5 Alasan Lionel Messi Disebut Lebih Hebat ketimbang Cristiano Ronaldo, Nomor 2 Bikin Minder CR7

Quadiliba Al-Farabi, Jurnalis · Selasa 27 Juli 2021 21:43 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 27 51 2446959 5-alasan-lionel-messi-disebut-lebih-hebat-ketimbang-cristiano-ronaldo-nomor-2-bikin-minder-cr7-vDt0tbQxo2.jpg Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi saat menghadiri konferensi pers jelang penganugerahan Ballon dOr 2013. (Foto: REUTERS)

SEJUMLAH alasan membuat Lionel Messi disebut lebih hebat ketimbang sang rival abadi, Cristiano Ronaldo. Padahal jika kita lihat sekilas, sulit melihat mana yang lebih hebat di antara keduanya.

Terbukti dalam 13 tahun terakhir (2008-2021), Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo menguasai sepakbola dunia. Lantas, apa yang membuat Lionel Messi disebut lebih hebat ketimbang Cristiano Ronaldo?

Berikut 5 alasan Lionel Messi disebut lebih hebat ketimbang Cristiano Ronaldo:

5. Kedisiplinan

Cristiano Ronaldo

(Cristiano Ronaldo kartu merah di laga Valencia vs Juventus)

Lionel Messi merupakan sosok yang lebih tenang dalam bermain dibandingkan CR7 -sapaan akrab Cristiano Ronaldo. Lionel Messi lebih sering dilanggar bek lawan, dibandingkan Cristiano Ronaldo yang kerap bermain agresif.

Secara total, Lionel Messi hanya mendapat tiga kartu merah dan ketiganya didapatkan secara langsung. Di sisi lain, Cristiano Ronaldo telah diusir keluar lapangan sebanyak 11 kali dengan tujuh di antaranya merupakan kartu merah langsung.

4. Tembakan Jarak Jauh

Lionel Messi

Baik Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi serupa dalam hal mengonversi peluang di dalam kotak penalti. Akan tetapi, ketika harus menguji kiper dari jarak jauh, Lionel Messi jauh lebih baik ketimbang Cristiano Ronaldo.

BACA JUGA: 5 Pesepakbola Termahal Sepanjang Masa, Bukti Cristiano Ronaldo dan Messi Tak Dominan

Sepanjang karier, Lionel Messi mencetak 75 gol dari luar kotak penalti, sedangkan Cristiano Ronaldo hanya 57 gol. Lionel Messi rata-rata mencetak gol dari jarak jauh setiap 12,4 pertandingan. Sementara itu, Cristiano Ronaldo mencetak satu gol jarak jauh setiap 18,8 laga.

3. Jago Bikin Assist

Lionel Messi

Lionel Messi dikenal sebagai pemain yang mampu memanjakan pemain bintang di sekitarnya. Beberapa di antaranya Luis Suarez, Neymar Jr hingga sang junior, Ansu Fati.

Lionel Messi dari 778 pertandingan yang dilakoni, mampu menyumbangkan 305 assist. Sementara Cristiano Ronaldo, dalam 894 pertandingan resmi, ayah empat anak ini hanya mengemas 229 assist.

2. Tendangan Bebas

Lionel Messi

Poin ini cukup menarik mengingat Lionel Messi jarang mengambil tendangan bebas di awal- awal kariernya dibanding Cristiano Ronaldo. Namun, siapa sangka, tendangan bebas yang berujung gol di Copa America 2021 merupakan yang ke-57 kali sepanjang karier Messi. Hal itu sekaligus menyalip Cristiano Ronaldo yang telah 56 kali mencetak gol dari tendangan bebas.

Dalam beberapa tahun terakhir pun Lionel Messi terpantau seringmencetak gol dari eksekusi tendangan bebas. Sementara itu, Cristiano Ronaldo justru mengalami penurunan performa perihal kemampuan mencetak gol dari situasi tendangan bebas.

1. Menggiring Bola

Lionel Messi

Kemampuan menggiring bola Lionel Messi menonjol berkat kemampuannya dalam mengontrol si kulit bulat. Kepiawaiannya dalam mengubah arah bola secara kilat, seringkali layaknya bola menempel di kakinya.

Seiring berjalannya waktu, kemampuan Lionel Messi dalam menggiring bola terus bertambah, dan justru kebalikannya pada Cristiano Ronaldo.

Semenjak 2014, Cristiano hanya menciptakan rata-rata dua dribble sukses per pertandingan. Sementara Lionel Messi mencatat rata-rata empat dribel sukses per pertandingan.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini