022 pada 28-29 Agustus 2021.

BACA JUGA: Tampil Unik, Lionel Messi Kenakan Rompi Fotografer di Tengah Kericuhan Brasil vs Argentina

Sebenarnya, Anvisa juga sudah mengultimatum AFA untuk tidak memainkan keempat nama di atas di pagi hari sebelum pertandingan. Namun, imbauan Anvisa justru diabaikan AFA. Alhasil, ketika laga Brasil vs Argentina di Stadion Neo Quimica Arena, Sao Paulo, baru berjalan enam menit, sejumlah otoritas Kesehatan Brasil dan polisi sipil masuk ke lapangan.

Mereka mengamankan empat pemain yang sejatinya masih harus menjalani karantina. Karena itu, laga Brasil vs Argentina akhirnya ditunda dan belum tahu kapan akan dilangsungkan.

Timnas Brasil

Saat ini, seluruh pemain Timnas Argentina sudah meninggalkan Brasil. Mereka terbang menuju Argentina untuk bersiap menghadapi Bolivia di lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Amerika Selatan pada Jumat 10 September 2021 dini hari WIB.

Karena itu, menarik menanti keputusan yang diambil FIFA terkait lanjutan laga Brasil vs Argentina. Apakah laga tetap dilanjutkan di lain hari atau salah satu dari Brasil atau Argentina dinyatakan menang walkover (WO)?

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini