Jelang Hadapi Skotlandia, sang Pelatih Akui Timnas Kroasia Gugup

Quadiliba Al-Farabi, Jurnalis · Selasa 22 Juni 2021 17:48 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 22 51 2429208 jelang-hadapi-skotlandia-sang-pelatih-akui-timnas-kroasia-gugup-O7cnrZWUjq.jpg Para pemain Timnas Kroasia (Foto: Reuters)

GLASGOW – Pelatih Tim Nasional (Timnas) Kroasia, Zlatko Dalic, memberikan komentar jelang memimpin tim asuhannya melawan Skotlandia di matchday ketiga Piala Eropa 2020. Dalic tak menampik bahwa para pemain Timnas Kroasia dihadapkan perasaan gugup jelang menjalani laga tersebut.

Sebagaimana diketahui, Timnas Kroasia memang belum memetik satu pun kemenangan di grup D Piala Eropa 2020. Pasalnya dalam dua laga sebelumnya, Timnas Kroasia harus puas kalah dari Inggris dan bermain imbang saat melawan Republik Ceko.

Timnas Kroasia

Hal itu mengantarkan mereka masih bercokol di posisi tiga klasemen dengan poin 1. Perolehannya sama dengan tim yang akan dihadapinya, Skotlandia di posisi juru kunci.

Hasil ini tentu tak sesuai harapan karena sebenarnya finalis Piala Dunia 2018 ini menjadi favorit untuk melaju hingga ke babak 16 besar. Kini, peluang itu semakin tipis dan kesempatan terakhir ada pada laga besok.

Baca Juga: Jadwal Siaran Langsung Piala Eropa 2020 Republik Ceko vs Inggris di RCTI dan iNewsTV

Melihat kenyataan ini, Dalic mengaku timnya tengah dilanda ketegangan jelang laga penentuan tersebut. Ia pun saat ini terus berupaya meningkatkan kepercayaan diri para pemain dengan motivasi yang ia bisa.

"Segalanya menjadi terlalu tegang, terlalu banyak tekanan. Kami ingin tim bersantai, untuk menghilangkan tekanan apa pun dari mereka, ucap Dalic dikutip dari laman resmi UEFA pada Selasa (22/6/2021).

“Saya akan mengatakannya lagi: Saya yang bertanggung jawab atas tim ini , saya bertanggung jawab atas hasilnya, dan kesalahan ada pada saya jika hasilnya tidak bagus. Anak-anak hanya harus keluar dan menikmati permainan, dan menang," tegas Dalic.

"Kami akan melakukannya. Itu selalu menjadi momen kebenaran bagi kami. Saya tidak meragukan kekuatan dan kualitas kami, dan saya yakin para pemain akan memenangkan pertandingan penentuan ini, bermain dengan baik dan maju. Saya tidak meragukan itu,” tutupnya.

Timnas Kroasia

Bukan hanya kemenangan yang harus diraih Timnas Kroasia, namun juga produktifitas gol perlu diprioritaskan. Setidaknya, sebanyak lebih dari dua gol perlu mereka cetak tanpa satupun kebobolan.

Baca Juga: Di 16 Besar Piala Eropa 2020, Timnas Wales Tampil Tanpa Suporter

Mereka pun masih harus berharap pada laga lainnya yakni Inggris vs Republik Ceko agar terdapat pemenang di antaranya. Namun bila laga tersebut berakhir imbang, maka berapapun kemenangan yang mereka raih tak dapat mengantarkan ke babak 16 besar

Saksikan siaran langsung pertandingan UEFA EURO 2020 di iNewsTV

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini