Hasil Piala Eropa 2020: Timnas Finlandia Dibungkam Rusia

Ezha Herdanu, Jurnalis · Rabu 16 Juni 2021 22:04 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 16 51 2426365 hasil-piala-eropa-2020-timnas-finlandia-dibungkam-rusia-nvuKTsSPyk.jpg Timnas Finlandia vs Rusia (Foto: Reuters)

SAINT-PETERSBURG – Tim nasional (Timnas) Finlandia melakoni matchday kedua Grup B Piala Eropa 2020 dengan menghadapi Rusia di Gazprom Arena, Rabu (16/6/2021) malam WIB. Meski tampil menekan, Timnas Finlandia harus mengakui kemenangan Rusia dengan skor akhir 0-1.

Berkat kemenangan ini, membuat Rusia menjaga peluang mereka lolos ke babak 16 Besar Piala Eropa 2020. Kini Rusia sendiri menempati posisi ketiga pada klasemen sementara Grup B Piala Eropa 2020 dengan koleksi tiga poin dari dua laga yang sudah mereka mainkan.

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama

Timnas Finlandia memulai laga kontra Rusia dengan langsung tampil menekan. Bahkan Timnas Finlandia mampu mencetak gol saat laga baru berjalan 2 menit via sundulan Joel Pojhanpalo. Namun gol itu dianulir lantaran Pojhanpalo ternyata sudah berada di posisi offside.

Tidak berselang lama, Timnas Finlandia kembali mendapatkan kesempatan untuk membuka keunggulan mereka atas Rusia. Kini giliran Jukka Ratiala yang menebar ancaman ke gawang Rusia melalui tembakan spekulasinya. Tapi bola tembakan Ratiala masih belum tepat sasaran.

Pada menit ke-25, giliran Rusia yang mendapatkan kesempatan untuk mencetak gol ke gawang Timnas Finlandia. Meneruskan sodoran dari Dimitri Barinov, Artem Dzyuba lalu melepaskan sontekan terukur. Akan tetapi sontekannya masih dibaca dengan baik oleh Lukas Hradecky.

Timnas Finlandia vs Rusia

Berjarak 8 menit, Timnas Finlandia kembali mendapatkan kesempatan emas untuk mencetak gol ke gawang Rusia. Namun peluang emas yang didapatkan oleh Timnas Finlandia via aksi Teemu Pukki masih gagal menjadi gol.

Memasuki 5 menit jelang turun minum, Timnas Finlandia yang mengurung Rusia di area permainan mereka sendiri kembali mendapatkan kans melalui tembakan Pukki. Namun aksi Pukki itu kembali belum tepat sasaran.

Di pengujung pertandingan, Rusia justru berhasil mencuri keunggulan atas Timnas Finlandia. Adalah Aleksey Miranchuk yang berhasil mencatatkan namanya di papan skor, setelah tembakan melengkungnya gagal diamankan oleh Hradecky. Hingga 45 menit berakhir skor 1-0 untuk keunggulan Rusia atas Timnas Finlandia tetap bertahan.

Babak Kedua

Timnas Finlandia yang butuh gol untuk penyeimbangkan kedudukan, memulai babak kedua laga ini dengan langsung menekan pertahanan Rusia. Alhasil, Timnas Finlandia hampir saja menyamakan kedudukan, apabila sontekan dari Pukki tak diamankan oleh Matvey Safonov.

Tidak berselang lama, Timnas Finlandia kembali mendapatkan kesempatan untuk mencetak gol ke gawang Rusia. Kini giliran Robin Lod yang hampir mencatatkan namanya di papan skor, jika tembakan kerasnya mampu tepat sasaran.

Pada saat babak kedua berjalan 64 menit, Rusia hampir saja menambah keunggulan mereka jadi 2-0 atas Timnas Finlandia. Akan tetapi upaya yang dilakukan Aleksandr Golovin melalui sontekannya masih mampu diantisipasi dengan baik oleh Hradecky.

Timnas Finlandia vs Rusia

Berjarak 12 menit, Timnas Finlandia kembali gagal memaksimalkan peluang emas yang mereka dapatkan di pertandingan ini. Kali giliran Joni Kauko yang harus gagal memaksimalkan peluang emasnya, setelah sundulannya masih menyamping di sisi kanan gawang Rusia.

Memasuki 5 menit jelang pertandingan berakhir, Rusia kembali mendapatkan kesempatan untuk bisa menggandakan keunggulan mereka atas Timnas Finlandia. Namun aksi yang dilepaskan oleh Vyacheslav Karavaev masih belum membuahkan hasil.

Hingga peluit panjang ditiupkan wasit yang memimpin pertandingan, tidak ada gol tambahan yang berhasil dicetak kedua tim. Timnas Finlandia harus mengakui kemenangan Rusia dengan skor akhir 0-1.

Susunan Pemain

Finlandia (3-4-1-2): Lukas Hradecky; Daniel O’Shaughnessy, Paulus Arajuuri, Joona Toivio (Fredrik Jensen 85’); Jere Uronen, Rasmus Schuller (Joni Kauko 67’), Glen Kamara, Jukka Ratiala (Pyry Soiri 75’); Robin Lod; Joel Pojhanpalo, Teemu Pukki (Lassi Lappalainen 75’).

Pelatih: Markku Kanerva

Rusia (4-3-3): Matvey Safonov; Mario Fernandes (Vyacheslav Karavaev 26’), Igor Diveev, Georgi Dzhikiya, Daler Kuzyaev; Magomed Ozdoev (Rifat Zhemaletdinov 61’), Dimitri Barinov, Roman Zobnin; Aleksey Miranchuk (Maksim Mukhin 86’), Artem Dzyuba (Alexander Sobolev 85’), Aleksandr Golovin.

Pelatih: Stanislav Cherchesov

Saksikan siaran langsung pertandingan UEFA EURO 2020 di iNewsTV

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini