5 Pesepakbola Termahal Sepanjang Masa, Bukti Cristiano Ronaldo dan Messi Tak Dominan

Firda Rahmawan , Jurnalis · Selasa 27 Juli 2021 18:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 27 51 2446861 5-pesepakbola-termahal-sepanjang-masa-bukti-cristiano-ronaldo-dan-messi-tak-dominan-itd2b9ETO7.jpg Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi tak masuk daftar pesepakbola termahal sepanjang masa. (Foto: REUTERS)

SEJUMLAH pemain berstatus pesepakbola termahal sepanjang masa. Status itu mereka sabet karena diboyong dengan harga tinggi ketika hengkang dari satu tim ke tim yang lain.

Tak tanggung-tanggung, harga pemain yang dibahas di bawah ini menembus angka triliunan rupiah! Dalam daftar ini juga tak ada nama Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo. Hal itu membuktikan bahwa keduanya tak selalu mendominasi dunia si kulit bulat. Lantas, siapa saja pemain yang dimaksud?

Berikut 5 pesepakbola termahal sepanjang masa:

5 Joao Felix (127 Juta Euro – Rp2,16 Triliun)

Joao Felix

Pemain asal Portugal ini menjadi salah satu pemain termahal yang pernah ada. Joao Felix dibajak dari Benfica pada bursa transfer musim panas 2019 dengan banderol 127 juta euro (setara Rp2,16 triliun).

Bersama Atletico Madrid, JoaFelix mencatatkan 19 gol dan sembilan assist dari 76 penampilan di semua kompetisi. Dia sukses mengantar Los Rojiblancos sebagai kampiun Liga Spanyol 2020-2021.

4. Ousmane Dembele (135 Juta Euro – Rp2,3 Triliun)

Ousmane Dembele

Ousmane Dembele diboyong Barcelona dengan harga mahal pada musim panas 2017, tepatnya 135 juta euro (setara Rp2,3 triliun) dari Borussia Dortmund. Dia digaet dengan harapan dapat menggantikan pemain yang dijual Barcelona ketika itu dengan rekor transfer sepanjang masa, Neymar Jr.

Sayangnya, Barcelona kecele dengan harga mahal. Dembele hanya tampil sebanyak 118 kali hingga detik ini dengan catatan 30 gol dan 21 assist. Pemain asal Prancis berusia 24 tahun itu dianggap sebagai kayu mati di Stadion Camp Nou.

3. Phillipe Coutinho (145 Juta Euro - Rp2,3 Triliun)

Philippe Coutinho

Enam bulan setelah Dembele, Barcelona menggaet Philippe Coutinho dari Liverpool dengan mahar 135 juta euro (setara Rp2,3 triliun). Blaugrana seperti tidak kapok dengan banderol selangit yang dipasang klub pemilik pemain sebelumnya.

Lagi, Barcelona tertipu dengan banderol selangit. Coutinho malah tampil angin-anginan. Dia pun masuk dalam daftar jual Barcelona pada empat bursa transfer terakhir (dua musim dingin dan dua musim panas).

2. Kylian Mbappe (145 Juta Euro – Rp2,47 Triliun)

Kylian Mbappe

Paris Saint-Germain (PSG) mendapatkan permata dalam diri Kylian Mbappe pada musim panas 2018. Dia ditebus dengan harga 145 juta euro (setara Rp2,5 triliun) setelah semusim sebelumnya datang dengan status pinjaman dari AS Monaco.

Kehadiran Mbappe sanggup membantu PSG meraih tiga trofi Liga Prancis secara beruntun. Bayaran yang setimpal mengingat dirinya mengoleksi 132 gol dan 61 assist dalam 171 penampilan di semua kompetisi bersama Les Parisiens.

1. Neymar Jr (222 Juta Euro – Rp3,79 Triliun)

Neymar Jr

Alasan PSG meminjam Kylian Mbappe tak lain karena mereka sudah merekrut Neymar Jr dengan nilai fantastis, 222 juta euro, pada musim panas 2017. PSG bakal dikenai sanksi atas pelanggaran Financial Fair Play (FFP) bila memecahkan rekor transfer secara berturut-turut.

Hasil penjualan Neymar pula yang membuat Barcelona nekat menebus Ousmane Dembele. Bayaran yang dikeluarkan untuk pemain asal Brasil itu setimpal. Sebab, Neymar menghadirkan tiga trofi Liga Prancis selama empat musim bermukim di Parc des Princess.

Neymar sukses menjadi juru gedor andalan bersama Mbappe di lini depan PSG. Pemain berusia 29 tahun itu total mengoleksi 87 gol dan 52 assist dari 116 kali tampil di semua kompetisi.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini