Timnas Indonesia Punya Keuntungan Lawan Vietnam, Kiper The Golden Stars Sering Blunder

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Sabtu 05 Juni 2021 09:12 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 05 51 2420529 timnas-indonesia-punya-keuntungan-lawan-vietnam-kiper-the-golden-stars-sering-blunder-20YLfZYuGz.jpg Bui Tan Truong. (Foto/24 H)

HANOI Tim Nasional (Timnas) Indonesia mempunyai keuntungan saat menghadapi Vietnam pada laga lanjutan Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia. Lawan mereka tidak akan diperkuat kiper utama, Dang Van Lam.

Lam seharusnya tampil menjadi penjaga gawang nomor satu The Golden Stars-julukan Vietnam-di kualifikasi Piala Dunia 2022. Namun klubnya, Cerezo Osaka telah mendeteksi kasus Covid-19 di lingkungan klub.

Foto/VN Express

Kasus virus corona tersebut membuat Pelatih Vitenam, Park Hang-seo memutuskan untuk mengeluarkan Lam dari skuadnya. Langkah itu dilakukan pelatih asal Korea Selatan tersebut sebagai tindakan pencegahan keamanan.

Baca juga: Pemain Persib Tak Dilirik Bela Timnas Indonesia, Begini Komentar Robert Alberts

Tanpa Lam, Vietnam masih memiliki tiga kiper lainnya, yakni Bui Tan Truong, Nguyen Van Toan dan Nguyen Van Hoang. Di antara mereka, Truong menjadi kandidat terkuat untuk menggantikan Lam, karena memiliki pengalaman lebih baik.

Baca juga: Marah-Marah saat Lawan Thailand, Kepa-nya Timnas Indonesia Masih Ingat Istigfar

Namun, dia memiliki catatan buruk di masa lalu. Dia melakukan beberapa kali kesalahan di SEA Games 2009 dan Piala AFF 2010. Blunde Truong membuat dia menuai kritik dari masyarakat VIetnam.

Truong sendiri telah memainkan lima pertandingan untuk tim nasional. Diadan kebobolan enam gol, tiga di antaranya adalah kesalahan sendiri.

Mengutip VN Express, Sabtu (5/6/2021), Bui Tan Truong yakin dengan penampilannya di kualifikasi Piala Dunia mendatang. Dia tak memikirkan kesalahannya di masa lalu.

"Terlalu dini untuk mengatakan apa-apa jadi lihat saja. Percayalah pada saya. Saya akan mencoba yang terbaik untuk mendapatkan kepercayaan Anda," kata Truong.

"Itu terjadi di masa lalu. Yang saya pedulikan saat ini adalah apa yang bisa saya lakukan untuk membantu tim melawan Indonesia, Malaysia, dan UEA," kata Truong.

Truong kini memperkuat Hanoi FC. Ia tampil konsisten di liga dengan membantu timnya tidak terkalahkan selama 14 pertandingan berturut-turut pada musim lalu.

Foto/VN Express

“Dengan atau tanpa Lam, tidak ada bedanya karena saya akan bekerja keras dan mencoba yang terbaik untuk tim di pertandingan penting berikutnya,” tegasnya.

Laga Timnas Indonesia melawan Vietnam akan berlangsung pada Senin, 7 Juni 2021 di Dubai, Uni Emirat Arab. Vietnam memuncaki grup dengan 11 poin. Dua kemenangan akan mengamankan satu tempat di babak kualifikasi Piala Dunia terakhir.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini