Jika Italia Juara Piala Eropa 2020, Sarri: Jorginho Pantas Raih Ballon dOr

Djanti Virantika, Jurnalis · Kamis 08 Juli 2021 01:38 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 08 51 2437209 jika-italia-juara-piala-eropa-2020-sarri-jorginho-pantas-raih-ballon-dor-B6ZKVrmlbE.jpg Jorginho. (Foto: Reuters)

ROMA – Mantan pelatih Chelsea, Maurizio Sarri, mengomentari khusus kiprah manis Jorginho bersama Timnas Italia di Piala Eropa 2020. Berhasil tampil fantastis, Sarri menilai Jorginho pantas merebut trofi Ballon dOr 2021 jika sampai membawa Italia menjadi juara.

Jorginho memang menunjukkan kinerja apik kala membela Timnas Italia di Piala Eropa 2020. Salah satu kinerja apiknya bisa terlihat dalam pertemuan Gli Azzurri -julukan Timnas Italia- melawan Spanyol di babak semifinal.

Jorginho

Bermain di Stadion Wembley, London, Inggris, Rabu 7 Juli 2021 dini hari WIB, pertemuan Italia vs Spanyol harus dilanjutkan ke babak adu penalti untuk menentukan pemenang. Sebab, skor 1-1 terjaga hingga babak tambahan.

BACA JUGA: Jadi Penyebab Kekalahan Timnas Spanyol dari Italia, Luis Enrique Enggan Salahkan Alvaro Morata

Di babak adu penalti, Jorginho pun turut ditunjuk menjadi algojo. Hasilnya, gelandang berusia 29 tahun itu berhasil membawa bola bersarang ke gawang Spanyol yang dikawal Unai Simon. Dengan begitu, Italia pun lolos ke babak final Piala Eropa 2020.

BACA JUGA: Kelewat Bahagia Italia ke Final Piala Eropa 2020, Donnarumma Kehabisan Kata-Kata

Kesuksesan Jorginho bersama Italia telah semakin membuat manis kiprahnya di sepanjang tahun ini. Sebelumnya, di level klub bersama Chelsea, dia juga sukses mengangkat trofi Liga Champions usai melibas Manchester City dengan skor 1-0.

Mendapati kondisi ini, Sarri yang pernah melatih Jorginho saat melatih Napoli dan Chelsea itu pun sangat terkesan dengan kinerja sang pemain. Sederet penampilan gemilang itu, dinilai Sarri, cukup membawa Jorginho menjadi kandidat peraih trofi Ballon dOr 2021.

"Jika dia memenangkan Piala Eropa, dia (Jorginho) adalah kandidat untuk Ballon dOr. Dia pemain yang berseni dan itulah mengapa tidak semua orang memahaminya,” ujar Sarri, sebagaimana dikutip dari Goal Internasional, Kamis (8/7/2021).

“Dia membuat segalanya tampak mudah, itu kehebatannya. Ketika saya melatih Chelsea, kami berhasil mengamankannya dari kejaran Manchester City,” lanjutnya.

Infografis Timnas Italia

"Awalnya sulit untuk memahaminya bagi para fans dan jurnalis, sekarang saya melihat bahwa dia dihargai. Dia juga menjadi kapten Chelsea,” jelas pelatih Lazio tersebut.

Di babak final, Italia sendiri masih menanti lawannya. Armada Roberto Mancini akan menghadapi pemenang laga yang mempertemukan Inggris kontra Denmark.

Saksikan siaran langsung pertandingan UEFA EURO 2020 di iNews TV.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini