Langgar Aturan, Gol Tendangan Bebas Denmark ke Gawang Inggris di Semifinal Piala Eropa 2020 Dianulir?

Ramdani Bur, Jurnalis · Kamis 08 Juli 2021 09:45 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 08 51 2437329 langgar-aturan-gol-tendangan-bebas-denmark-ke-gawang-inggris-di-semifinal-piala-eropa-2020-dianulir-BpMFieM7Tr.jpg Eksekusi tendangan bebas Mikkel Damsgaard yang berbuah gol. (Foto: REUTERS/LAURENCE Griffths)

GOL tendangan bebas Denmark yang dibuat Mikkel Damsgaard ke gawang Inggris di semifinal Piala Eropa 2020 diperdebatkan. Sebab, menurut laporan The Sun, ada pelanggaran yang terjadi sebelum bola meluncur mulus masuk ke gawang Inggris kawalan Jordan Pickford.

Sebelum Mikkel Damsgaard mengeksekusi tendangan bebas, para pemain Denmark taat aturan. Mereka berdiri satu meter dari pagar betis yang dibuat Timnas Inggris.

Mikkel Damsgaard

Namun, jelang Mikkel Damsgaard mengeksekusi tendangan bebas, tiba-tiba tiga pemain Denmark langsung merapat ke pagar betis Inggris. Tujuannya selain untuk merusak barikade pagar betis Inggris, juga untuk menutup jarak pandang Pickford.

Alhasil, bola pun masuk ke gawang Inggris. Denmark unggul 1-0 atas Inggris di menit ke-30. Salah satu netizen pun menyebut gol Mikkel Damsgaard layak dibatalkan karena telah melanggar aturan.

“Gol Denmark seharusnya dianulir. Jelang Damsgaard menendang bola, tiga pemain Denmark mendekat ke pagar betis Inggris dan menghalangi pandangan Pickford. Itu pelanggaran berdasarkan aturan,” tulis salah satu netizen.

BACA JUGA: Raheem Sterling Diving di Laga Inggris vs Denmark, Netizen: Football Is Diving Home!

Menurut undang-undang 13 hukuman peraturan sepakbola, menetapkan bahwa pemain lawan minimal menjaga jarak dengan pagar betis sejauh satu meter. Namun, seperti yang kita tahu, skor pertandingan tak bisa diubah.

Pada akhirnya, justru Inggris yang memenangkan pertandingan. Setelah gol Damsgaard, Inggris menyamakan kedudukan setelah bek Denmark, Simon Kjaer, membuat gol bunuh diri di menit 39.

Mikkel Damsgaard

Skor berubah 1-1 dan bertahan hingga waktu normal berakhir. Di babak perpanjangan waktu, Inggris mencetak gol kemenangan via sepakan Harry Kane di menit 104.

Infografis Inggris vs Denmark

Inggris lolos ke final Piala Eropa 2020, sedangkan Denmark tersingkir. Kemudian, Inggris akan menghadapi Italia di final Piala Eropa 2020 yang dilangsungkan di Stadion Wembley, pada Senin 12 Juli 2021 dini hari WIB.

Saksikan siaran langsung pertandingan UEFA EURO 2020 di iNews TV.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini