Jose Mourinho: Timnas Skotlandia Punya Mental Bagus tapi Tanpa Bakat Menyerang

Sri Lestari Rahayuningtyas, Jurnalis · Jum'at 18 Juni 2021 17:16 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 18 51 2427378 jose-mourinho-timnas-skotlandia-punya-mental-bagus-tapi-tanpa-bakat-menyerang-u8U1aNPGBc.jpg Reaksi Andrew Robertson usai Timnas Skotlandia kalah dari Republik Ceko. (Foto/Reuters)

LONDON – Jose Mourinho menilai bahwa Tim Nasional (Timnas) Skotlandia mempunyai mental yang bagus. Namun, pelatih AS Roma itu menekankan bahwa tim besutan Steve Clarke, tak punya bakat untuk menyerang.

Pernyataan Mou disampaikan menjelang laga Skotlandia yang akan melakoni pertandingan kedua Grup D Piala Eropa 2020 melawan Inggris. Laga akan berlangsung di Stadion Wembley, London, pada Sabtu 19 Juni 2021 pukul 02.00 WIB.

Foto/Reuters

Jose Mourinho mengatakan, sebenarnya Skotlandia punya pemain hebat dalam sosok Billy Gilmour. Pelatih eks Manchester United dan Tottenham Hotspur itu menyebut Gilmour memiliki bakat yang sama seperti gelandang kreatif Barcelona dan Timnas Spanyol, Pedro Gonzalez Lopez alias Pedri.

“Saya melihat betapa sulitnya bagi Skotlandia untuk bermain dari belakang dan mencapai lini tengah, jadi saya akan bertanya apakah Billy Gilmour tidak bisa memberi mereka lebih banyak penguasaan bola. Saya melihat ke Spanyol memainkan anak muda ini (Billy Gilmour) sama seperti Pedri dan saya bertanya pada diri sendiri apakah Gilmour tidak bisa memberi lebih banyak pengorbanan kepada Skotlandia,” kata Mourinho, dikutip dari Metro, Jumat (18/6/2021).

Baca juga: Piala Eropa 2020, Timnas Inggris Segera Rasakan Servis Harry Maguire

“Skotlandia adalah tim dengan mentalitas yang baik tetapi tanpa bakat nyata, terutama dalam menyerang. Saya terkejut saat Skotlandia melawan Republik Ceko ketika mereka benar-benar berjuang untuk membangun permainan. Kualitasnya tidak tinggi,” lanjut Mourinho.

Baca juga: Luka Modric Jadi Pemain Paling Diwaspadai Timnas Republik Ceko

Mourinho menilai skotlandia sulit meraih kemenangan atas Inggris. Menurutnya, ada perbedaan kualitas di antara para pemain kedua tim.

Foto/Reuters

“Bisakah Skotlandia pergi ke Wembley dan menang? Ya, karena ini adalah satu pertandingan sepakbola, karena Inggris adalah tim yang jauh lebih baik dengan pemain yang jauh lebih baik. Anda harus percaya mentalitas Skotlandia dapat membuat tim mereka jauh lebih baik daripada jumlah bagiannya. Tetapi Inggris jauh, jauh lebih baik,” tuturnya.

“Skotlandia sangat termotivasi dan mereka memiliki semangat Braveheart, tetapi dalam sepakbola sangat, sangat jarang keajaiban terjadi. Ketika saya mengatakan keajaiban, yang saya maksud adalah tim yang mengatasi perbedaan besar dalam kualitas,” pungkas Mourinho.

Saksikan siaran langsung pertandingan EUFA EURO 2020 di iNews TV

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini