5 Pemain Terbaik di Semifinal Piala Eropa 2020, Nomor 3 Cetak Gol Kontroversial

Djanti Virantika, Jurnalis · Jum'at 09 Juli 2021 06:22 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 09 51 2437882 5-pemain-terbaik-di-semifinal-piala-eropa-2020-nomor-3-cetak-gol-kontroversial-i2ZN7OT6fw.jpg Timnas Inggris. (Foto: Reuters)

PEMAIN terbaik di semifinal Piala Eropa 2020 menghadirkan sejumlah nama. Sebab, kehadiran beberapa pemain dari empat tim yang berlaga di babak tersebut sukses mencuri perhatian besar dari publik.

Kinerja apik sejumlah pemain ini bahkah berhasil membawa timnya lolos ke babak final. Dua tim yang memastikan diri tampil di partai puncak adalah Inggris dan juga Italia.

BACA JUGA: Laku Keras! Tiket Final Piala Eropa 2020 Diburu Suporter meski Sangat Mahal

Lalu, siapa saja pemain yang masuk kategori terbaik pada babak semifinal Piala Eropa 2020? Berikut lima pemain terbaik tersebut.

BACA JUGA: Jelang Italia vs Inggris, Chiellini Ngeri Lihat Kedalaman Skuad The Three Lions

5. Kasper Schmeichel

Di urutan kelima, ada nama Kasper Schmeichel. Kiper Timnas Denmark ini turut mencuri perhatian karena kinerjanya yang luar biasa kala menjegal setiap ancaman dari para pemain bintang di Timnas Inggris.

Kasper Schmeichel

Kasper Schmeichel sekali lagi memberikan semua yang dia bisa untuk membawa Denmark berjaya. Sayangnya, usahanya tak bisa membawa Tim Dinamit -julukan Timnas Denmark- melenggang ke babak final karena tumbang dengan skor 1-2 dari Inggris.

Meski begitu, aksinya tetap mencuri perhatian dan juga decak kagum dari publik. Sebab, di sepanjang laga kontra Inggris, kiper yang juga membela Leiester City itu diketahui mampu membuat sembilan penyelamatan. Salah satunya adalah menahan gempuran bertubi-tubi dari Raheem Sterling.

4. Jorginho

Berikutnya, ada nama Jorginho. Dia juga tampil fantastis kala membela Timnas Italia melawan Spanyol. Sejatinya, laga itu bukan yang paling nyaman bagi Jorginho karena Italia tidak terlalu banyak menguasai bola seperti biasanya.

Jorginho

Tetapi, pemain milik Chelsea itu tetap bisa mengatur permainannya. Dia berhasil memastikan bahwa Italia tidak terlalu mendapat serbuan di lini tengah. Tak ayal, perannya sangat penting untuk Italia hingga bisa kembali ke permainan.

3. Mikkel Damsgaard

Berikutnya, kembali ke Timnas Denmark, ada nama Mikkel Damsgaard. Aksi Damsgaard tak kalah fantastis dari sederet pemain sebelumnya. Dia bahkan bisa dibilang telah menjadi pemain terbaik di skuad Denmark.

Pemain berusia 21 tahun itu berhasil menciptakan peluang nyata pertama bagi Denmark di pertandingan tersebut. Damsgaard kemudian mencetak gol lewat tendangan bebas mutlak dari jarak 25 yard hingga membawa Denmark unggul 1-0.

Mikkel Damsgaard

Meski aksinya membuat kagum banyak pihak kala itu, gol Damsgaard tetap mendapat pro dan kontra usai laga rampung digelar. Sebab, gol ini dinilai kontroversial karena dituding terjadinya pelanggaran sebelum bola meluncur mulus masuk ke gawang Inggris kawalan Jordan Pickford.

Pelanggaran itu berupa mendekatnya tiga pemain Denmark mendekat ke pagar betis Inggris jelang Damsgaard menendang bola. Alhasil, kondisi itu telah menghalangi pandangan Pickford dan dianggap pelanggaran berdasarkan aturan yang ada.  

Menurut undang-undang 13 hukuman peraturan sepakbola, pemain lawan minimal menjaga jarak dengan pagar betis sejauh 1 meter. Namun, seperti yang kita tahu, skor pertandingan tak bisa diubah.

Terlepas dari kondisi itu, Damsgaard tetap menjadi pemain yang luar biasa. Terlebih, dia juga nyaris mencetak gol tambahan andai saja bola tidak membentur tiang gawang.

2. Federico Chiesa

Kembali ke skuad Italia, ada nama Federico Chiesa. Dia telah menjadi sosok yang paling diandalkan di lini depan Italia selama Piala Eropa 2020. Winger Juventus itu pun kembali tampil mengesankan di babak semifinal melawan Spanyol.

Federico Chiesa

Chiesa menjadi pembeda di semifinal dengan mencetak gol pembuka sensasional untuk Italia. Pemain berusia 23 tahun itu menunjukkan energi yang luar biasa dan hampir memberikan umpan kepada Domenico Berardi untuk mencetak gol kedua Italia.

Chiesa menerima penghargaan man of the match usai laga Italia kontra Spanyol yang berakhir lewat drama adu penalti itu. Kehadiran Chiesa pastinya perlu diwaspadai lebih oleh Inggris yang akan bersua di babak final.

1. Harry Kane

Terakhir, ada nama Harry Kane. Dia tampil dengan sangat baik di semifinal Piala Eropa 2020. Alhasil, dia bisa menyumbangkan satu gol di babak tambahan waktu yang sekaligus memastikan kemenangan Inggris atas Denmark

Harry Kane

Hal terbaik tentang Harry Kane adalah dia mampu tampil bagus saat dibutuhkan. Dia memimpin serangan Inggris. Dia sangat terlibat di seluruh lini dan membantu Inggris untuk terus maju. Kini, Kane pun punya peluang besar menyabet Sepatu Emas Piala Eropa 2020.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini