Robert Alberts Buka Suara soal Julukan Persib BanDutch

Annisa Nurinsani, Jurnalis · Jum'at 02 Juli 2021 09:23 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 02 49 2434266 robert-alberts-buka-suara-soal-julukan-persib-bandutch-SnlBveCpMB.jpg Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts (Foto: Persib Bandung)

BANDUNG - Persib Bandung dijuluki Persib BanDutch karena banyaknya pemain Belanda dalam skuadnya. Bahkan, sang Pelatih, Robert Rene Alberts, pun berasa dari negeri Kincir Angin itu.

Para pemain Persib berdarah Belanda adalah Nick Kuipers, Geoffrey Castillion, serta pemain naturalisasi, Ezra Walian dan Marc Klok. Istilah ini muncul usai Robert membawa gerbong berdarah Belanda pada pertengahan musim 2019.

Video pengenalan Marc Klok (Foto: Twitter/@persib)

Robert pun angkat suara dengan menegaskan, dirinya tak ingin mem-Belanda-kan Persib. Perekrutan pemain berdarah Belanda itu hanya kebetulan saja, menurut Robert.

"Saat ini banyak orang yang menyebut Persib BanDutch. Saya sndiri menyukainya, tapi saya ingin mengatakan banyaknya pemain asal belanda yang ada di Persib musim ini adalah murni sebuah hal yang tidak disengaja," kata Robert.

BACA JUGA: Ini Syarat dari PSSI untuk Ezra Walian jika Ingin Perkuat Timnas Indonesia

Nick Kuipers dan Geoffrey misalnya, mereka tetap dipertahankan karena memang kualitasnya sangat dibutuhkan tim. Jadi, tak ada alasan melepas mereka. Apalagi, mereka masih berkomitmen setia kepada tim di tengah tidak jelasnya kompetisi.

Marc Klok dan Ezra Walian pun begitu. Persib mendatangkan mereka karena keduanya berstatus pemain bebas setelah lepas dari klubnya masing-masing.

Keduanya pun punya hak dan kesempatan membela tim lain. Akan tetapi, saat Persib mendekati keduanya, mereka tertarik bergabung dengan Persib.

Hal itu sangat disyukuri. Sebab, tak mudah mencari pemain berkualitas dengan status bebas transfer. Ketika ada celah mendapatkan mereka dan berhasil mendapatkannya, hal itu sangat berguna bagi Persib.

"Ezra dan Marc adalah pemain naturalisasi dan mereka memilih untuk bergabung dengan Persib. Sebenarnya mereka berdua bisa gabung dengan klub manapun, tapi ini keputusan dan ambisi mereka untuk bergabung dengan klub ini setelah mendengar banyak hal bagus dari saya sebagai pelatih Persib," jelas Robert.

Nick Kuipers dan Ezra Walian (Foto: Okezone/Annisa Nurinsani)

Dia pun kembali menegaskan jika Ezra dan Marc datang bukan karena tergiur uang. Mereka punya ambisi dan ketertarikan tersendiri bermain untuk klub berjuluk 'Maung Bandung' ini. Salah satunya karena budaya dan dukungan yang dimiliki Persib.

"Saya tegaskan, ini bukan soal uang, tapi keinginan untuk bermain membela Persib," tegas Robert.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini