Lionel Messi Resmi Tinggalkan Barcelona, Ini Sederet Prestasinya Bersama Blaugrana

Quadiliba Al-Farabi, Jurnalis · Jum'at 06 Agustus 2021 04:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 06 46 2451646 lionel-messi-resmi-tinggalkan-barcelona-ini-sederet-prestasinya-bersama-blaugrana-SkS5CdLVpW.jpg Lionel Messi resmi meninggalkan Barcelona. Dalam foto ini, Lionel Messi sedang mengangkat trofi Liga Spanyol. (Foto: REUTERS/Albert Gea)

BARCELONA Lionel Messi resmi meninggalkan Barcelona pada Jumat (6/8/2021) dini hari WIB. Pastinya, banyak momen yang tercipta selama 17 tahun (2004-2021) Lionel Messi menghuni skuad utama Barcelona.

Bergabung dengan tim senior Blaugrana -julukan Barcelona– pada 2004, Lionel Messi sempat mencatatkan rekor sebagai pemain termuda yang berhasil mencetak gol di Liga Spanyol. Saat itu, Lionel Messi promosi dari Barcelona B di usia 18 tahun 54 hari.

Lionel Messi

Semusim berselang atau pada 2005-2006, Lionel Messi turut membantu Barcelona memenangkan gelar ganda Liga Spanyol dan juga Liga Champions. Ternyata, inilah menjadi awal dari rentetan prestasi Lionel Messi bersama Barcelona.

Sepanjang perjalanannya di Barcelona, Lionel Messi telah membukukan penampilan terbaiknya sebanyak 778 permainan. Selama itu juga ia terpilih menjadi pemenang predikat pemain terbaik dunia dan Ballon d’Or sebanyak 6 kali. Pencapaian ini membuat Lionel Messi tercatat sebagai pesepakbola dengan gelar Ballon dOr terbanyak.

Lionel Messi

Dari total 778 penampilan, Lionel Messi menyumbangkan 672 gol bersama Barcelona. Gol ini membawa namanya masuk daftar pencetak gol terbanyak untuk Barcleona.

Ia pun mencatatkan namanya sebagai penyumbang assist terbanyak dalam catatan sejarah sepakbola. El Messiah bersama Blaugrana telah memberikan 305 assist.

BACA JUGA: Resmi Tinggalkan Barcelona, Lionel Messi Gabung PSG?

Lionel Messi juga menjadi pemeran utama yang mengangkat nama Barcelona semakin disegani klub-klub besar Eropa. Dari 26 gelar juara Liga Spanyol yang disabet Barcelona di sepanjang sejarah klub, sebanyak 10 diantaranya diraih ketika Lionel Messi mentas bersama Blaugrana.

Ada pula pencapaian di ajang domestik lain seperti Copa Del Rey yang diraihnya sebanyak tujuh kali. Serta Piala Super Spanyol yang telah Lionel Messi raih sebanyak delapan kali bersama Barcelona.

Lionel Messi

(Lionel Messi saat mengangkat trofi Copa del Rey)

Di ajang internasional, Lionel Messi juga tak pernah absen menyumbangkan gelar. Sebanyak empat gelar Liga Champions diraih Barcelona yakni pada 2005-2006, 2008-2009, 2010-2011, dan 2014-2015.

Selanjutnya, Lionel Messi turut menyumbang tiga gelar Piala Super Eropa, dan juga tiga gelar Piala Dunia Klub. Total Lionel Messi memberikan 35 trofi bagi Barcelona. Jumlah tersebut merupakan yang terbanyak ketimbang pemain mana pun yang pernah membela Barcelona.

Kepergian Lionel Messi dari Camp Nou tentu kehilangan besar bagi Barcelona. Sebab, banyak rekor di Barcelona yang tercipta atas nama Lionel Messi.

Berikut daftar trofi yang diraih Lionel Messi bersama Barcelona:

10 kali Juara Liga Spanyol

7 kali juara Copa Del Rey

8 kali juara Piala Super Spanyol

4 kali juara Liga Champions

3 kali juara Piala Super Eropa

3 kali juara Piala Dunia Klub

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini