Share

Gian Zola ke Persela Lampongan, Persib Akan Lepas Pemain Lagi?

Annisa Nurinsani, Jurnalis · Jum'at 13 Agustus 2021 16:12 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 13 49 2455197 gian-zola-ke-persela-lampongan-persib-akan-lepas-pemain-lagi-CfkuCRxQcH.jpg Gian Zola dilepas ke Persela Lamongan dengan status pemain pinjaman. (Foto/Persib Bandung)

BANDUNG - Gelandang Gian Zola selangkah lagi akan pindah ke Persela Lamongan menjelang Liga 1 2021-2022 dimulai. Apakah Persib Bandung akan melepas pemain lainnya, karena memiliki skuad gemuk?

Pelatih Persib, Robert Alberts menegaskan tak punya rencana untuk meminjamkan atau melepas pemainnya lagi. Pasalnya Liga 1 2021-2022 akan segera dimulai, yakni 27 Agustus mendatang.

"Sejauh ini belum ada permintaan lain (peminjaman atau dilepas penuh) dan saya tidak berpikir untuk melepas lagi pemain yang lainnya karena sekarang sudah dalam tahap akan memulai liga," ujar Robert.

Foto/Persib Bandung

Jika melihat komposisi yang ada saat ini, menurutnya tidak mungkin melepas pemain lagi. Sehingga, tak ada opsi melepas pemain dengan status apa pun.

Baca juga: Jarang Bermain, Erwin Ramdani Dirayu Pindah dari Persib Bandung

"Kami harus mendaftarkan antara 30-35 pemain, minimal 30 dan maksimal 35 pemain. Jadi, kami tidak bisa meminjamkan pemain lainnya lagi untuk saat ini. Karena kami butuh mereka untuk mengarungi musim ini," jelas Robert.

Baca juga: Pelatih Persib Bandung Ungkap Tantangan Terbesar di Liga 1 2021-2022

Demi Kebaikan Gian Zola

Robert sendiri memberi mengungkap alasan di balik peminjaman Zola. Menurutnya, keputusan itu demi kebaikan Zola sendiri. Sebab, selama di Persib, sang pemain lebih banyak menghabiskan waktu untuk latihan dan duduk di bangku cadangan.

Zola sendiri selama ini dikenal sebagai gelandang muda potensial di Persib. Dia bahkan berstatus pemain Timnas Indonesia di berbagai kelompok usia. Namun, itu saja tak cukup membuatnya menembus skuad inti Persib.

Dia memandang Zola sudah saatnya bisa menembus tim inti. Ketika kesempatan itu sulit didapatkan di Persib, hijrah ke tim lain jadi solusi terbaik agar permainan dan kariernya berkembang.

Sebab, banyak kasus pemain yang bersinar di berbagai kelompok usia, termasuk di timnas, tapi urung bersinar di level senior. Dia tak mau hal itu juga dialami Zola.

"Bisa dilihat berapa banyak pemain U-20 atau U-23 (yang sebelumnya bersinar) tapi tidak bisa masuk ke tim nasional senior jika kalian lihat perkembangannya," ucapnya.

"Sama halnya dengan level liga, berapa banyak pemain yang sangat bertalenta di akademi, lalu terpilih masuk ke tim bagus. Tapi ketika masuk ke intensitas yang sebenarnya di liga yang level sepakbolanya lebih tinggi, modal talenta saja ternyata tidak cukup," jelas Robert.

Foto/Persib Bandung

Menurutnya, di samping talenta, dibutuhkan karakter, kekuatan fisik, dan aspek pendukung lain agar sang pemain berkembang. Hal itu yang belum dimiliki Zola hingga kini.

"Zola untuk menembus tim kami musim ini saya pikir itu tidak mudah. Apalagi Zola sempat absen sekitar enam bulan karena cedera," ungkapnya.

Dia pun berharap Zola bisa berkembang pesat selama masa peminjaman. Sehingga, kelak kariernya akan lebih bersinar. Bahkan, ketika kembali ke Persib, Zola diharapkan sudah bisa bersaing ketat menembus tim inti.

"Jadi, untuk Zola, dengan keluar dari wilayah Bandung yang mana itu adalah zona nyamannya, itu membuatnya bisa mulai memperbaiki kemampuan sepakbola di lingkungan yang berbeda dan di sana dia akan berjuang untuk segalanya. Itu bagus untuk perkembangannya," paparnya.

"Dan selama periode peminjaman ini positif untuk Zola dan untuk Persib, karena ketika dia kembali, dia menjadi pemain yang berbeda, dia sudah lebih siap untuk mendapatkan posisi di Persib Bandung," tandas Robert.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini