Lionel Messi dan Neymar Jr Pernah Raih Medali Emas Olimpiade, Bagaimana dengan Cristiano Ronaldo?

Ramdani Bur, Jurnalis · Jum'at 23 Juli 2021 10:53 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 23 51 2444776 lionel-messi-dan-neymar-jr-pernah-raih-medali-emas-olimpiade-bagaimana-dengan-cristiano-ronaldo-3NtcjhWvBR.jpg Cristiano Ronaldo (kiri) saat tampil di Olimpiade Athena 2004. (Foto: Twitter/@Olympics)

LIONEL Messi dan Neymar Jr merupakan satu dari segelintir pesepakbola top yang merasakan memenangkan medali emas sepakbola Olimpiade. Lionel Messi melakukannya pada Olimpiade Beijing 2008.

Saat itu, Lionel Messi masuk kategori pemain U-23 karena masih berusia 21 tahun. Sekadar informasi, di sepakbola Olimpiade, skuad yang dipertandingkan adalah tim U-23.

Hanya saja, setiap tim diizinkan membawa tiga pemain senior. Di Olimpiade Beijing 2008, tiga pemain senior yang dibawa pelatih Timnas Argentina U-23, Sergio Batista, adalah Juan Roman Riquelme yang berusia 30 tahun, Nicolas Pareja (24) dan Javier Mascherano (24).

Kehadiran tiga pemain senior, plus pemain-pemain muda berbakat macam Lionel Messi dan Sergio Aguero, membuat Argentina keluar sebagai juara. Saat itu di final, Argentina menang 1-0 atas Nigeria via gol Angel Di Maria.

Kemudian di Olimpiade Rio de Janeiro 2016, giliran Neymar Jr yang Berjaya. Saat itu, Neymar Jr yang berstatus pemain senior membawa Brasil menjadi juara usai di final menang adu penalti atas Jerman.

Neymar Jr

(Neymar Jr  bawa Brasil raih medali emas Olimpiade Rio 2016)

BACA JUGA: David Beckham Muncul di Instagram Lionel Messi, La Pulga Gabung Inter Miami?

Setelah bermain 1-1 di waktu normal, Brasil akhirnya menang adu penalti 5-4 atas Jerman. Ketika dua nama di atas bisa memenangkan medali emas Olimpiade, bagaimana dengan pesepakbola ternama Cristiano Ronaldo?

Sayangnya, Cristiano Ronaldo tak pernah memenangkan medali emas di ajang multievent ini. Sepanjang karier sepakbolanya, Cristiano Ronaldo sudah satu kali membela Portugal U-23 di Olimpiade, tepatnya pada 2004.

Cristiano Ronaldo

(Cristiano Ronaldo tak pernah memenangkan medali emas Olimpiade)

Akan tetapi, bantuan Cristiano Ronaldo belum membuahkan hasil bagi Portugal. Saat itu, tergabung bersama Irak, Kosta Rika dan Maroko, Portugal terbenam di posisi juru kunci dengan koleksi tiga poin!

Padahal, skuad Portugal saat itu cukup mentereng. Ada sejumlah pemain Portugal yang kemudian bersinar seperti Jose Bosingwa, Raul Meireles, Ricardo Costa, Danny, Hugo Viana dan Hugo Almeida.

Setelah 2004, Portugal sempat tampil di Olimpiade Rio 2016. Namun, saat itu Cristiano Ronaldo tidak ikut serta. Jadi kesimpulannya, Cristiano Ronaldo belum pernah membawa Portugal meraih medali emas Olimpiade.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini