Bek Persib Bandung Nick Kuipers Jalani Latihan Ekstrem, Kenapa?

Annisa Nurinsani, Jurnalis · Selasa 01 Juni 2021 04:20 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 01 49 2418278 bek-persib-bandung-nick-kuipers-jalani-latihan-ekstrem-kenapa-FBS2a4ioW6.jpg Nick Kuipers saat berlatih bersama Persib. (Foto: Persib.co.id/laman resmi Persib))

BANDUNG - Bek Persib Bandung Nick Kuipers menambah porsi latihan. Hal itu terjadi usai sesi latihan di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Kota Bandung, Senin 31 Mei 2021.

Alih-alih pulang setelah sesi latihan selesai, pria asal Belanda itu justru memilih tetap di lokasi. Ia kemudian berlatih sendiri dengan dibantu staf tim.

Nick Kuipers

(Nick Kuipers berlatih keras. (Foto: Persib.co.id)

Menurut pelatih Robert Alberts, latihan tambahan itu bukan karena instruksi sang pelatih. Nick Kuipers melakukan itu atas inisiatifnya sendiri. Hal itu dianggap positif oleh sang juru taktik.

"Hari ini Nick berinistiaf untuk menambah sesi latihannya dengan latihan sundulan menyambut hasil umpan silang," kata Robert.

Robert sendiri tak menyebut alasan kenapa Nick Kuipers menambah porsi latihan mandiri. Namun, hal ini kemungkinan dilakukan karena Persib lemah dalam mengantisipasi crossing dan bola mati.

Selama mengarungi Piala Menpora 2021, 'Maung Bandung' selalu kebobolan dalam setiap laga yang dilakoni. Beberapa di antaranya tercipta karena pertahanan Persib Bandung lengah ketika menghadapi crossing dan bola mati.

BACA JUGA: Liga 1 2021 Pakai Format Baru, Ini Respons Pelatih Persib Bandung

Contoh paling nyata adalah dua kali dijebol saat menghadapi PS Sleman (PSS) di semifinal. Saat itu, para pemain tak kuasa membendung bola silang dan menghalau laju striker PSS, Saddam Gaffar. Sehingga, dalam dua pertemuan, Saddam dua kali menjebol gawang Persib dengan cara sama.

Sebagai pelatih, ia merespons tindakan Nick Kuipers dengan apresiasi. Sebab, ia tak akan melarang pemain menambah porsi latihan. Ia membebaskan semua pemain jika ingin melakukannya asal tidak mengganggu program latihan bersama tim.

Robert Rene Alberts

(Pelatih Persib Robert Rene Alberts. Foto: Annisa NurinsaniMPI)

"Sebenarnya, setiap pemain diperbolehkan untuk menambah latihannya setelah sesi latihan tim," ungkap Robert.

 Sementara itu, mulai Selasa (1/6/2021), para pemain akan dilatih lebih keras. Selain itu, mereka juga bakal mendapat sesi tambahan latihan yang lebih spesifik sesuai posisi masing-masing pemain.

"Mulai esok dan seterusnya, kami akan tambah menu latihan pemain dengan agenda taktikal. Besok mulai dari taktik pertahanan, rabu soal taktik para pemain tengah, dan kemudian para striker," jelas eks pelatih PSM Makassar tersebut.

Di luar itu, berbagai variasi latihan juga bakal tetap dilakukan, mulai dari meningkatkan kondisi fisik hingga berlatih di tempat kebugaran. Adanya beragam variasi ini diharapkan membuat skuad Persib Bandung bisa lebih tangguh jelang bergulirnya Liga 1 2021.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini