5 Alasan yang Bikin Jorginho Kalahkan Lionel Messi dalam Perebutan Trofi Ballon dOr 2021, Nomor 1 Bukti Dominasi

Djanti Virantika, Jurnalis · Jum'at 13 Agustus 2021 07:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 13 51 2454909 5-alasan-yang-bikin-jorginho-kalahkan-lionel-messi-dalam-perebutan-trofi-ballon-dor-2021-nomor-1-bukti-dominasi-K3HkxO0bbX.jpg Jorginho punya peluang besar sabet trofi Ballon dOr 2021. (Foto: Reuters)

NAMA Jorginho makin ramai disebutkan kala membicarakan sosok pemain yang berpeluang besar menyabet trofi Ballon dOr 2021. Pasalnya, gelandang asal Italia itu memang tampil fantastis di sepanjang 2021.

Sebagaimana diketahui, Jorginho bahkan berhasil membantu Timnas Italia menyabet gelar juara Piala Eropa 2020. Di ajang itu, pemain berusia 29 tahun itu pun memainkan peran besar dalam kesuksesan tersebut.

BACA JUGA: 5 Alasan Chelsea Layak Juara Liga Inggris 2021-2022, Nomor 1 Paling Krusial

Selain bersama Timnas Italia, pada tahun ini, Jorginho sudah dua kali angkat trofi bersama Chelsea. Pertama, dia membantu skuad asuhan Thomas Tuchel menyabet gelar juara Liga Champions 2020-2021 usai mengalahkan Manchester City di partai final.

BACA JUGA: Chelsea Juara Piala Super Eropa 2021, Jorginho Makin Dekat dengan Trofi Ballon dOr?

Kedua sekaligus teranyar karena baru diraih pada Kamis 12 Agustus 2021 dini hari WIB, Jorginho turut mengantarkan Chelsea menjuarai Piala Super Eropa 2021. Sederet kesuksesan inilah yang membuat namanya ramai difavoritkan menjadi perebut trofi Ballon dOr.

Meski harus menghadapi saingan berat, utamanya Lionel Messi, Jorginho tetap dipandang punya peluang besar. Sederet alasan melatarbelakanginya. Apa saja itu? Berikut lima alasan yang bikin Jorginho kalahkan Lionel Messi dalam perebutan trofi Ballon dOr 2021.

5. Jorginho Pencetak Gol Terbanyak Chelsea di Liga Inggris

Salah satu faktor yang membuat Jorginho bisa mengalahkan Messi dalam perebutan trofi Ballon dOr 2021 kesuksesannya mengakhiri musim 2020-2021 sebagai pencetak gol terbanyak Chelsea di Liga Inggris. Meski sebenarnya, dia adalah pencetak gol terbanyak Chelsea dengan jumlah terendah dalam satu musim Liga Inggris.

Jorginho

Jorginho tercatat mencetak delapan gol dan memberikan dua assist untuk Chelsea dalam 43 penampilan di semua kompetisi di musim 2020-2021. Tujuh gol di antaranya dicetak di Liga Inggris. Tapi ingatlah, mencetak gol dan memberikan assist bukanlah tanggung jawab utama Jorginho.

Sebab, dia merupakan gelandang tengah yang seharusnya menjaga kestabilan timnya. Jorginho bukan orang yang ditugaskan untuk menciptakan gol untuk timnya. Tapi, dia masih melakukannya tujuh kali. Hal ini bisa membantunya merebut trofi Ballon dOr.

4, Jorginho Salah Satu Pemain Terbaik Piala Eropa 2020

Faktor berikutnya adalah Jorginho merupakan salah satu pemain terbaik di Piala Eropa 2020. Jorginho melakukan pekerjaan yang sangat baik di jantung lini tengah Timnas Italia pada gelaran Piala Eropa 2020.

Jorginho

Satu hal yang menarik tentang Jorginho adalah dia pesepakbola yang berpengetahuan luas yang dapat menyesuaikan permainannya agar tepat dengan kebutuhan timnya. Dikenal luas karena distribusi dan ketenangannya pada bola, Jorginho sukses besar dalam menjalankan tugas bertahan di kompetisi kontinental.

Jorginho adalah pesepakbola yang sangat cerdas. Dia menduduki puncak daftar untuk intersepsi (25), recoveries (48), dan fouls drawn (19) di Piala Eropa 2020. Jorginho adalah pemain yang memberikan keseimbangan di lini tengah dan tanpa dia, mereka bisa menjadi rentan.

3. Jorginho Pemain untuk Laga Besar

Faktor berikutnya adalah peran besar Jorginho untuk tim yang dibelanya setiap melakoni laga besar. Dia menunjukkan perannya itu secara jelas dalam laga-laga penting yang dilakoni Chelsea hingga Timnas Italia.

Jorginho

Ya, Jorginho tidak ragu untuk mengambil penalti krusial bagi Timnas Italia di semifinal Piala Eropa 2020 melawan Spanyol. Dia mengulangi prestasi itu saat Chelsea melawan Villarreal di Piala Super Eropa 2021.

Jorginho tidak kesulitan membuat bola bersarang ke gawang dan membawa timnya menyabet kemenangan. Dia mampu secara konsisten tampil di level tinggi, meskipun ada tekanan. Ya, dia memang gagal mengeksekusi penalti di final Piala Eropa 2020, tetapi itu karena penyelamatan luar biasa dari Jordan Pickford.

2. Jorginho Unggul di Lini Tengah Chelsea dan Timnas Italia

Di Chelsea, Jorginho bermain sebagai bagian dari poros ganda. Berkat jangkauan operan dan pergerakannya yang cerdas, Jorginho mampu mendobrak lini pertahanan lawan.

Jorginho

Untuk Timnas Italia, Jorginho bermain sebagai gelandang bertahan tunggal. Dia berhasil menyeimbangkan permainan apa pun kondisinya, berkat kemampuannya yang luar biasa untuk membaca permainan.

Tugasnya adalah menjaga segala sesuatunya tetap rapi dan menyelinap di bawah radar. Dia melakukan pekerjaan itu dengan sempurna.

1. Jumlah Trofi Jorginho

Penghargaan individu seperti Ballon dOr sering kali ditentukan oleh bukti nyata. Itu sebabnya striker yang mencatatkan banyak gol biasanya menjadi yang terdepan untuk memenangkan penghargaan.

Jorginho

Namun, prestasi Jorginho adalah kasus tidak berwujud yang menerjemahkan timnya tampil baik dan memenangkan trofi. Dia adalah roda penggerak vital di Chelsea saat menjuarai Liga Champions serta Piala Super Eropa dan Timnas Italia pada Piala Eropa 2020.

Dia telah memenangkan tiga gelar dan dua di antaranya sama besarnya secara level. Lionel Messi telah memenangkan gelar juara Copa Del Rey dan Copa America, tetapi mereka tidak setara dengan jumlah trofi Jorginho tahun ini.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini