16 Besar Piala Eropa 2020, Ukraina Punya Formasi Rahasia Hancurkan Swedia

Quadiliba Al-Farabi, Jurnalis · Selasa 29 Juni 2021 00:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 28 51 2432270 16-besar-piala-eropa-2020-ukraina-punya-formasi-rahasia-hancurkan-swedia-qvSqeJWe9W.jpg Andriy Shevchenko. (Foto/Reuters)

GLASGOW Timnas Ukraina akan menghadapi Swedia pada babak 16 Besar Piala Eropa 2020 di Stadion Hamden Park, Skotlandia, pada Rabu 30 Juni 2021. Pelatih Andriy Shevchenko mengataka dia memiliki formasi rahasia yang belum dikeluarkan saat melakoni laga di fase grup.

Berdasarkan informasi yang dibagikan di laman resmi UEFA, Senin (28/6/2021), selama mengarungi Grup C Piala Eropa 2020, Ukraina selalu menggunakan formasi 4-3-3. Dengan formasi tersebut dapat dikatakan Zhovto-Blakytni –julukan Ukraina lolos secara terseok-seok.

Foto/Reuters

Andriy Yarmolenko dkk hanya meraih satu kali kemenangan saat menjamu Makedonia Utara. Sementara dua laga lainnya saat menghadapi Belanda dan Austria, mereka mengalami kekalahan.

Baca juga: Jelang Hadapi Spanyol di Piala Eropa 2020, Pemain Kroasia Takut Kalah

Alhasil, Ukraina hanya mengumpulkan 3 poin dan menempati urutan ketiga. Beruntung mereka tetap menjadi salah satu peringkat tiga terbaik yang mengantarkan mereka ke babak 16 besar.

Baca juga: Jelang Prancis vs Swiss, Deschamps dan Lloris Kompak Sanjung NGolo Kante

Meski begitu, di babak ini ia langsung dihadapkan dengan tim berpredikat juara grup E yakni Swedia. Satu yang jadi pertanyaan, apakah Shevchenko masih ingin menerapkan formasi 4-3-3 dalam menghadapi tim sekuat Swedia?

Mungkin ini saatnya Sheva –panggilan akrab Shevchenko kembali mencoba formasi 3-5-2 sebagaimana ia terapkan di kualifikasi Piala Dunia. Terbukti pada saat itu, mereka dapat menahan imbang Prancis dengan skor 1-1 pada Maret lalu.

Tak hanya itu, skema serangan balik yang diberlakukan selama menggunakan formasi ini juga membuat Portugal bertekuk lutut. Cristiano Ronaldo cs kalah dengan skor 2-1 di babak kualifikasi Piala Eropa 2020.

Terbaru, Ukraina mampu mengalahkan tim berpredikat juara Piala Dunia, Spanyol dalam ajang Liga Negara (Nations League). Mereka menang 1-0 melalui kaki Viktor Tsyhankov juga lewat skema serangan balik.

Foto/Reuters

Meski memiliki tren bagus tersebut, Shevchenko justru menilai bahwa itu semua bukan pengaruh dari formasi yang diterapkan. Melainkan Ukraina memiliki gaya permainan khas yang menjadi prinsip, sehingga bila itu berjalan maksimal, formasi apapun akan jadi penghancur.

"Hal utama adalah bahwa kami memiliki gaya tertentu yang kami mainkan dan kami tidak akan mengubahnya. Kami memiliki prinsip kami sendiri yang kami patuhi. Jadi kami mungkin memiliki kesempatan untuk bermain 4-3-3 atau, misalnya, 3 -5-2, tetapi prinsip kita sendiri tidak akan berubah," ucap Shevchenko.

Saksikan siaran langsung pertandingan UEFA EURO 2020 di iNews TV

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini