Ada Alasan Unik yang Buat Donnarumma Tak Bisa Kenakan Nomor 99 di PSG

Rivan Nasri Rachman, Jurnalis · Sabtu 17 Juli 2021 10:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 17 51 2442065 ada-alasan-unik-yang-buat-donnarumma-tak-bisa-kenakan-nomor-99-di-psg-rujvzDFXyp.jpeg Kiper anyar PSG, Gianluigi Donnarumma. (Foto: Twitter/PSG_Inside)

PARIS Gianluigi Donnarumma telah resmi bergabung Paris Saint-Germain (PSG) dengan status bebas transfer. Ia pun dipastikan akan mengenakan nomor punggung 50 di klub barunya tersebut.

Tentunya keputusan Donnarumma memilih nomor punggung 50 terlihat agak aneh. Pasalnya, kiper asal Italia itu sudah identik dengan menggunakan nomor 99 saat masih membela AC Milan.

Nomor punggung 99 sudah dikenakan Donnarumma semenjak debutnya di Milan dan nomor tersebut merupakan tahun kelahirannya. Jadi, bisa dikatakan nomor 99 sangat spesial untuk Donnarumma.

Lantas mengapa Donnarumma tak mengenakan nomor punggung 99 di PSG? Padahal di klub berjuluk Les Parisien itu tak ada yang memakai nomor tersebut.

Baca Juga: PSG Tawarkan Gaji Tinggi, Mbappe Tetap Pilih Gabung Real Madrid

Gianluigi Donnarumma

Ternyata Donnarumma dilarang menggunakan nomor 99 di PSG karena adanya peraturan di sepakbola Prancis yang mengatur soal penggunaan nomor punggung. Menurut laporan dari Sportbible, di Prancis, kiper sudah ditentukan nomor-nomor yang boleh digunakan.

Nomor-nomor yang boleh digunakan oleh kiper di sepakbola Prancis adalah 1, 16, dan 30. Masalahnya ketiga nomor tersebut sudah dikuasai oleh tiga kiper PSG. Nomor 1 dikuasai Keylor Navas, lalu 16 dimiliki Sergio Rico, dan 30 dipakai Alexandre Letellier.

Lantas jika ketiga nomor itu sudah ada., maka kiper selanjutnya seperti Donnarumma memakai nomor apa? Berdasarkan aturan nomor punggung yang dibuat Federasi Sepakbola Prancis (FFF), tepatnya di pasal 576, ketika tiga nomor sudah dipakai, maka kiper boleh menggunakan nomor 40 dan 50.

“Daftar ini tidak boleh melebihi 30 nama, nomor 30 adalah yang terakhir dalam daftar dapat ditambah dan diperbarui jika ada yang berubah di klub. Jika klub membenarkan mempekerjakan lebih dari 30 pemain profesional di bawah kontrak, dewan dapat memberikan pengecualian untuk paragraf sebelumnya. Nomor aneh dilarang (contoh: 45, 82, dan 99),” bunyi keterangan pasal 576 dalam aturan Nomor Punggung dan Nama, dikutip dari Sportbible, Sabtu (17/7/2021).

"Nomor 1, 16 dan 30 secara eksklusif dan harus disediakan untuk penjaga gawang. Pada akhirnya, nomor 40 dapat diberikan,” tambah keterangan di aturan nomor punggung dan nama di sepakbola Prancis tersebut.

Gianluigi Donnarumma

Dikarenakan PSG masih memiliki kiper lain yang tak memiliki nomor, seperti halnya Alphonse Areola, Marcin Bulka, Denis Franchi, dan Garissone Innocent, maka mereka dianggap akan mengenakan nomor punggung 40.

Jadi, mau tak mau Donnarumma harus rela mengenakan nomor punggung 50 di PSG. Terlepas dari masalah pemberian nomor punggung itu, Donnarumma nyatanya tetap merasa bahagia bergabung dengan PSG.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini