Pemain Persib Tak Dilirik Bela Timnas Indonesia, Begini Komentar Robert Alberts

Annisa Nurinsani, Jurnalis · Jum'at 04 Juni 2021 21:48 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 04 49 2420429 pemain-persib-tak-dilirik-bela-timnas-indonesia-begini-komentar-robert-alberts-cE7fxPCJCd.jpg Para pemain Persib Bandung (Foto: @persib/Twitter)

BANDUNG – Sebagai salah satu klub papan atas Tanah Air, Persib Bandung cukup sering menyumbangkan pemainnya ke tim nasional (Timnas) Indonesia. Namun kondisi tersebut tidak berlaku pada periode saat ini.

Dalam skuad Timnas Indonesia yang diarsiteki Shin Tae-yong untuk mengarungi Kualifikasi Piala Dunia, Persib hanya menyumbang satu nama, yakni kiper Aqil Savik. Menariknya, Aqil bukan bagian reguler Persib.

Bahkan, Shin Tae-yong tak memanggil Febri Hariyadi yang merupakan pemain andalan timnas di era pelatih sebelumnya. Padahal, Febri kerap dipuji sebagai salah satu winger terbaik di Indonesia saat ini.

Timnas Indonesia

Menanggapi minimnya pemain Persib yang jadi pemain timnas, pelatih Persib, Robert Alberts, enggan menanggapinya. Ia beralasan pemanggilan pemain dari klub adalah keputusan mutlak pelatih timnas.

"Saya tidak (mau) mengkritisi tim nasional, tidak juga pelatih tim nasional. Itu adalah visinya dan tugasnya," kata Robert.

Baca Juga: Berasal dari Negeri Kincir Angin, tapi Pelatih Persib Tak Jagokan Belanda di Piala Eropa 2020

Menurutnya, pelatih punya filosofi tersendiri yang ingin diterapkan pada tim. Sehingga, pemain yang dipanggil akan sesuai dengan karakter yang ingin dibangun.

Buktinya, di era pelatih Luis Mila, banyak pemain Persib yang memperkuat timnas. Namun, ketika posisi pelatih berpindah tangan, hal sebaliknya terjadi.

"Sebelumnya pelatih asal Spanyol punya cara berpikir yang berbeda dalam sepak bola dan beberapa pemain kami banyak yang terlibat di sana karena memiliki kecepatan maupun pemahaman taktikal. Kini semua berubah," jelas pria asal Belanda tersebut.

Robert sendiri memilih memandang minimnya pemain Persib di timnas dengan cara berbeda. Ia justru memandang komposisi timnya dihuni para pemain berkualitas. Buktinya adalah pencapaian Persib menjadi runner up Piala Menpora 2021.

"Persib Bandung adalah tim yang bisa melaju ke final turnamen tanpa pemain yang bergabung dengan tim nasional," ungkapnya.

Persib Bandung

Meski gagal di final dan hanya Aqil yang dipanggil timnas, ia tak punya keraguan pada para pemainnya. Apalagi, saat di Piala Menpora, ia memainkan seluruh pemainnya, termasuk pemain muda. Namun, hasilnya mereka bisa membawa tim ke laga puncak.

Baca Juga: Kehilangan Wander Luiz, Ini Skenario yang Disiapkan Persib Bandung

"Ini juga menunjukkan kedalaman skuat Persib, meskipun tidak dipanggil tim nasional, tapi saya tahu kualitas mereka," tandas Robert.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini