Disanksi UEFA, Marko Arnautovic Absen Bela Austria saat Jumpa Belanda

Djanti Virantika, Jurnalis · Kamis 17 Juni 2021 00:24 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 17 51 2426392 disanksi-uefa-marko-arnautovic-absen-bela-austria-saat-jumpa-belanda-z09cMs06OE.jpg Marko Arnatovic. (Foto: Reuters)

BUCHAREST – Federasi Sepakbola Eropa (UEFA) memutuskan memberi sanksi kepada penyerang Timnas Austria, Marko Arnautovic, akibat selebrasi kontroversial yang dilakukan saat melawan Makedonia Utara di Piala Eropa 2020. Dihukum larangan tampil dalam satu pertandingan, Arnautovic dipastikan absen membela Austria saat menghadapi Belanda.

Sebagaimana diketahui, sosok Arnautovic jadi perhatian dalam laga Austria vs Makedonia Utara dalam matchday perdana Grup C Piala Eropa 2020. Dalam pertandingan yang digelar di Arena Nationala, Rumania, Minggu 13 Juni 2021 itu, Arnautovic membantu Austria menang dengan skor 3-1.

Austria vs Makedonia Utara

Pemain bintang Austria itu mencetak gol ketiga pada menit ke-89. Aranutovic pun merayakan golnya dengan penuh emosi dan sempat dibungkam oleh rekannya David Alaba.

BACA JUGA: Hasil Piala Eropa 2020: Timnas Finlandia Dibungkam Rusia

Aksi mantan pemain Stoke City itu pun dianggap menghina Ezjan Alioski yang merupakan seorang Albania dengan selebrasinya. Dianggap rasisme, Aranutovic pun meminta maaf. Dia pun memastikan tak ada tindakan untuk melakukan aksi rasisme dalam selebrasinya tersebut.

BACA JUGA: Tak seperti Coca-Cola, Produk Minuman Keras Ini Sahamnya Justru Naik Usai Disingkirkan Pogba

"Ada beberapa kata panas kemarin karena emosi dalam permainan yang saya ingin minta maaf, terutama kepada teman-teman saya dari Makedonia Utara dan Albania," tulis Arnautovic dalam unggahan di Instagram.

"Saya ingin mengatakan satu hal dengan sangat jelas: Saya bukan rasis! Saya punya teman di hampir setiap negara dan saya berdiri untuk keanekaragaman. Semua orang yang mengenal saya menyadarinya,” lanjutnya.

Meski begitu, UEFA tetap melakukan investigasi untuk mendalami adanya aksi rasisme yang dilakukan Aranutovic. Kini, UEFA menetapkan untuk memberi sanksi kepada Aranutovic karena dinilai melakukan tindakan yang melanggar aturan.

Austria vs Makedonia Utara

Hukuman berisi pelarangan bermain dalam satu laga bersama Timnas Austria. Selanjutnya, Austria sendiri diketahui akan menghadapi Belanda pada Jumat 18 Juni 2021 dini hari WIB. Tentunya, hal ini akan menjadi kerugian bagi Austria yang berharap bisa mendulang hasil manis saat jumpa Belanda.

"Badan Banding UEFA telah memutuskan untuk menangguhkan pemain dari Asosiasi Sepakbola Austria, Marko Arnautovic, untuk pertandingan berikutnya. Keputusan ini diambil memenuhi syarat karena menghina pemain lain,” bunyi pernyataan UEFA, sebagaimana dikutip dari Goal Internasional, Kamis (16/6/2021).

Saksikan siaran langsung pertandingan UEFA EURO 2020 di iNewsTV

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini