Tutupi Isu Raheem Sterling Diving, Inggris Permasalahkan Gol Ajaib Denmark di Semifinal Piala Eropa 2020

Ramdani Bur, Jurnalis · Kamis 08 Juli 2021 10:13 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 08 51 2437349 tutupi-isu-raheem-sterling-diving-inggris-permasalahkan-gol-ajaib-denmark-di-semifinal-piala-eropa-2020-j0dUWiVguE.jpg Tendangan Mikkel Damsgaard masuk ke gawang Inggris. (Foto: REUTERS/Laurence Griffiths)

RAHEEM Sterling disorot kelar laga semifinal Piala Eropa 2020 yang mempertemukan Inggris vs Denmark di Stadion Wembley pada Kamis, (8/7/2021) dini hari WIB. Winger Manchester City ini disorot karena melakukan diving di laga tersebut.

Ketika pertandingan memasuki menit 102, atau skor Inggris vs Denmark sama kuat 1-1, Raheem Sterling melakukan manuver di sisi kiri pertahanan Denmark. Tak lama kemudian, eks pemain Liverpool terjatuh di area kotak penalti Denmark. Wasit Danny Makkelie yang memimpin pertandingan tanpa ragu menunjuk titik putih.

Raheem Sterling

Namun, setelah mendapat protes dari pemain-pemain Denmark, wasit memutuskan berkonsultasi dengan petugas Video Assistant Referee (VAR). Di luar dugaan, keputusan penalti tetap diambil.

Padahal dalam siaran ulang terlihat jelas, hampir tak ada kontak antara Raheem Sterling dengan pemain Denmark yang dituduh menjatuhkan pemain Manchester City tersebut, yakni Joakim Maehle.

Alhasil, Harry Kane maju sebagai eksekutor penalti. Bola tendangan Harry Kane sempat ditepis kiper Denmark Kasper Schmeichel. Namun, Harry Kane berhasil memanfaatkan bola muntah untuk membuat Inggris menang 2-1 atas Denmark dan lolos ke final Piala Eropa 2020

Namun, media-media yang berbasis di Inggris seperti The Sun, Sportbible dan banyak lagi mengangkat hal lain. Mereka tidak membahas aksi diving Sterling, melainkan hal yang lain.

BACA JUGA: Langgar Aturan, Gol Tendangan Bebas Denmark ke Gawang Inggris di Semifinal Piala Eropa 2020 Dianulir?

Lantas, hal lain apa yang dimaksud? Hal yang dimaksud adalah gol perdana Denmark yang dicetak Mikkel Damsgaard disebut mereka telah melanggar aturan.

Menurut laporan The Sun, ada pelanggaran yang terjadi sebelum bola meluncur mulus masuk ke gawang Inggris kawalan Jordan Pickford. Sebelum Mikkel Damsgaard mengeksekusi tendangan bebas, para pemain Denmark taat aturan. Mereka berdiri satu meter dari pagar betis yang dibuat Timnas Inggris.

Mikkel Damsgaard

Namun, jelang Mikkel Damsgaard mengeksekusi tendangan bebas, tiba-tiba tiga pemain Denmark langsung merapat ke pagar betis Inggris. Tujuannya selain untuk merusak barikade pagar betis Inggris, juga untuk menutup jarak pandang Pickford.

Alhasil, bola pun masuk ke gawang Inggris. Denmark unggul 1-0 atas Inggris di menit ke-30. Salah satu netizen pun menyebut gol Mikkel Damsgaard layak dibatalkan karena telah melanggar aturan.

Satu hal yang pasti, Inggris sudah memastikan tempat di partai puncak. Dalam final Piala Eropa 2020 yang berlangsung Senin 12 Juli 2021 pukul 02.00 WIB, Inggris akan menantang Italia di Stadion Wembley.

Saksikan siaran langsung pertandingan UEFA EURO 2020 di iNews TV.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini