Timnas Inggris vs Kroasia di Piala Eropa 2020: Southgate Akui Kualitas Vatreni

Admiraldy Eka Saputra, Jurnalis · Minggu 13 Juni 2021 17:05 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 13 51 2424445 timnas-inggris-vs-kroasia-di-piala-eropa-2020-southgate-akui-kualitas-vatreni-PCfKy3FnET.JPG Pelatih Timnas Inggris, Gareth Southgate (Foto: Reuters)

LONDON - Pelatih Tim Nasional (Timnas) Inggris, Gareth Southgate, berbicara mengenai kekuatan lawan yang akan mereka hadapi di laga perdana Grup D Piala Eropa 2020. The Three Lions akan menghadapi Kroasia di Stadion Wembley, Minggu (13/6/2021) malam WIB.

Southgate menilai Kroasia merupakan salah satu lawan terberat Inggris di fase grup. Meski demikian, sang pelatih juga tetap optimis timnya bisa mengatasi perlawanan Luka Modric dan rekan-rekan.

 

"Mereka adalah tim yang sangat berpengalaman dengan pemain luar biasa, mentalitas hebat, semangat luar biasa," ujar Southgate dilansir dari laman resmi UEFA, Minggu (13/6/2021).

"Mereka dapat beradaptasi secara taktis sehingga mereka benar-benar merupakan tantangan besar bagi kami untuk pertandingan pertama kami, tetapi kami tahu bahwa kami mampu mengalahkan mereka," jelasnya.

Baca juga: Pelatih Kroasia Pastikan Timnya Takkan Bermain Bertahan saat Hadapi Inggris

Buka hanya Southgate, kapten Timnas Inggris, Harry Kane, juga memberikan komentar serupa. Kane mengaku sangat menghormati Kroasia yang dihuni sejumlah nama hebat dalam skuad mereka.

Terlebih, tim arahan Zlatco Dalic datang ke turnamen kali ini dengan kepercayaan diri cukup baik setelah berhasil menjadi runner-up di Piala Dunia 2018 lalu.

"Mereka adalah tim yang hebat. Saya pikir mereka memiliki pengalaman hebat. Mereka memiliki banyak pemain fantastis yang telah bermain untuk klub terbesar dan di pertandingan terbesar," ujar Kane.

"Jadi mereka adalah tim yang sulit untuk dihancurkan, tim yang sulit untuk dikalahkan tetapi saya merasa kami lebih dari mampu melakukannya jika kami melakukan segalanya dengan benar yang telah kami kerjakan dalam bertahan, menyerang, mengatur permainan," lanjutnya.

Akan tetapi, rapor Vatreni, julukan Timnas Kroasia, sedang merah. Selama 2020/2021, dari 11 pertandingan tim asuhan Zlatko Dalic ini menelan enam kekalahan, empat kali menang, dan sekali imbang. Selama itu Kroasia 21 kali kebobolan dan hanya melesakkan 19 gol.

Selepas Piala Dunia 2018, penampilan Kroasia pun menurun tajam. Pada akhir 2018 misalnya, dari 6 pertandingan hanya dua kali menang. Kemudian pada 2019, dari 10 laga Mario Pasalic dan kawan-kawan meraih enam kemenangan dan memastikan lolos ke Euro 2020.

Saksikan siaran langsung pertandingan UEFA EURO 2020 di iNewsTV

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini