Kalahkan Spanyol, Brasil Raih Emas Sepakbola Olimpiade Tokyo 2020

Admiraldy Eka Saputra, Jurnalis · Sabtu 07 Agustus 2021 21:20 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 07 51 2452492 kalahkan-spanyol-brasil-raih-emas-sepakbola-olimpiade-tokyo-2020-IMemn2gVBI.JPG Brasil kalahkan Spanyol di Final Olimpiade Tokyo 2020 (Foto: Reuters)

YOKOHAMA - Tim Nasional (Timnas) Brasil U-23 berhasil mengalahkan Spanyol di Final Olimpiade Tokyo 2020. Tim arahan Andre Jardine menang tipis 2-1 pada pertandingan yang berlangsung di Stadion Internasional Yokohama, Sabtu (7/8/2021).

Brasil sudah unggul lebih dulu di babak pertama lewat gol Matheus Cunha. Akan tetapi, gol babak kedua dari Mikel Oyarzabal membuat kedua tim bermain imbang hingga pertandingan berlanjut ke babak tambahan.

 

Brasil akhirnya memastikan kemenangan atas Spanyol lewat gol Malcom di babak tambahan yang berawal dari serangan balik. Hasil ini membawa Brasil meraih medali emas sekaligus mempertahankan gelar juara yang mereka raih pada edisi sebelumnya.

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama

Brasil langsung tampil menekan sejak awal pertandingan. Richarlison dan rekan-rekan bergerak cepat ke lini pertahanan Spanyol untuk mengintip peluang.

Memasuki menit ke-15 Spanyol mulai berbalik memberikan tekanan. Kerja sama Dani Olmo dan Pedri Gonzalez membuat Spanyol sempat mengancam pertahanan rapat dari para penggawa Brasil.

Sayang, usaha tersebut belum berbuah hasil. Brasil yang tertekan mulai kembali menguasai jalanya pertandingan. Menit ke-36 mereka mendapat hadiah penalti setelah Mikel Merino melakukan handsball di kotak terlarang.

Akan tetapi, Richarlison yang ditunjuk menjadi eksekutor justru gagal melakukan tugas dengan baik. Tembakannya ke arah kanan gawang melambung di atas mistar kawalan Unai Simon.

Namun, hanya beberapa menit berselang, tim arahan Luis de la Fuente akhirnya berhasil menjebol gawang lawan. Matheus Cunha mencatatkan namanya di papan skor lewat tembakan terarahnya dari dalam kotak penalti. Skor 1-0 untuk keunggulan Brasil bertahan hingga turun minum.

Babak Kedua

Spanyol memulai pertandingan dengan tempo cepat usai turun minum. Pedri Gonzalez dan rekan-rekan terlihat begitu berambisi untuk segera mencetak gol penyeimbang.

Setelah mencoba sejumlah peluang, gol yang ditunggu-tunggu akhirnya tercipta di menit ke-61. Mikel Oyarzabal mencetak gol indah usah memanfaatkan umpan silang Carlos Soler dari sisi kanan lapangan. Spanyol berhasil menyamakan kedudukan 1-1 atas Brasil.

Jual beli serangan pun terjadi sepanjang babak kedua. Akan tetapi, usaha kedua tim masih belum berbuah hasil dan skor 1-1 membuat pertandingan berlanjut ke babak tambahan.

Babak Tambahan

Memasuki babak tambahan, tempo permainan kedua tim mulai menurun. Beberapa pergantian pemain pun dilakukan demi menjaga tempo permainan.

Brasil berhasil kembali mengungguli Spanyol. Tepatnya di menit ke-108, tim arahan Luis de la Fuente sukses membobol gawang lawan berkat aksi Malcom. Berawal dari skema serangan balik, Malcom berlari menuju lini pertahanan Spanyol.

Eks penggawa Barcelona itu terlihat tanpa pengawalan dan dengan mudah menceploskan bola ke gawang Unai Simon.

Brasil kembali bermain dengan percaya diri, tapi para pemain Spanyol juga belum menyerah kembali menciptakan gol penyeimbang. Sayang, skor 2-1 untuk Brasil bertahan hingga laga usai.

Berikut susunan pemain Brasil vs Spanyol di Final Olimpiade Tokyo 2020, Sabtu (7/8/2021)

Brasil U23 (4-3-3): Santos; Dani Alves, Diego Carlos, Gabriel Menino, Guilherme Arana; Douglas Luiz, Bruno Guimarez, Claudinho; Richarlison, Antony, Matheus Cunha

Pelatih: Andre Jardine

Spanyol U23 (4-3-2-1): Unai Simon; Marc Cucurella, Pau Torres, Eric Garcia, Oscar Gil; Martin Zubimendi, Mikel Merino, Pedri Gonzalez; Dani Olmo, Marco Asensio; Marco Asensio.

Pelatih: Luis de la Fuente

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini