Samai Rekor Ali Daei, Jumlah 109 Gol Cristiano Ronaldo Masih Kalah Jauh dari Pesepakbola Wanita Ini

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Kamis 24 Juni 2021 08:26 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 24 51 2430084 samai-rekor-ali-daei-jumlah-109-gol-cristiano-ronaldo-masih-kalah-jauh-dari-pesepakbola-wanita-ini-Zez2tCQWWR.jpg Cristiano Ronaldo. (Foto/Reuters)

CRISTIANO Ronaldo menyamai rekor Ali Daei saat mencetak dua gol pada laga Timnas Portugal melawan Prancis di pertandingan terakhir Grup F Piala Eropa 2020. Tambahan dua gol terbut membuatnya telah mencetak 109 gol.

Berlaga di Stadion Puskas Arena, Hungaria, Kamis (24/6/2021) dini hari WIB, Portugal lebih dulu unggul setelah mendapat penalti kiper Prancis, Hugo Lloris menyikut wajah Danilo Pereira setelah sukses meninju bola. Ronaldo yang maju sebagai eksekutor menjalankan tugasnya dengan baik.

Foto/Reuters

Namun, menjelang turun minum giliran Prancis yang mendapat penalti dari wasit. Kylian Mbappe dilanggar oleh Nelson Semedo di area terlarang. Karim Benzema yang mengambil tendangan penalti sukses menjadi eksekutor.

Baca juga: Rekornya Disamai Cristiano Ronaldo, Ali Daei: Saya Merasa Terhormat

Selepas turun minum, Prancis segera mengebrak dan Benzema langsung mampu menjebol gawang Portugal lagi pada menit ke-47. Hakim garis menilai pemain Real Madrid itu berada dalam posisi offiside. Namun, keputusan VAR berbeda, dan membuat Prancis berbalik unggul 2-1.

Baca juga: Cristiano Ronaldo Cs Jumpa Belgia di 16 Besar, Santos: Ini Lawan Tangguh untuk Portugal

Portugal pada menit ke-58 kembali mendapat hadiah penalti dari wasit setelah bola sontekan Ronaldo mengenai lengan bek Prancis, Jules Kounde. Cristiano Ronaldo yang kembali maju sebagai eksekutor sukses membuat kedudukan kembali imbang 2-2 pada menit ke-60.

Dua gol tambahan membuat Cristiano Ronaldo menyamakan rekor gol eks pemain Timnas Iran, Ali Daei dengan 109 gol. Namun, Ronaldo berpotensi melewati jumlah gol karena dia masih aktif bermain.

Hanya saja, Ronaldo dan Ali Daei bukanlah pencetak gol terbanyak sepanjang masa. Gelar tersebut masih dipegang oleh Christine Sinclair, kapten Tim Nasional Wanita Kanada dan Portland Thorns.

Sinclair yang telah bermain di lima final Piala Dunia dan dua Olimpiade untuk negaranya, telah mencetak 186 gol dalam 297 pertandingan untuk Kanada. Tambahan golnya itu akan terus berlanjut saat dia akan berlaga di Olimpiade Tokyo 2020 mendatang. Itu artinya jumlah golnya selisih 77 dari Cristiano Ronaldo bersama Timnas Portugal. 

Foto/Olympic

Sementara itu, hasil imbang melawan Prancis, membuat Portugal melaju ke fase 16 besar setelah menjadi salah satu tim peringkat ketiga terbaik. Tim besutan Fernando Santos berada di bawah Prancis dan Jerman.

Pada babak 16 besar, Portugal akan bertemu Belgia yang keluar sebagai juara Grup B Piala Eropa. Laga kedua tim akan berlangsung pada Senin, 28 Juni 2021 di Stadion Olimpiade, Sevilla, Spanyol.

Saksikan siaran langsung pertandingan UEFA EURO 2020 di iNews TV

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini